Wednesday , November 14 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Dua Jenis Kesenangan Dalam Pekerjaan

Dua Jenis Kesenangan Dalam Pekerjaan

Mayoritas orang memilih untuk berprofesi sebagai karyawan. Salah satunya mungkin Anda. Saya juga pernah mengalami fase itu. Selama periode itu, sebagian besar waktu dan kehidupan kita didedikasikan kepada pekerjaan.

Pada awalnya, mungkin kita senang. Tapi. Bagaimana bisa terus senang jika kemudian jenis kehidupan seperti itu yang kita jalani selama puluhan tahun? Itu pertanyaan yang tidak ringan. Walaupun demikian, banyak yang berhasil kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Untuk mencapai itu, banyak orang yang menggunakan mode ‘mau gimana lagi’. Jadi ya dijalani saja apa adanya. Sabar. Sebab inilah jalan hidup yang kita pilih. Makanya, kita sering melihat pekerja senior memiliki kematangan dan kesabaran yang luar biasa dalam pekerjaannya. Mereka menyambut pensiunnya dengan senyuman yang merekah.

Bagus ya? Banget. Bagaimana tidak bagus sikap indah itu diterapkan secara konsisten ditengah lingkungan kerja yang dihuni oleh banyak pekerja yang ‘terpaksa’ dalam melalui hari-hari kerjanya kan? Orang yang bekerja dengan kesabaran yang tinggi, tentu lebih baik.

Tapi. Saya meyakini bahwa ada cara lain yang lebih baik dari itu. Dan saya boleh mengatakan bahwa model ‘mau bagaimana lagi’ itu, walaupun punya efek positif tapi menunjukkan ketidakberdayaan. Nggak ada pilihan lain. Jadi mesti sabar aja.

Sebagai alternatifnya, ijinkan saya untuk melihat dengan pendekatan yang berbeda. Ditempat kerja, Anda perlu membangun 2 jenis kesenangan. Yang pertama, Melakukannya Dengan Senang hati. Apapun yang Anda lakukan terkait pekerjaan; lakukan dengan senang hati. Entah Anda punya pilihan lain. Atau hanya itu satu-satunya pekerjaan yang bisa Anda dapatkan. Just do it, dengan senang hati.

Yang kedua. Bikin Orang Lain Senang Ketika Melihat Anda Bekerja. Mulai sekarang pertimbangkanlah untuk membuat orang lain terpukau menyaksikan Anda bekerja. Emang bisa? Oh, bisa banget. Saya sudah menyaksikan cukup banyak orang yang bekerja dengan cara yang sangat mengesankan. Sehingga melihat mereka bekerja, sungguh merupakan sebuah kenikmatan.

Ini bukan teori saya. Melainkan panduan yang Allah uraikan dalam Al-Quran. Dalam Surah At-Taubah ayat 105 misalnya. “Katakanlah” demikian Allah perintahkan. “Bekerjalah kamu. Maka Allah dan Rasulnya beserta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu.”

Hey. Pekerjaanmu itu dilihat oleh Allah. Disaksikan oleh Rasulullah. Dan diperhatikan oleh orang-orang yang beriman. Maka bikin mereka yang melihat dirimu bekerja senang.

Atasan Anda. Atau orang-orang penting disekitar Anda; memperhatikan cara kerja Anda. Maka entah disadari atau tidak, Anda sebenarnya dimonitor. Nah jika cara kerja Anda indah dan menimbulkan kesan yang posotif dimata atasan atau pengambil keputusan. Maka apa dampak yang bisa dihasilkan?

Tepat sekali. Anda akan mendapatkan pengakuan, dan penghargaan yang tinggi. Pengakuan gimana? Keberadaan Anda dikantor itu dianggap penting. Sehingga Anda dikategorikan sebagai aset yang berharga. Keberadaan Anda, dihargai.

Penghargaan macam apa? Dari yang paling sederhana berupa pujian. Hingga tambahan bonus atau insentif. Bahkan tak jarang berupa kenaikan jabatan yang para pengambil keputusan itu berikan tanpa ada keraguan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Saya. Sudah menyaksikan banyak orang yang karirnya menanjak naik melalui kedua cara ini. Apa tadi? Pertama, Melakukannya Dengan Senang hati. Dan kedua, Bikin Orang Lain Senang Ketika Melihat Anda Bekerja.

Silakan Anda wujudkan 2 jenis kesenangan itu. Dan silalan rasakan, manfaat apa yang Anda dapatkan setelah mewujudkan kedua hal tersebut itu. Insya Allah, akan Anda temukan kenikmatan dan kepuasan yang tiada terkira. Dalam menjalani pekerjaan itu.

NB: Saya punya program “CONNECTING & COLLABORATING (THE POWER OF SYNERGY)” lho. Cocok untuk sisipan acara RAKER di kantor Anda. Hubungi 0812-1989-9737 atau email: dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

Training – DeKa

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:inccom

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.