Monday , April 23 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Inovasi Yang Seperti Apa?

Inovasi Yang Seperti Apa?

Tanpa inovasi, perusahaan akan ketinggalan jaman. Dan akhirnya tersingkir dari persaingan. Betul demikian? Betul. Tapi bukankah Nokia juga sangat inovatif? Kok terhempas dari industri yang pernah dirajainya? Kejadian ini menunjukkan tentang ‘Inovasi macam mana’ yang dibutuhkan oleh perusahaan?

Hari sabtu tanggal 24 Februari kemarin, saya kembali menyajikan simulasi D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Pesertanya kali ini adalah para leader sebuah BUMN. Agak unik kelas ini. Karena selain terdiri dari orang-orang pinter yang ‘very well educated’, perusahaannya juga memiliki sangat banyak sumber daya untuk menghasilkan begitu baaanyak inovasi.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi melalui simulasi ini kemudian mereka menemukan bahwa inovasi yang selama ini mereka lakukan mungkin…. mungkin tidak bisa menyelamatkan nyawa perusahaan. Khususnya ketika dikaitkan dengan berbagai indikasi yang menunjukkan sedemikian radikalnya perubahan yang terjadi di era kita.

Orang tidak mudah percaya jika hanya mendengar atau melihatnya. Apalagi orang pintar. Mereka selalu memiliki kemampuan untuk berargumen. Sehingga tidak mudah untuk diyakinkan, apa lagi diajak untuk berubah. Sudah mah pinter. Perusahaannya keren pula. Hasilnya? Masuk kedalam success trap. Jebakan kesuksesan. Padahal, success trap itulah yang membuat Nokia dan Kodak meregang nyawa.

Lalu bagaimana saya mengatasi tantangan berat itu? Ya dengan mengajak mereka ‘merasakan’ sendiri situasinya melalui simulasi D-BEST itu. Kalau perusahaan Anda tidak inovatif, repot pastinya. Maka perusahaan keren pasti berinovasi. Kalau perusahaan sudah sangat inovatif? Maka kita mesti paham 2 jenis inovasi ini. Satu, Sustaining Innovation. Dan dua, Disruptive Innovation.

Sustaining inovation dicirikan dengan dampaknya terhadap efisiensi atau peningkatan produktivitas perusahaan. Didalamnya termasuk implementasi lean management semisal kaizen dan six sigma.

Baguskah itu? Bagus banget. Tapi di abad ini, ternyata ancaman terhadap nyawa perusahaan bukan sebatas efisiensi. Melainkan juga gagasan-gagasan yang sama sekali tidak dikenal sebelumnya. Dan datang dari para pesaing yang tidak kelihatan. Itu yang kemudian melahirkan fenomena disrupsi.

Faktanya, tidak ada perusahaan atau kekuatan yang bisa menghentikan gelombang disrupsi. Sehingga pilihan yang ada hanyalah Disrupting or Being Disrupted. Dan seperti kata Prof Clayton; disruption can hurt you, if you are not the disruptor.

Inilah yang mendasari pentingnya perusahaan membangun kapasitas diri untuk menghasilkan disruptive innovation. Supaya perusahaan bukan sekedar bisa bertahan dari gempuran para disruptor. Melainkan menjadi bagian dari proses driving the industry towards new order of business models and practices.

Apakah itu berarti disruptive innovation lebih penting dari sustaining innovation? Nah. Konsepnya bukan membentur-benturkan seperti itu. Jadi kayak adu domba kalau begitu caranya mah. Kita perlu memperluas wawasan dan belajar dari Prof Vijay untuk bisa ‘juggling’ strateginya. Mudah-mudahan, pada kesempatan lain kita bisa membahas subyek ini ya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Untuk saat ini, pastikan saja bahwa perusahaan Anda; mengindahkan pentingnya membangun kapabilitas untuk menghasilkan disruptive innovation. Agar tidak menjadi korban seperti raksasa sekelas Nokia dan Kodak yang menghilang secara mengejutkan. Dan tentu, untuk bisa begitu; kita mesti belajar lagi. So, happy learning friends.

N.B: Pelatihan bertema DISRUPTION kan biasanya disajikan lewat ceramah, ya. Kalau saya, membawakannya melalui Simulasi D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Leaders di kantor Anda, sudah mencobanya? Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

N.B: Pelatihan bertema DISRUPTION kan biasanya disajikan dalam bentuk ceramah, ya. Kalau saya, membawakannya melalui Simulasi D-BEST (Disruptive Business Environment Simulation Trivia). Leaders di kantor Anda, sudah mencobanya? Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “CEO (=CEO Talk)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Training : Effective Communication Skills

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar: Koleksi Pribadi

NB: “The art of communication is the language of Leadership” (James Hume). Program “Effective Communication Skills For Leaders” saya menggunakan Personality Assessment. Sistematis, dan aplikatif. Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com untuk info lebih lanjut.

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.