Thursday , May 23 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Memenangkan Hatinya

Memenangkan Hatinya

Jika memimpin itu identik dengan memerintah, tentu mudah. Karena memerintah mah hanya butuh telunjuk dan lidah.

Jika kememimpinan itu sama artinya dengan pengaruh, tentu tak sulit. Karena mempengaruhi itu bisa dilakukan dengan adu tinggi kedudukan. Cukup dengan memperlihatkan tanda pangkat, sudah selesai semua urusan.

Tapi memimpin bukan semata soal memerintah dan mempengaruhi. Melainkan tentang memenangkan hati orang-orang yang kita pimpin agar tergerak untuk bertindak.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Hloh. Bukankah bergeraknya orang bisa dilakukan melalui perintah dan pengaruh? Maka untuk alasan itulah kenapa para pemimpin demen banget memerintah dan mempengaruhi anak buah.

Betul. Tapi tak satu manusia pun yang berkenan bergerak dan bertindak dengan komitmen penuh untuk mengerahkan seluruh kemampuannya; jika hatinya tidak tergerak untuk itu. Bergerak mungkin iya. Bertindak, mungkin juga iya. Tapi tidak sepenuh hatinya. Itulah masalah terbesarnya.

Adalah fakta bahwa. Banyak orang yang kapasitas dirinya tidak terpakai, karena dipimpin oleh orang yang keliru. Atau cara memimpinnya yang keliru. Maka perusahaan kehilangan manfaat dari aset manusianya.

Hal itu bisa saja terjadi juga pada level negara. Dengan cara memimpin yang salah, maka potensi manusia yang dimiliki negara, bisa sia-sia. Maka pemimpin suatu bangsa, seharusnya adalah manusia dengan kualitas, karisma, dan karakteristik terbaik bangsa itu dalam melayani jiwa dan raga rakyatnya.

Dibanyak kantor, kita melihat; orang berusaha untuk terlihat profesional ketika pimpinannya ada di tempat. Tapi ketika pimpinannya sedang pergi, situasinya lain lagi. Saya sendiri, boleh dibilang; sering menyaksikannya.

Itu dampak serius dari praktik memimpin yang terlampau mengutamakan sikap memerintah dan mempengaruhi. Tapi minim upaya memenangkan hati orang-orang yang dipimpinnya.

Dampak seriusnya seperti apa? Perusahaan, jelas terpengaruh kinerjanya. Karena karyawan tidak benar-benar mengerahkan segenap kemampuannya. Dalam konteks negara, ya tidak jauh beda. Kekayaan sumber daya alam, akan sia-sia. Bahkan boleh jadi malah dicuri oleh bangsa lain.

Sang pemimpin juga rugi. Karena dia akan lelah memerintah. Jika dia pemimpin level bawah maka dia terpaksa tunduk pada pengaruh pemimpin yang levelnya lebih tinggi. Bahkan jika dia pemimpin tertingginya juga rugi. Karena saat menduduki kursi empuk kepempinannya, dia hanya dipatuhi karena jabatannya. Tapi rendah dimata rakyatnya nilai pribadinya.

Itu berlaku dalam konteks kepemimpinan perusahaan. Maupun dalam lingkup kepemimpinan negara. Pemimpin yang tidak mampu memenangkan hati rakyatnya, bakal lelah memerintah. Dan dimata rakyatnya, dia dinilai rendah.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Para anak buah juga rugi. Karena dengan potensi diri yang mereka miliki. Dikombinasikan dengan peluang-peluang yang ada di perusahaan. Seharusnya dia bisa menapaki karir yang cemerlang. Tapi dibawah kepemimpin yang tidak mampu memenangkan hati, potensi diri dan peluang itu jadi mengambang. Tak mewujud kedalam pencapaian yang gemilang.

Dalam konteks negara, sama juga. Rakyat rugi sekali jika dipimpin oleh orang yang tidak sanggup meraih hati rakyatnya. Dan itu, pertanda luka dalam rasa dan jiwa mereka. Mereka terluka, karena tidak merasakan manfaat dari keberadaan pemimpinnya. Karena dia tidak hadir, saat rakyatnya membutuhkannya.

Lantas. Bagaimana cara memenangkan hati orang-orang yang kita pimpin? Begitu pertanyaan berikutnya.

Sederhana saja sebenarnya jawabannya. Bahagiakan mereka lewat kedekatan fisik dan batin kita. Itu saja. Jika orang-orang yang dipimpin itu bahagia bersama pemimpinnya, maka sang pemimpin telah memenangkan hatinya. Dan pemimpin itu, pasti dicintai orang-orang yang berada dibawah kepemimpinannya.

Dalam konteks negara. Pemimpin yang hadir baik fisik maupun batinnya ditengah-tengah rakyatnya, bakal bisa membuat rakyatnya bahagia. Dan pemimpin negara seperti itu pasti. Akan dicintai oleh rakyatnya.

Semoga dikantor, kita bisa menjadi pemimpin yang mampu memenangkan hati orang orang yang kita pimpin. Dan semoga pula, kita mendapatkan pimpinan yang memiliki komitmen untuk memenangkan hati kita juga.

Sehingga semua orang di perusahaan ini bersedia bertindak. Bukan semata karena ada pengawasan atasannya. Melainkan karena panggilan hati. Untuk mendedikasikan seluruh kemampuan. Sehingga perusahaan, para pimpinan, dan seluruh karyawan; berhasil meraih pencapaian tertingginya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dan semoga. Negara kita dianugerahi Allah dengan pemimpin yang memiliki komitmen sungguh-sungguh. Untuk memenangkan hati rakyatnya. Yang mensejahterakan rakyatnya. Yang adil. Dan memakmurkan bangsa dan negaranya.

Sehingga semua orang yang ada di negeri ini, dapat menikmati anugerah kemerdekaan. Dan anugerah kekayaan sumber daya alam. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara kita pasal 33. Dan kita semua. Menjadi bangsa yang berkedaulatan dan sejahtera.

NB: Salah satu topik pelatihan kepemimpinan yang dibutuhkan para leader adalah “SERVANT LEADERSHIP“. Para leader dikantor Anda, perlu juga mendapatkannya. Siapa trainer yang layak Anda pilih? Silakan Anda putuskan sendiri saja.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Allah; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Agustus 2015. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Inccom

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.