Tuesday , December 11 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Dua Ciri Orang Yang Professional

Dua Ciri Orang Yang Professional

Apakah Anda merupakan orang yang profesional? Tentu dong ya. Lalu, apa cirinya jika seseorang itu profesional atau tidak? Banyak. Tapi dari sekian banyak ciri itu, ada 2 yang mutlak harus ada. Apakah Anda sudah memilikinya?

Mari kita bahas satu demi satu ciri itu. Pertama. Seorang profesional memiliki kompetensi atau kualifikasi yang sesuai dengan jabatan atau tugas yabg diembannya. Bagaimana jadinya jika seseorang memegang sebuah jabatan, namun tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan tugas terkait jabatannya kan?

Jika dia seorang salesman, misalnya. Harus memiliki kemampuan atau kompetensi sebagai salesman. Jika tidak, maka dia tidak akan bisa memenuhi target penjualan yang diamanahkan perusahaan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Bagaimana dengan manager yang tidak memiliki kompetensi layaknya seorang manager? Selain teamnya bakal memble, dia juga akan menjadi bahan cemoohan orang-orang yang berada dibawah ‘kepemimpinannya’. Boro-boro punya wibawa. Dianggap juga enggak.

Bahkan jika seseorang terpilih menjadi presiden, maka dia harus memiliki kapasitas dan kemampuan sebagaimana layaknya presiden. Jika dipaksakan, maka bisa dipastikan jika pengelolaan negara jadi kacau balau. Negara bukannya menjadi semakin baik. Malah jadi morat marit. Karena amanah, diserahkan bukan kepada ahlinya.

Yang kita bicarakan sebenarnya bersifat hipotetikal. Sebuah kajian ‘what if’. Artinya, jika seseorang memiliki kemampuan memadai, maka dia bisa menjalankan tugasnya secara profesional. Jika tidak, maka pekerjaannya bakal digarap dengan cara amatiran.

Apakah, situasi hipotetis yang saya ceritakan diatas itu merupakan gambaran realitas disekitar kita? Saya yakin Anda tahu persis jawabannya. Namun kita bisa mulai dari diri sendiri, dengan melakukan introspeksi; apakah kita sudah memiliki kompetensi atau kualifikasi yang sesuai dengan tugas atau jabatan yang kita emban ini?

Ciri kedua yang mutlak harus dimiliki oleh seorang professional adalah; bekerja, sesuai dengan kompetensi dan kualifikasinya itu. Artinya, dipake itu kompetensi. Jangan cuman jadi pajangan aja. Seorang doktor alias PHD, misalnya. Hasil kerjanya ya mesti ‘sekelas’ doktor dong. Kan lucu kalau diatas kertas berkualifikasi tinggi, tapi hasil pekerjaan aktualnya dangkal sekali.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Coba lihat disekitar kita. Banyak orang yang punya kualifikasi tinggi. Kapasitas dirinya besar. Tapi nggak bekerja sebagaimana layaknya seseorang yang memiliki kapasitas setinggi itu. Maka komopetensinya menjadi sia-sia saja. Karena dibiarkan ‘nganggur’, bukannya didaya gunakan. Siapa yang bikin nganggur? Ya dirinya sendiri.

Tapi kan tidak sedikit orang dengan kapasitas tinggi namun mendapatkan posisi atau jabatan yang biasa-biasa saja? Memang. Tapi mendayagunakan kapasitas diri tidak selalu berhubungan dengan jabatan. Melainkan berkaitan dengan bagaimana seseorang menjadikan dirinya bernilai tinggi.

Jika dia ingin dihargai tinggi, ya tunjukkin dong dengan tindakan dan perilaku kerja yang tinggi. Cirinya apa? Kontribusinya kepada organisasi harus tinggi. Yaitu kontribusi yang selevel dengan kapasitas dirinya. Itu namanya profesional.

Kalau kualifikasinya tinggi tapi kontribusinya rendah gimana? Ah, orang kayak gini mah pantasnya didiskualifikasi aja. Didiskualifikasi dari apa? Dari daftar orang-orang yang layak mendapatkan gelar sebagai seorang professional.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kenapa? Karena seseorang hanya layak disebut sebagai profesional jika dia memiliki kompetensi yang sesuai dengan jabatannya. Dan dia. Bekerja bersedia bekerja untuk menghasilkan buah karya yang sesuai dengan kompetensinya.

Apakah Anda profesional? Tentu ya.

N.B: Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM” saya cocok untuk karyawan potensial di kantor Anda. Hubungi 0812-1989-9737 email dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

Turning Potential Power Into Professionalism

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Intermediation

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.