Wednesday , November 14 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Pentingnya Hari Ini

Pentingnya Hari Ini

Pernahkah Anda perhatikan bahwa apa yang baru saja Anda alami ada hubungannya dengan apa yang Anda lakukan dimasa lalu? Boleh dibilang, tidak ada satu pun kejadian yang menimpa kita saat ini yang tidak berhubungan dengan hal lain dimasa sebelumnya.

Makanya kita sering merasa beruntung karena dimasa lalu pernah melakukan sesuatu. Dan tanpa disangka, ternyata manfaatnya baru kerasa sekarang. “Untung dulu aku pernah blablabla…”

Tidak jarang juga kita menyesal banget, kenapa dulu melakukan hal itu. Karena ternyata, akibatnya baru kita rasakan sekarang. Sayangnya, kita sudah tidak punya lagi kesempatan untuk mengubah masa lalu kan? Jadi. Yang sudah berlalu ya berlalu saja. Kita, nggak bisa berbuat apa-apa lagi soal itu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kabar baiknya, kita bisa mengarahkan masa depan supaya keadaannya sejalan atau minimal mendekati apa yang kita inginkan. Betulkah? Betul. Caranya?

Dengan melakukan sesuatu di hari ini ~ saya ulang ‘dihari ini’ ~ yang memungkinkan terjadinya sesuatu yang lain dimasa depan. Yang sesuatu itu, baik untuk kita.

Jika Anda tidak bisa membantah fakta bahwa apa yang Anda alami hari ini berkaitan dengan apa yang Anda lakukan atau tidak lakukan dimasa lalu. Maka. Anda juga tidak bisa menyangkal kemungkinan bahwa apa yang akan terjadi di masa depan sangat erat hubungannya dengan apa yang Anda lakukan atau tidak lakukan di hari ini.

Saya misalnya. Banyak mengalami kejadian menarik. Order-order training yang saya dapat berhubungan dengan masa lalu. Apakah materinya yang saya buat 3 atau 4 tahun lalu, dan tak pernah saya sentuh lagi. Atau dulu pernah kenalan dengan seseorang di tempat antah berantah. Atau…, apa saja.

Bahkan. Saya meyakini benar bahwa semua ~ saya ulang ‘semua’ ~ rezeki yang saya dapat ada hubungannya dengan apa yang saya lakukan dan atau tidak saya lakukan dimasa silam.

Sekarang, mari kita tingkatkan kesadaran ini menjadi sebuah tindakan perencanaan. Kalau dimasa lalu, semua yang kita lakukan dan tidak lakukan itu terjadi ‘apa adanya’, maksudnya ya dilakukan saja tanpa mikir jauh. Maka sekarang, kita bisa melakukannya dengan sengaja ~ saya ulang, dengan sengaja ~ untuk memberi dampak pada masa depan kita.

Jadi sekarang kita bisa memilih ‘sikap, perilaku, dan tindakan apa yang akan kita lakukan hari ini’ dengan terlebih dahulu memilih masa depan seperti apa yang kita inginkan kita alami nanti.

Jika ingin masa depan yang baik, apakah boleh kita melakukan hal-hal buruk hari ini? Logikanya sih, hal buruk sekarang akan membawa keburukan dimasa depan kan.

Jika Anda menyakiti kolega di kantor hari ini, misalnya. Terus ternyata 10 tahun kemudian orang itu jadi General Manager. Maka tweweweng… bakal beda situasinya nanti dibanding kalau hari ini, Anda memilih tidak menyakiti siapapun.

Sesederhana itu saja sih konsepnya. Tapi aplikasinya bisa sangat luas sekali. Hari ini, kita memilih untuk bersemangat. Hari ini, kita memilih untuk menghasilkan sebuah ide, hari ini kita memilih untuk melakukan ini dan itu. Hari ini, kita memilih untuk menjauhkan perilaku begini dan begitu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kenapa frase ‘hari ini kita memilih’-nya diulang-ulang? Ya karena hari ini, kita memiliki banyak pilihan tindakan yang bisa kita lakukan. Tapi karena kita sudah menentukan masa depan seperti apa yang kita inginkan, maka di hari ini; kita hanya melakukan hal baik saja. Betul begitu kan? Nah. Okelah kalo beggituh.

Ini bukan saya yang bilang loh. Tapi. Allah. “Yaaa ayyuhalladziina aamanut- ttaqullaaha,” firmannya. “Waltandur nafsummaa qoddamat lighod”. Begitulah pentingnya hari ini.

NB: Saya punya program “CONNECTING & COLLABORATING (THE POWER OF SYNERGY)” lho. Cocok untuk sisipan acara RAKER di kantor Anda. Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:planviewblog

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.