Monday , December 18 2017
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Hilangnya Kemampuan Kita

Hilangnya Kemampuan Kita

Harus diakui bahwa seiring dengan bertambahnya usia, ada hal-hal yang tidak bisa lagi kita lakukan. Wajar? Hanya untuk pekerjaan yang memerlukan tenaga fisik besar saja yang wajar. Sedangkan untuk aktivitas yang tidak menuntut kekuatan otot, tidak bisa dianggap wajar.

Terlebih lagi kalau yang hilang itu kemampuan yang tidak berhubungan dengan umur. Boleh jadi, banyak hal yang dulu bisa kita lakukan tapi sekarang tidak lagi. Contoh sepele, bagaimana kemampuan Anda dalam mengingat nomor telepon sejak adanya hand phone?

Contoh yang tidak sepele? Berapa cepat Anda bisa menghitung penjumlahan, pembagian dan perkalian sejak ada kalkulator? Jeblok. Apakah karena kita bodoh? Bukan. Itu karena otak kita jarang digunakan akibat adanya sarana yang memanjakan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Contoh yang lebih serius? Berapa banyak keterampilan penting Anda yang hilang akibat tidak lagi digunakan. Padahal dalam urusan pekerjaan, keterampilan itu merupakan faktor yang sangat menentukan. Dan boleh jadi, setelah pensiun; keterampilan itu menjadi ladang nafkah pengganti gaji yang tidak kita terima lagi.

Saya kembali disadarkan soal ini hari rabu lalu. Dalam perjalanan ke Surabaya untuk training PROBLEM SOLVING & DECISION MAKING bagi klien saya. Di ruang tunggu bandara ultimate, saya baru menyadari bahwa mouse saya ketinggalan.

Lagi? Iya. Sudah berulang kali saya ketinggalan mouse. Padahal, perasaan semua perlengkapan sudah dimasukkan kedalam tas.

Dulu sekali. Sebelum terbiasa menggunakan mouse, tangan saya terampil mengatur kursor. Tapi sekarang, saya tidak lagi bisa mengoperasikan laptop secara efektif tanpa alat bantu mungil itu. Khususnya ketika sedang menyiapkan sarana training atau materi presentasi yang butuh sentuhan dan cita rasa tersendiri.

Nyata sekali bahwa baik otak maupun fisik kita, bakal tumpul jika tidak terus berlatih. Pisau tajam, kalau disimpan akan tetap tajam. Tapi otak kita, kalau jarang dipakai; bakal tumpul. Makanya kita harus terus ‘pake otak!’, betul?

Feeling kita juga sama loh. Apalagi otot dan motorik kita. Kalau jarang dilatih, bakal kaku dan cepat letih. Bahkan kalau terlalu lama tidak ‘praktek’, bakal kehilangan kegesitan dan keluwesannya.

Apakah orang yang jabatannya tinggi juga harus merawat kemampuan teknisnya? Begini faktanya: tidak sedikit petinggi perusahaan yang babak belur ketika mereka menjalankan bisnisnya sendiri pasca pensiunnya. Padahal waktu kerja dulu, wooo jagonya.

Mereka yang karirnya belum tinggi, gimana? Podo wae. Lihat bagaimana orang yang tekun ‘doing things’ lama kelamaan menjadi pribadi mumpuni.

Beda dengan pekerja yang cuma ‘mau’ mengerjakan sebatas job desc-nya saja. Keterampilannya terbatas. Karirnya susah naik ke atas. Apa yang hendak dilakukannya pasca pensiun pun enggak jelas.

Jadi pointnya apa? Pertama. Mereka yang sudah menguasai keterampilan penting, mesti terus diasah. Jangan sampai hilang. Walau tidak lagi mengurusi bidang itu. Karena boleh jadi, keterampilan itulah yang akan menjadi jalan ‘penyelamatan’ ketika kita butuhkan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kedua. Mereka yang masih ‘hijau’, jangan mau terkungkung oleh job description. Karena boleh jadi job desc-mu tidak sesuai dengan kapasitas dirimu.

Challenge yourself to learn and acquire important skills. Supaya nilaimu melampaui posisimu. Dan kualifikasimu memungkinkan dirimu meraih peluang bagus yang hanya diperuntukkan bagi orang-orang maknyus.

Begitu pesawat mendarat di Bandara Juanda Surabaya, eh Sidoarjo; saya langsung menuju ke toko yang menjual asesoris gadget. “Mbak jual mouse?” Tanya saja.

Ternyata ada. Alhamdulillah. Karena butuh, saya pun membelinya. Untung saja kehilangan kemampuan ini bisa digantikan mouse. Bayangkan jika yang Allah ambil dari saya itu sebuah critical skill? Na’udzubillah. Lets learn great things teman-teman.

N.B: Training “PROBLEM SOLVING & DECISION MAKING” saya dilengkapi Games “SERVING THE EMPEROR’S DINNER” yang menarik. Hubungi 0812-1989-9737 email dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

Turning Potential Power Into Professionalism

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar: Koleksi pribadi

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.