Sunday , June 24 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Pribadi Ready

Pribadi Ready

Hari Jum’at tanggal 26 Januari kemarin itu sebetulnya saya berencana ‘menengok’ kantor. Soalnya sudah kelamaan ‘keluyuran’. Tapi tanpa disangka ada short notice untuk menjalankan tugas mengajar di kelas Disruption-nya Prof. Rhenald Kasali.

Untungnya team produksi sudah biasa saya ‘semprot’. Jadi kayaknya sih nggak terlalu kaget kalau saya sentil agak nyelekit. “Kenapa elo ngomongnya mendadak begini?!”

Mereka tahu persis kalau saya nggak suka acara dadakan. Alasan pertama, kelas eksekutif ini dihadiri delegasi top management dari berbagai perusahaan. Saya butuh mempelajari profil peserta yang hadir. Karena saya ingin, apa yang saya bicarakan di kelas itu relevan dengan tantangan bisnis profesional mereka.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kedua, dan ini yang paling penting; saya membawakan materi Disruption ini dengan simulasi bisnis yang memerlukan perlengkapan khusus. Kalau sampai ketinggalan 1 item saja bisa bikin berantakan. Aaargh!

Grah! Jadwal gue mengajar kan hari Rabu dan Kamis pekan depan. Jadi…. “Elo cari Faculty Member lain aja…” saya bilang.

Tapi kemudian saya paham bahwa ternyata, Senior Faculty Member yang bertugas mendadak berhalangan. Well, kalau itu sebabnya ya mau gimana lagi? Hal seperti itu kan kadang bisa terjadi ya. Jadi, oookelak kalo beggituh.

Maka, Simulasi Bisnis D-BEST pun tayang kembali di Rumah Perubahan. Dan seharian penuh itu, saya menemani para boss penting tersebut dalam perjalanannya membedah fenomena disrupsi. And. It was naaaaaais.

Tapi tunggu dulu. Bukan ceritanya yang ingin saya bagikan dengan Anda. Melainkan learning point-nya. Saya kembali menemukan pelajaran penting dari peristiwa itu. Apa kira-kira? Yes. READINESS.

It is always nice to be a Pribadi yang ready. Karena kita memang tidak pernah tahu kapan ‘moment of truth’ itu datang. Di kantor Anda hal itu juga bisa terjadi. Anda, dituntut untuk selalu siap mendapatkan penugasan yang tidak direncanakan.

Bahkan kalau Anda familiar dengan prinsip VUCA, maka readiness itu menjadi obat penawar untuk menghadapi situasi apapun yang berada diluar perencanaan bahkan melampau perkiraan.

Di level jabatan lebih tinggi, uncertainty malah lebih sering terjadi. Contoh. Kalau direktur sudah punya agenda meeting misalnya. 5 menit sebelum meeting dimulai, pak Pres Dir meneleponnya untuk menghadap? Ya ngadep dulu. Meeting di cancel.

Dirut BUMN yang sangat powerful itu, dipanggil menteri bumn kapan pun ya nunut bin manut. Walaupun punya agenda lain yang sudah direncanakan zebelumnya. Sang menteri di panggil presiden? You tell me.

Faktanya, setiap pemegang otoritas selalu menginginkan kesigapan dari anak buahnya. Boss Anda, ingin Anda sigap merespon kebutuhannya. Nah. Untuk sigap itu, Anda butuh 2 hal. Satu kemauan untuk sigap. Dan dua, kemampuan.

Lalu, kemampuan itu prasayaratnya apa? Kesiapan Anda dalam memberikan respon dan tindakan yang sesuai. Maka orang ‘siap kapan pun’ adalah orang terbaik yang selalu bisa diharapkan setiap kali dibutuhkan.

Oleh karenanya jangan nunggu kebutuhannya datang dulu baru kita siap-siap ya sob. Keburu terlambat. Kalau masih siap-siap mah pan namanya juga ‘belum siap’, da baru bersiap-siap.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Remember friend, kesiapan itu perlu segera dibangun. Kapan segeranya? Jauh hari sebelum diperlukan. Sehingga begitu kesempatan datang, kita tinggal nge-oke-in ajah. Begittu.

Lah, kalau selama ini belum bersiap-siap gimana? Ya udah. Sekarang aja kalau begitu mah siap-siapnya. Hayoh. Siapkan diri untuk kesempatan yang datang entah kapan. Dan hayoh. Jadilah pribadi yang ready.

Sehingga ketika kesempatan itu datang. Para pengambil keputusan tidak melihat orang yang lebih siap untuk diberi amanah dan kehormatan selain Anda.

N.B: Pelatihan bertema DISRUPTION kan biasanya disajikan ceramah, ya. Kalau saya, membawakannya melalui Simulasi D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Leaders di kantor Anda, sudah mencobanya? Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:istock

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.