Tuesday , December 11 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Tiga Tindakan Yang Menentukan

Tiga Tindakan Yang Menentukan

Disekitar kita, ada begitu banyak kesempatan. Tapi tidak semua orang mampu mengambil kesempatan itu. Dan memperoleh manfaat darinya.

Bukti bahwa kesempatan itu selalu ada adalah; bahkan dalam setiap krisis, selalu ada orang yang mendapat keuntungan dari krisis itu. Sementara orang lain yang menderita didalam krisis itu mengatakan; “kok bisa ya?”.

Contoh faktual lain. Setiap orang pasti sering melintas di perempatan jalan. Ada jutaan orang melintasi perempatan jalan setiap harinya kan. Tapi berapa orang yang mampu menjadikan perempatan itu lokasi untuk mendapatkan sesuatu yang berguna melampaui fungsi dasarnya sebagai persimpangan jalan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Itu fakta. Bahwa kesempatan selalu ada disekitar kita. Di kantor. Di jalan. Di rumah sakit. Di halaman rumah kita. Di ruang tunggu antrian kantor pelayanan publik. Dimana-mana. Tapi hanya sedikit orang saja yang mengambil manfaat dari berjuta kesempatan itu secara optimal. Lalu. Apa yang membuat mereka bisa begitu?

Ternyata. Mereka melakukan 3 tindakan yang tidak dilakukan oleh kebanyakan orang lainnya. Apa saja ketiga tindakan itu?

Pertama, melihat. Ya. Melihat adalah tindakan pertama. Mereka melihat, kita tidak. Maksud eloh, kita ini nggak bisa liat gitu? Buta? Bukan. Kita memang bisa melihat. Tapi kemampuan melihat kita hanya digunakan untuk melihatnya secara kasat mata. Melihat obyek apa adanya. Itu kita.

Sedangkan orang-orang yang berhasil meraih kesempatan itu melihat suatu situasi bukan semata-mata apa adanya. Melainkan ‘peluang apa yang ada didalamnya’. Dengan perbedaan cara kita melihat, maka berbeda pula respon otak kita dan tentu berbeda juga dalam cara kita bersikap. Itu sebabnya mengapa mereka mampu melihat peluang, sedangkan kita tidak.

Aih, kita juga sering kok melihat peluang. Betul ya? Buktinya, kalau sedang ngobrol dengan teman; kita suka saling tukar pikiran. Lalu dengan cerdasnya kita membahas peluang-peluang yang ada. Kita tahu disitu ada peluang. Tapi faktanya tidak selalu menjadi manfaat. Ide banyak. Tapi nggak ada hasilnya tuch.

Iya. Karena kita sudah cukup puas dengan hanya bisa melihat keberadaan peluang itu. Lalu paling jauh, kita berangan-angan dengan ide dan gagasan. Sedangkan mereka melanjutkannya dengan tindakan kedua. Yaitu, bergerak.

Berapa banyak teori yang sudah kita bahas dan diskusikan? Banyak. Bahkan kita suka disebut orang yang kebanyakan teori kan. Teori lu! Berapa banyak ide yang terlintas di benak kita? Banyak. Tapi hanya sebatas teori belaka.

Mereka. Mungkin nggak punya banyak teori atau ide. Tapi mereka bergerak untuk mewujudkan ide yang sedikit itu. Makanya, ada hasil yang mereka dapatkan. Berkat apa? Berkat tindakan kedua, bergerak.

Woooy, Dang. Elo kira gue diam saja selama ini? Sudah banyak yang gue lakukan. Sudah banyak gerak. Tapi hasilnya sering nihil. Gagal.

Kalau sudah gagal, terus ngapain? Ya berhenti dong. Ngapain nerusin sesuatu yang sudah jelas-jelas gagal kan?

Nah. Itulah bedanya kita dengan mereka. Begitu berhadapan dengan rintangan atau kegagalan, kita berhenti. Sedangkan mereka mengambil tindaka ketiga. Yaitu, menyelesaikan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tengok. Berapa banyak kegiatan yang kita hentikan ditengah jalan? Membaca buku. Memulai bisnis. Menjalankan program penurunan berat badan. Semua berhenti sekalipun pada awalnya kita lakukan secara menggebu-gebu. Itu yang terjadi pada kebanyakan orang.

Mereka, tidak demikian. Karena mereka benar-benar menerapkan tindakan ketiga. Apa tadi tindakannya? Menyelesaikan. Dan itulah yang memungkinkan mereka berhasil meraih manfaat dari setiap kesempatan yang sedemikian banyaknya berseliweran. Kesempatan, yang oleh kebanyakan orang lainnya; dilewatkan.

NB: Corporate Alignment merupakan salah satu tantangan terbesar bagi semua perusahaan. Walaupun punya SDM yang bagus, tapi jika tidak “Align” satu sama lain; maka kinerja perusahaan tidak akan optimal. Sebagai jawabannya, kami merancang “S-TED Training: Strengthening Corporate & Organizational Alignment”. Durasi 1 hari. Jumlah peserta 25-40 orang per batch. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

S-TED Training

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:epic megacorp

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.