Tuesday , December 11 2018
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Cara Memimpin Anda

Cara Memimpin Anda

Jika ada orang yang bertanya; “Apakah cara Anda memimpin itu sudah efektif atau tidak?” Apa jawaban Anda?

Tentu Anda menjawab dengan yakin “Sudah dong!”. Karena menurut perasaan Anda, Anda sudah melakukan yang terbaik dalam memimpin. Anda benar. Karena. Itu didasarkan pada… perasaan Anda.

Bagaimana dengan penilaian atasan Anda? Apakah dia punya pandangan yang sama? Sejauh yang saya tahu. Tidak sedikit pimpinan yang tidak dinilai memuaskan oleh pimpinannya yang lebih tinggi. Lihat saja misalnya, dalam Business Review Meeting ketika Anda harus presentasi tentang kinerja bisnis dihadapan boss Anda.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lalu bagaimana pula dengan penilaian anak buah Anda? Kalau Anda merasa sudah memimpin dengan sebaik-baiknya. Apakah demikian pula penilaian mereka? Ehm…

Tapi. Apakah penilaian orang lain selalu lebih obyektif dari pada penilaian kita? Tentu tidak. Hanya saja. Kita juga tidak bisa sekedar mengandalkan subyektivitas pribadi kita. Seorang pemimpin yang h hebat, tidak diombang ambing oleh opini orang lain. Tapi, juga tidak dibutakan oleh ke-AKU-annya saja. Ego. Tidak.

Lantas bagaimana caranya? Nah. Ini yang perlu kita bahas. Selain bisa menjadi bahan pelajaran berharga, hal ini juga menjadi permasalahan yang dialami banyak pimpinan.

Disela-sela cofee break kelas pelatihan “Servant Leadership” 2 hari lalu, misalnya. Seseorang mendekati saya. Lalu… “Kang Dadang,” katanya. “Kata atasan saya, saya ini terlalu baik kepada anak buah.”

“Lalu?” Demikian saya merespon.
“Saya harus bagaimana?” Begitulah pertanyaannya.

“Harus bagaimana, bagaimana maksud Anda?” Saya balik bertanya.
“Iya Kang. Apakah saya harus mengikuti saran atasan atau bagaimana?” Balasnya.

“Kalau menurut Anda, pernyataan atasan Anda itu benar atau tidak?” Saya mengajaknya untuk menemukan solusinya sama-sama.

“Emmmh…” gumamnya. Saya mendorongnya untuk berpikir dan menyatakan hasil pemikirannya. “Saya tidak tahu Kang,” lanjutnya.

“Baiklah. Kalau Anda tidak tahu jawaban pastinya. Mari kita bicara soal kemungkinannya.” Saya bilang. “Pernyataan dari atasan Anda itu kemungkinannya benar atau tidak?”

Sekarang teman saya bisa menjawabnya dengan yakin. Bisa saja benar. Dan bisa jadi juga tidak. Namanya juga kemungkinan kan. Dari jawaban itu kemudian saya mengajaknya untuk merenungkan konsekuensinya.

Jika pernyataan atasannya benar. Maka dia harus memperbaiki caranya memimpin team. Karena cara memimpin yang terlalu baik tidaklah berdampak sehat buat team.

Sebaliknya. Jika pernyataan atasannya tidak benar. Maka dia, tidak perlu terlalu memikirkannya. Fokus saja pada tugas profesionalnya. Toh itu tidak berarti mengabaikan penilaian atasan kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Case closed? Yes. Selesai. Urusannya sudah beres? Belum. Hloh. Kok belum? Iya. Karena, itu baru langkah pertama. Ada yang keduanya? Woooh, aada dong.

Yang kedua, kita mesti mengevaluasi dampak dari gaya kepemimpinan yang kita terapkan. Cara memimpin seperti yang Anda lakukan itu sudah efektif atau belum?

Sudah? Berarti Anda harus terus menggunakan cara itu. Walaupun dimata orang lain, tidak selalu dinilai baik. Kalau belum efektif, Anda harus mengubahnya. Sekalipun Anda merasa sudah baik. Toh faktanya belum efektif kan? Fair? Yo-i.

Lantas. Dari mana kita menentukan ukuran efektif atau tidaknya gaya kepemimpinan yang kita terapkan? Lihat saja, apakah team yang Anda pimpin itu sudah berkinerja dengan baik atau tidak? Tegasnya. Target kinerja organisasi yang Anda pimpin sudah berhasil diwujudkan atau tidak.

Betul demikian? Betul. Karena demikian sering kita dengar para ahli teori kepemimpinan mengatakan, iya kan?. Kinerja team, menjadi ukuran efektivitas kepemimpinan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi bagi saya, tidak demikian. Menurut hemat saya, pencapaian target-target organisasi bukanlah ciri dari kepemimpinan efektif. Tercapai target? Tidak menjadi jaminan kepemimpinan yang efektif. Kata siapa? Saya. Dadang Kadarusman.

Eit. Kenapa Dang? Karena. Banyak pimpinan yang berhasil mencapai target-targetnya. Namun pencapaian itu, bukan anak buahnya yang mewujudkan. Melainkan atas kepiawain sang pimpinan. Kepiawaian dalam bidang apa? Kepiawaian dalam bidang ‘nombokin’ kelemahan cara kerja dan kinerja anak buahnya.

Masih ingat arti kata ‘leadership’ kan? Walaupun target-target team Anda tercapai, jika pencapaian itu didapat dari hasil usaha Anda dalam menomboki kekurangan anak buah Anda. Maka. Cara memimpin Anda. Tidak bagus.

Jadi, sudah jelas sekarang ya, bahwa; pencapaian target-target oraganisasi bukanlah ciri dari kepemimpinan efektif. Kalau bukan itu indikasinya, lantas apa?

Ukuran efektif atau tidaknya gaya kepemimpinan Anda adalah; (1) Seberapa jauh Anda berhasil mengembangkan anak buah Anda. (2) Seberapa banyak anak buah Anda menjadi mampu untuk menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya secara mandiri. Dan… (3) Seberapa banyak anak buah Anda yang mampu menapak ke tingkatan profesionalitas yang lebih tinggi. Begitu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jadikanlah ke-3 aspek diatas sebagai sarana untuk menentukan; apakah cara memimpin Anda sudah tepat atau tidak. Dengan begitu, maka Anda tidak akan lagi terlalu terpengaruh oleh omongan dan penilaian orang lain. Dan Anda, juga tidak terjebak dalam ego yang menjadikan Anda orang yang merasa sudah serba sempurna.

Dengan demikian. Anda akan memiliki gaya dan cara memimpin yang unik. Dan otentik. Selamat memimpin. Leader!

NB: Salah satu topik pelatihan kepemimpinan yang penting untuk para leader adalah “SERVANT LEADERSHIP”. Para leader dikantor Anda, perlu juga mendapatkannya. Siapa trainer yang layak Anda pilih? Silakan Anda putuskan sendiri saja.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Allah; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:culcavinashz4wp

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.