Tuesday , January 22 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Refleksi Instead Of Resolusi

Refleksi Instead Of Resolusi

Seiring pergantian kalender kantor, saya lebih suka melakukan refleksi daripada resolusi. Tidak berarti saya memandang resolusi sebagai sesuatu yang buruk. Didalam resolusi itu ada tekad, cita-cita, dan niat. Bahkan ambisi untuk meraih suatu pencapaian tertentu. Tapi, you knowlah; resolusi seringnya… yaaaa begitulah.

Refleksi disisi lain, merupakan sebuah proses dimana kita menatap ke belakang. Bukan untuk menyesali. Tapi untuk menyimak hal baik apa yang perlu kita pertahankan. Dan hal buruk apa yang perlu kita perbaiki dalam diri kita. Lalu, menatap ke masa depan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Pada saat menatap ke masa depan itulah kemudian kita mengokohkan rencana tindakan. Dengan meniatkan untuk meraih ini itu melalui tindakan gini gitu? Tidak. Kalau begitu mah, masih masuk kategori resolusi.

Dalam refleksi, kita tidak mengejar target seperti itu. Hasil dari refleksi itu, kita kembali kepada 2 langkah sederhana. Yaitu; melakukan lagi tindakan pribadi yang tahun lalu sudah bagus kita lakukan. Sudah begitu saja. Tapi dari kesederhanaan itu, insya Allah; kita bakal mendapatkan hasil yang minimal sama baiknya dengan yang kita peroleh tahun lalu. Itu pertama.

Langkah sederhana kedua adalah; dari hasil refleksi itu kita menyadari bahwa masih ada hal-hal yang buruk atau kurang baik dari diri kita. Maka kemudian di tahun kalender yang baru ini, kita berkomitmen untuk memperbaikinya, atau bahkan menghentikan perilaku dan berbagai atribut buruk itu.

Kita menggantinya dengan tindakan atau perilaku atau cara yang lebih baik dari itu. Dengan demikian maka, insya Allah; minimal tahun ini kita terhindar dari dampak buruk yang kita alami ditahun lalu. Bahkan. Ada harapan bahwa dalam perjalanan waktu kedepan, kita bisa mendapatkan hasil yang kita harapkan.

Bagaimana seandainya hasil yang kita harapkan itu tidak berhasil kita wujudkan hingga akhir tahun nanti? Ah, itu tidak akan menjadi persoalan. Karena melalui refleksi ini, kita pelan-pelan membenahi diri kan? Hasilnya mungkin belum terlihat secara signifikan. Tapi, proses perbaikan itu terus berlanjut. Sehingga, minimal; kualitas pribadi kita akan menjadi semakin membaik.

Sekali lagi, saya tidak berniat membandingkan antara resolusi dengan refleksi. Walau pun faktanya resolusi sering tidak bisa mengubah diri kita, karena fokus dalam resolusi itu adalah; tekad untuk meraih sesuatu. Sedangkan fokus refleksi itu adalah; memperbaiki sikap, perilaku dan kualitas diri.

Anda. Boleh memilih untuk membuat resolusi seperti pada umumnya. Saya. Memilih untuk duduk merenung. Lalu berkontemplasi. Kemudian menemukan beberapa aspek dalam hidup saya yang patut disyukuri. Dipertahankan. Dan lebih sering dilakukan di tahun depan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dan saya menemukan pula. Ada beberapa hal keliru yang saya lakukan ditahun lalu. Lantas dengan memohon ampunan dari Allah, saya juga meminta Dia yang maha kuasa untuk menguatkan saya. Dalam melakulan perbaikan. Sehingga semakin hari, kekeliruan itu semakin sedikit. Karena tergantikan oleh beberapa kebaikan baru yang kita upayakan.

That is my stand point. Mengiringi bergantinya kalender kantor tahu ini. Bagaimana dengan Anda? Semoga Allah senantiasa menolong kita mewujudkannya ya.

NB: Corporate Alignment atau SINERGI merupakan salah satu tantangan terbesar bagi semua perusahaan. Walaupun punya SDM yang bagus, tapi jika tidak “SINERGI” satu sama lain; maka kinerja perusahaan tidak akan optimal. Terkait hal itu, kami merancang “S-TED Simulation: Strengthening Corporate & Organizational Alignment”. Durasi 1 hari. Jumlah peserta 25-40 orang per batch. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner

S-TED Training

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:brockcook

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.