Thursday , May 23 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Study Tentang Muthaffifiin

Study Tentang Muthaffifiin

Salah satu penelitian menarik yang akan kita bahas kali ini adalah tentang pengaruh perasaan diawasi terhadap perilaku manusia. Penelitian itu berupaya untuk menjawab pertanyaan ini; “Apakah manusia akan berlaku jujur ketika tidak ada yang mengawasinya?” Penelitian ini ditayangkan dalam The Brain Games.

Caranya seru, karena dilakukan dengan sarana permainan. Anda tahu Buzz Wire kan? Alat permainan yang terbuat dari kabel berarus listrik lemah dalam bentuk berkelok-kelok. Anda, harus melintasi kabel itu dengan ring logam dari ujung yang satu ke ujung lainnya tanpa menyentuh kabel.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Permainannya memang sederhana. Tapi butuh konsentrasi tinggi untuk menyelesaikannya. Kalau ring logam Anda menyentuh kabel itu, maka Anda akan mendengar bunyi ‘tetot’ dari bel peringatan yang teraliri arus listrik. Bunyi tetot itu, adalah ‘skor’ Anda.

Alat penelitiannya ditempatkan di sebuah ruang perpustakaan yang dirancang secara khusus. Para peserta diminta masuk dan menyelesaikan misinya: menggerakkan ring logam itu dari ujung yang satu ke ujung lainnya. Tidak ada orang lain diruang itu selain dirinya.

Sekeluarnya dari ruang perpustakaan itu, mereka harus melaporkan berapa kali bunyi ‘tetot’ terjadi katika ring logamnya menelusuri kabel itu. Kita sebut mereka kelompok A.

Kelompok B, tantangannya sama. Tapi sebelum mereka memulai misinya, instruktur mengatakan begini;”Selama tantangan ini berlangsung, Anda boleh melakukan apa saja. Boleh duduk dimana saja. Tapi, tolong jangan duduk di kursi hitam yang ada di pojok itu.” Katanya.

“Soalnya, di kursi itu seorang pengawas perpustakaan ditemukan tewas secara misterius beberapa tahun lalu. Dan sejak saat itu, sering terjadi peristiwa aneh di ruangan ini. Tampaknya roh pustakawan itu menguasai ruangan ini…”

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dari semua peserta kemudian didapatkan laporan berapa kali bunyi ‘tetot’ terjadi akibat ring logam yang menyentuh kabel. Yang mereka tidak ketahui adalah, para peneliti menempatkan kamera tersembunyi untuk merekam segala sesuatunya.

Lantas. Bagaimana hasil penelitiannya? Semua peserta di kelompok A, ternyata memalsukan data tentang bunyi tetotnya. Sedangkan volunteer kelompok B semuanya mengakui secara jujur semua bunyi tetotnya.

Penelitian itu kemudian mengkonfirmasi bahwa; perasaan diawasi, membantu manusia untuk berkata, bersikap, dan bertindak secara jujur.

Ngomong-ngomong, kenapa saya menyebutnya sebagai ‘study tentang muthaffifiin’? Karena. Demikianlah tertulis didalam Al-Qur’an. Sifat manusia yang wajib kita jauhi dan hindari.

Ternyata, kita ini; kalau menyadari bahwa ada ‘sesuatu’ yang mengawasi kita. Maka kita cenderung untuk jujur. Sebaliknya. Ketika kita mengira bahwa tidak ada sesuatu pun yang mengawasi kita, maka kita cenderung ‘menyembunyikan sesuatu’. Bahkan tega bertindak curang.

Memang demikian sifat manusia. Makanya, Nabi sholallahu ‘alaihi wasallam memberi kita sebuah tuntunan yang disebut sebagai “IHSAN”.

Apakah ihsan itu? Ihsan bermakna kita beribadah – bertindak dan bertingkah laku – seakan-akan kita ini ‘melihat’ Allah.

Misalnya ketika kita di kantor melihat boss kita ada. Tentu kita tidak berani lancang melakukan perbuatan dan tindakan yang bisa membuat penilaian boss kita jelek. Kita berusaha tampil sebaik-baiknya dihadapan boss. Sabda Nabi, seolah engkau melihat Allah. Tentu, kedudukan Allah melampaui boss yang manapun juga.

Tapi kan tidak mungkin kita bisa melihat Allah. Maka kata Nabi, “Jika pun engkau tidak bisa melihat Allah. Maka sadarilah bahwa Allah, senantiasa melihatmu.”

Misalnya boss Anda nggak kelihatan batang hidungnya. Lantas, apakah Anda yakin dia tidak melihat gerak-gerik Anda? Anda, perlu tahu bahwa para boss sekarang bisa menggunakan Surveillance Technology untuk selalu menyimak perilaku para pegawainya. Kamera cctv contohnya.

Fakta bahwa boss Anda bisa melakukan pengawasan tanpa keberadaan dirinya bisa dilihat anak buahnya, menunjukkan bahwa; betapa mudahnya bagi Allah melihat segala tindakan kita. Sehingga, tak bisa kita berdusta. Atau melakukan kecurangan maupun keculasan tanpa ketahuan. Bakal ketahuan. Bakal ketahuan!

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Maka wailul lil muthaffifiin. Celakah orang yang curang, demikian Allah berfirman kepada orang-orang yang mengira bahwa kecurangannya tidak disaksikan. Sehingga berani sewenang-wenang dan hanya mementingkan nafsu serta keserakahan. Melakukan segala cara demi mencapai tujuan. Wailul lil muthaffifiin.

Semoga, kita tidak termasuk orang yang celaka itu. Semoga, kita tidak termasuk golongan Al-Muthaffifiin itu. Yaitu sekelompok manusia yang mengira bahwa Allah tidak menyaksikan kecurangan dan ketidakjujurannya.

Dan semoga pula, kita dilindungi oleh Allah; dari keburukan dan kerusakkan yang ditimbulkan oleh para Muthaffifiin.

Selamat hari Jumat sahabat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Allah; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:everydayhealth

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.