Tuesday , September 25 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Recharge Baterai Jiwa dan Raga Kita

Recharge Baterai Jiwa dan Raga Kita

Orang yang sibuk, belum tentu sukses. Tapi orang yang sukses, kemungkinan besar sibuk. Betul begitu ya? Secara umum, fenomenya seperti itu. Makanya, semakin tinggi jabatan seseorang, biasanya semakin tidak memiliki waktu untuk dinikmati bersama keluarga. Jangankan waktu untuk keluarga. Untuk diri sendiri pun nyaris tidak ada.

Setiap hari selepas bekerja keras itu, tubuh terasa lemas. Lelah rasanya. Kalau sedang sangat lelah itu, kegiatan apa yang Anda lakukan? Makan? Atau Tidur? Saya yakin Anda lebih memilih tidur daripada makan. Lalu apa yang Anda rasakan ketika bangun tidur? Badan kembali segar. Dan tenaga kembali pulih seperti sedia kala.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Memang, kalau karir sedang cemerlang kita suka keasyikan ya. Segalanya dijalani dengan gairah yang menyala-nyala. Karena imbalannya juga menggiurkan. Tapi hendaknya tetap ingat bahwa tubuh pun memilik hak yang mesti kita tunaikan. Selagi masih muda, mungkin nggak terlalu kerasa. Tapi kelak kalau sudah menua, bakal lain ceritanya.

Ilmu gizi menyatakan bahwa energy tubuh kita didapatkan dari nutrisi yang kita makan. Tapi faktanya, energy terbesar kita didapatkan bukan dari ngebanyakin makan. Melainkan dari tidur yang cukup. Anda banyak makan, tapi kurang tidur. Pasti badan nggak fit. Tapi kalau cukup tidur dan cukup makan, tubuh kita jadi prima. Kalau banyak tidur tapi kurang makan? Itu artinya….. dompet Anda lagi lepet.

Tidur yang cukup sahabatku. Begitu cara menyimpan energy yang paling efisien. Ini bukan saya yang bicara, melainkan firman Allah yang tertera dalam Al-Quran. Silakan buka surah Ar-Rum ayat 23. Disana Anda akan temukan bahwa Allah menjadikan tidur dimalam hari dan ‘nap’ disiang hari sebagai proses re-charge energy dalam tubuh sehingga kita memiliki kemampuan untuk mencari karunianya melalui pekerjaan ini.

Tentang tidur ini, sungguh Allah maha kuasa. Bahkan sampai saat ini pun kita belum benar-benar memahami bagaimana Allah menciptakan kecanggihan tubuh kita sehingga bisa melakukan charging energy sedemikian efisiennya. Bukan dengan makan. Melainkan dengan tidur yang cukup. Bagaimana energy kita bisa kembali pulih melalui tidur? Allah Maha Besar.

Khusus tentang nap. Apa sih itu? Tidur sebentar disiang hari. Tapi waktunya singkat saja. Sekitar 15 atau 20 menitan saja. Hanya sebentar memang, tapi nap itu mengembalikan vitalitas tubuh kita dengan sangat cepat. Di masa lalu, orang tidak begitu paham ketika Al-Qur’an menjelaskan mengenai ‘nap’. Tapi sekarang, kita mengenal system ‘fast charging’ pada smart phone canggih. Dan sekarang, kita pun paham bahwa ‘nap’ dapat dijelaskan dengan cara dan mekanisme yang kira-kira sama seperti fast charging di smart phone keren itu.

And you know what? Rasulullah Muhammad sholallaahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan dan mempraktekkan ‘nap’ 1400 tahun yang lalu. Beyond science and technology era kan? Peace be upon him.

Kalau nap hanya beberapa belas atau puluh menit saja, lantas berapa lama tidur yang cukup itu? Untuk orang dewasa, minimal 4 jam. Dan maksimalnya 6 jam sehari. Sebagian orang bilang butuh 8 jam. Boleh saja sih. Tapi, seperti charging baterai saja, kalau sudah full; ngapain masih dicolokin ke sumber listrik kan? Sayang waktunya kalau tidur kebanyakan.

Imam Syafi’i yang memiliki keluasan ilmu dan telah menulis begitu banyak kitab itu, konon hanya tidur 4 jam saja rata-sata sehari. Tapi beliau bukan begadang untuk nonton bola, atau main games. Melainkan menjadi ‘ulil albab dimana hasil perenungannya masih dijadikan referensi utama khasanah keilmuan hingga sekarang.

Anda, tidur berapa jam sehari? Silakan saja. Tidak ada masalah jika berbeda dengan orang lain. Namun, tetap perlu dipastikan bahwa tidur kita tidak berlebihan. Tidak pula kekurangan. Apa lagi jika kurang tidur itu karena melakukan sesuatu yang tidak benar-benar berfaedah. Mending waktu berharga itu dipakai untuk kembali bekerja lagi kan? Atau untuk kebersamaan dengan keluarga tercinta.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dalam tuntunan Nabi, di malam hari itu kita diajak untuk sedikit tidur. Namun banyak berdiri. Maksudnya berdiri? Qiyamu Al-Lail. Dan dalam sejarah, Qiyam Al-lail itulah yang menjadi kunci kemenangan pasukan Salahuddin Al-Ayubi yang legendaris itu. Jadi jelas sekali jika ‘Naum’ dan ‘Nap’ itu menguatkan jasad fisik kita melalui energy kasar yang mengembalikan vitalitas tubuh. Sedangkan Qiyam Al-Lail, menguatkan jiwa kita melalui konektivitas terhadap Allah ‘azza wajalla dalam suasana yang hening sehingga semakin kokoh jiwa kita dengan energy murni ketaatan kepada Ilahi.

Saat ini, kita sedang banyak menghadapi tantangan. Bisnis yang semakin kompetitif. Juga degradasi moral yang semakin banyak dipertontonkan sekelompok orang. Kekacauan pola piker yang bahkan tanpa malu-malu lagi diperlihatkan oleh kaum ‘cendekiawan’, ilmuwan, bahkan professor. Barangkali, sedikit tidur dan banyak berdiri via Qiyam Al-lail bisa menjadi jalan mengalirnya solusi dari Allah ta’ala untuk kita. Yuk, kita belajar membiasakannya mulai sekarang.

NB: Perusahaan Anda sedang melakukan sosialisasi CORE VALUES? Saya punya simulasi yang keren untuk membantu Anda meningkatkan pemahaman karyawan terhadap Core Values yang ingin Anda sosialisasikan. Beri karyawana Anda pengalaman memainkan simulasi seru “MY STAR AND THE CORE VALUES” yang saya rancang. Jumlah peserta bisa 25-50 orang per batch. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner

Training – DeKa

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “CEO (=CEO Talk)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Training: “Business Sustainability And Disruptive Innovation”

Training : Effective Communication Skills

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:videoblocks

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.