Tuesday , December 11 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Industri Online, Bukan Puncaknya

Industri Online, Bukan Puncaknya

Kita dibuat terkagum-kagum dengan perubahan dunia bisnis dengan lahirnya online companies. Kita bahkan menyebutnya sebagai puncak dari rangkaian revolusi industri dalam peradaban manusia. Tapi ternyata, tidak.

Sebentar lagi industri online akan beralih ke ‘the next generation’-nya yang lebih komprehensif. Industri apa namanya? Kita tunda dulu jawabannya. Sekarang kita pahami fenomenanya saja.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Mari kita mulai dengan contoh sederhana. Jika Anda hendak membeli buah organik, yang bukan hasil rekayasa genetika. Maka Anda akan memilih buah berdasarkan stiker yang tertempel pada buah itu. Minimal, harus ada label ‘ORGANIC’-nya. Yang lebih canggih lagi, ada barcode yang bisa discan via smart phone.

Pertanyaannya adalah; seberapa organik sih buah yang berlabel organic itu? Tegasnya, bener nggak buah ini organik? Atau cuma tipu-tipu pemasaran saja?

Manipulasi informasi seperti itu jamak terjadi saat ini. Tanpa ada yang bisa mengontrolnya. Pengusaha bisa berdusta. Sedangkan penguasa yang memonopoli kebijakan bisa ‘dikondisikan’ agar mengeluarkan regulasi sesuai pesanan pihak yang berkepentingan untuk mengeruk keuntungan.

Lalu. Bayangkan jika buah yang hendak Anda beli itu, bisa ditelusuri sampai ke titik paling awalnya. Anda tahu bagaimana benihnya dihasilkan. Tanpa harus hadir di lab pembenihan.

Anda tahu dimana dan bagaimana cara menanamnya. Pupuk apa yang digunakan. Hama apa yang pernah menjangkitinya. Pestisida apa yang disemprotkannya. Bagaimana pola perawatannya. Cara memanennya. Proses mencuci dan mengemasnya. Storagenya. Deliverynya. Pemasarannya.

Ketika buah itu berada dihadapan Anda yang tengah berdiri di supermarket. Anda memiliki data dan informasi yang lengkap serta akurat tentang ‘masa lalu’-nya. Sehingga Anda paham, seberapa ‘organiknya’ buah ‘organic’ itu. Bukankah Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih baik? Tentu.

Barangkali diantara Anda ada yang belum mengetahuinya. Itulah yang disebut dengan ‘blockchain’.

Blockchain, merupakan kunci kemenangan data dan informasi atas kecongkakan manusia. Dengan blockchain, akan kita lihat keangkuhan individual penguasa serta kecurangan masal berupa kegemaran memanipulasi data; bertekuk lutut pada demokratisasi informasi.

“Lah. Beli buah aja kok ribet amat sih Dang!” Anda mungkin mikir begitu. Tak apa. Tapi pahamilah 2 hal ini.

Pertama, cerita tentang buah organic ini hanyalah sebuah ‘super simplifikasi’ dari subyek yang saaangat kompleks. Disederhanakan banget. Biar mudah dipahami oleh semua orang. Ini bukan soal buah. Ini tentang seluruh aspek kehidupan.

Kedua. Banyak hal yang dimasa ayah bunda kita dianggap sebagai kerumitan, bahkan kemustahilan. Tapi zaman now, merupakan hal biasa yang bisa dilakulan ‘just like that’. Thing! Jadi. Klik! Dapet.

Maka menganggap ilustrasi itu sebagai sebuah kerumitan, merupakan bentuk penyangkalan terhadap apa yang sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Sudah mulai terjadi di beberapa bidang. And soon…, akan menjadi norma umum yang tak terelakkan.

Kata kuncinya Blockchain. Prasyaratnya Teknologi. Platformnya Intenet of Things.

Jadi pointnya apa? Dua saja. Pertama, bersiaplah bahwa babak baru revolusi industri akan segera terjadi dimana informasi, tidak lagi dikendalikan oleh kekuasaan. Karena ketika terjadi demokratisasi informasi, segala sesuatu menjadi transparan. Sehingga tidak mungkin lagi untuk merekayasa sesuai kepentingan pengeruk keuntungan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kedua. Blockchain menjelaskan secara rasional; bagaimana amal baik dan buruk manusia tercatat secara lengkap. Maka ketika mati, manusia sudah ditunggu oleh rekam jejaknya selama hidup didunia. Lalu dia, mendapat balasan sepadan. Dihadapan Tuhannya. Itu saja.

N.B: Saya mendisain Simulasi Bisnis D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia) berdurasi 4 jam. Sarana bagi para leaders dalam memahami fenomena disrupsi. Leaders di kantor Anda, sudah mencobanya? Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “CEO (=CEO Talk)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Training : Effective Communication Skills

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:cryptoeconomy

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.