Sunday , June 24 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Dibutuhkan – Para Suksesor Leader

Dibutuhkan – Para Suksesor Leader

Saya sudah bicara dengan cukup banyak perusahaan. Dan saya menemukan bahwa salah satu PR terbesar perusahaan-perusahaan bagus adalah menemukan suksesor bagi posisi-posisi penting. Apa sih suksesor itu? Gampangnya, orang yang memiliki kapasitas yang memadai untuk menggantikan para pemimpin dimasa depan. Banyak perusahaan yang kesulitan memenuhi kebutuhan ini.

Apakah ini berita baik atau buruk? Kalau buat saya, tentu saja berita baik. Buat siapa? Buat para profesional muda yang memiliki cita-cita untuk meraih pencapaian tinggi dalam karirnya. Perusahaan Anda butuh suksesor untuk menggantikan para leadernya kelak jika saatnya sudah tiba. Artinya apa? Peluang buat Anda.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Minimal, harus ada orang yang kelak siap menggantikan atasan Anda kan? Sehingga kalau atasan Anda diberi tugas lebih besar, fungsi dan perannya saat ini bisa segera tergantikan. Pertanyaannya adalah; apakah Anda yang menggantikannya, atau ada orang dari luar yang direkrut oleh perusahaan?

Saya sering mendengar para pemimpin perusahaan menyatakan bahwa mereka belum memiliki orang-orang muda yang sudah siap menggantikan atasannya. Walau pun disisi lain, orang-orang muda merasa bahwa mereka tidak diberi cukup kepercayaan. Bagaimana mau dikasih kepercayaan kalau tidak berhasil meyakinkan managemen bahwa mereka layak mendapatkannya kan?

Lalu bagaimana dong kita menyikapinya? Sederhana sih kalau saya melihatnya. Mari kita pelajari saja apa yang menjadikan seseorang berhasil menjadi suksesor. Soal ini, saya telah melakukan kajian. Saya cermati orang-orang itu. Lalu mencoba menemukan apa rahasia keberhasilan mereka.

Saya menemukan bahwa para suksesor itu memiliki 1 kesamaan, yaitu; menjadi great supporter bagi atasannya. Apakah itu great supporter bagi atasan? Mereka, menjadi orang yang bisa diandalkan oleh atasannya. Selalu begitu.

Seseorang layak menjadi andalan bagi atasan ketika dia mampu diberi penugasan profesional apapun oleh atasannya. Lalu, bagaimana seseorang bisa sampai di level itu?

Saya memperhatikan bahwa mereka mulai dari langkah pertama ini: Mereka menawarkan diri untuk meringankan tugas-tugas atasannya. Mereka bertanya; apa yang bisa saya lakukan untuk membantu menyelesaikan tugas bapak atau ibu?

Dia tahu bahwa pertanyaan itu akan membawanya pada konsekuensi mengerjakan lebih banyak tugas dibanding teman-temannya. Dan atasannya juga tahu, bahwa dia belum mampu mengerjakan tugas lebih tinggi dari posisinya. Tapi mereka berdua tahu, bahwa itu adalah awal yang bagus menuju pencapaian tertinggi bagi keduanya.

Tahap selanjutnya, sang atasan memberi penugasan yang lebih berat. Dan sang orang muda, belajar lebih banyak. Itu memungkinkannya untuk menumpuk pengalaman lebih mendalam. Ketika kebanyakan teman selevelnya hanya menjalani rutinitas tugas disitu-situ saja, dia mengalami bekerja pada level atasannya.

Hal ini menjadikannya unggul baik dalam pengetahuan, maupun pengalaman. Dan satu lagi, hubungan erat antara atasan dan bawahan yang kemudian menghasilkan sesuatu yang disebut sebagai ‘trust’ alias ‘kepercayaan’.

And you know what, ketika perusahaan membutuhkan sang atasan untuk menangani tugas lain yang lebih besar; tidak ada proses bisnis yang dipertaruhkan. Sebab sudah ada orang yang mumpuni untuk mengambil alih fungsi, tugas dan peran yang akan ditinggalkan oleh sang ataman.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika kebanyakan perusahaan kalang kabut memasang iklan lowongan pekerjaan demi mengisi posisi kosong yang ditinggalkan oleh orang penting. Maka dengan mekanisme sederhana yang saya ceritakan diatas, PR terbesar perusahaan itu bisa diselesaikan dengan ending yang membikin happy semua orang.

Apakah Anda punya mekanisme lain yang lebih baik dari paparan saya ini? Jika tidak; maka sebaiknya Anda terapkan yang ini saja. Iya kan?

N.B: Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM” saya cocok untuk karyawan potensial di kantor Anda. Hubungi 0812-1989-9737 email dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

Turning Potential Power Into Professionalism

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Aviation Personnel International

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.