Sunday , June 24 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Orang Keen Itu Selalu Mengesankan

Orang Keen Itu Selalu Mengesankan

Keen, adalah sebutan bagi sifat senang hati dalam menjalani atau melakukan sesuatu. Maka orang yang punya sifat keen, bakal terlihat antusias saat menjalani pekerjaannya. Dan bakal terasa aura positif yang dicurahkannya kedalam kegiatan kerjanya. Maka bagi siapapun, orang yang keen itu; selalu mengesankan.

Pertemuan paling anyar saya dengan orang keen terjadi tanggal 10 Januari kemarin di Kantor PTSP Kota Administratif Jakarta Pusat. Itu merupakan pertemuan ke-3 kami. Lelaki. Tinggi besar. Di dada kirinya tersemat tanda nama berinisial MR. Ini, jenis orang keen di sektor layanan publik.

Ketika mengurus pendaftaran TDP (Tanda Daftar Perusahaan) secara online, saya tidak bisa booking jadwal pengambilan. System selalu mengunci padahal sejak Desember lalu sudah dicoba berulang kali. Maka saya pun datang ke kantor ptsp.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Secara umum, kualitas pelayanan publik di Jakarta memang sudah bagus. Tapi dilingkungan yang bagus pun, orang keen tetap kelihatan menonjol. Ketika akhirnya system memberi jadwal pengambilan tanggal 30 Januari, saya bertanya; “Bagaimana seandainya saya tidak bisa hadir tanggal 30 karena ada agenda lain?”

Sudah dijawab petugas dengan baik. Dan saya pun bersiap pulang. Pada saat itulah Mr. MR datang. Lalu menanyakan apa konsern saya. Setelah saya jelaskan, beliau bilang. “Begini saja Pak, Bapak datang besok sabtu atau hari senin. Kita coba proses. Tapi baru cek fisiknya saja ya pak…”

What?!. Buat saya itu luar biasa. Tanggal 30 ditarik ke tanggal 8? Maaau. Saya pun datang hari senin. Dan kling, cek fisik selesai. Dalam memo, tertulis TDP diambil tanggal 10. Lalu di tanggal 10 itu saya datang lagi, dan… beres bin tuntas.

Perhatikan bagaimana efek dari sifat keen dalam menjalani pekerjaan. Dampaknya, penyelesaian pekerjaan 20 hari lebih cepat dari jadwal yang diatur sistem.

Kehadiran orang keen selalu melahirkan keindahan dunia kerja. Kenyamanan berinteraksi. Dan kepuasan tiada tara. Hal ini, berlaku disektor apapun.

“Ah, mungkin kamu lagi seneng aja Dang. Makanya menyanjung dan memuji-muji!” Anda boleh mengira begitu.

Begini. Saya termasuk pengamat perilaku. Setelah ketemu pertama kali itu; saya mengamati bagaimana Mr. MR melayani orang-orang selain saya. Bahkan beberapa kali saya sengaja pura-pura berjalan atau duduk di kursi kosong terdekat hingga bisa mendengar dialog dan interaksinya dengan tamu lain.

Confirmed, bahwa sikap keen-nya tidak hanya ketika melayani saya saja. Maka walaupun penilaian saya mungkin terpengaruh pelayanan yang diberikannya kepada saya, namun subyektiviasnya bersanding dengan obyektivitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kantor pelayanan publik, butuh banget orang keen seperti Mr. MR. Kantor pelayanan sektor swasta juga butuh banget orang yang memiliki sikap keen pada pekerjaannya. Karena cara dan hasil kerja orang seperti itu, selalu mengesankan.

Lalu, kenapa kita membutuhkan orang keen dalam kehidupan kita? Karena orang keen, merupakan anugerah Allah buat dunia. Dan Anda, boleh jadi adalah salah satu orang dari jenis itu. Lalu, bersediakah Anda menunjukkan sikap keen itu mulai hari ini?

NB: Saya punya program “CONNECTING & COLLABORATING (THE POWER OF SYNERGY)” lho. Cocok untuk sisipan acara RAKER di kantor Anda. Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar: Keen Creative

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.