Tuesday , June 25 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Kalau Direkturmu Berhalangan

Kalau Direkturmu Berhalangan

NCIS is back. Pelajaran pentingnya sudah saya peroleh sejak episode awal di session 16 ini. Selama Leon Vance menjalani masa pemulihan, maka dia cuti tugas kepemimpinannya sebagai Direktur NCIS. Lalu siapa yang menjadi care taker-nya?

Tentu saja Jethro Gibbs. Siapa lagi yang lebih senior dari dia kan? Bukan hanya senior umur. Tapi senior pengalaman dan kemampuan dalam menyelesaikan kasus-kasus yang mereka hadapi. Kemampuan memimpin team? Tidak diragukan lagi. Bahkan unit yang dipimpinnya sangat bangga dengan ‘code of conduct’ yang mereka sebut Gibbs’ rules.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kalau Direkturmu Berhalangan. Begitu judul artikel ini kan? Ya. Dan itulah relevansi yang ingin saya ajak Anda untuk temukan dalam NCIS episode kali ini. Ya. Kalau direktur Anda berhalangan. Apakah Anda yang diserahi tugas sebagai care taker-nya seperti Gibbs menggantikan peran Vance selama absennya?

Ini pertanyaan berat. Jangan direktur dong ya. Soalnya, tidak semua orang berada pada posisi senior seperti Gibbs. Pertanyaannya saya ganti menjadi; Kalau atasan Anda berhalangan. Apakah Anda yang diserahi tugas sebagai care taker-nya? Ini relevan untuk kita semua. Karena kita, punya atasan. Dimana pun posisi kita.

Hal yang paling mendasarnya sebenarnya bukanlah tentang menggantikan atasan kita sebagai care taker. Bukan soal itu. Kenapa bukan? Karena ini bukan tentang menunggu kapan atasan kita pergi sehingga kita bisa mengambil alih tugas dan fungsinya.

Jadi tentang apa? Ini adalah tentang bagaimana caranya supaya sebagai bawahan, kita memiliki kualifikasi dan kompetensi yang ‘setara’ dengan atasan kita. Kata setara-nya pakai tanda petik. Supaya tidak dimaknai secara leterlek.

Untuk apa manfaat kualaifikasi dan kompetensi setara atasan itu? Dari sudut pandang organisasi, jelas penting. Untuk memastikan proses bisnis berjalan normal jika pejabat definitifnya berhalangan. Itu pertama.

Kedua. Perusahaan juga tidak pusing mencari talenta untuk suksesi, atau implementasi rencana pengembangan bisnisnya. Adalah fakta bahwa banyak perusahaan yang kesulitan mendapatkan talenta handal untuk kedua kepentingan ini.

Jadi, kalau Anda mau mengembangkan diri hingga memiliki kualifikasi dan kompetensi yang ‘setara’ dengan atasan Anda. Maka nilai Anda. Sangat berharga. Anda bakal menjadi aset penting buat perusahaan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika nilai Anda tinggi dimata perusahaan, apakah memiliki kualifikasi dan kompetensi ‘setara’ dengan atasan itu ada manfaatnya buat Anda sendiri? Anda pasti tahu jawabannya. Makanya, saya tidak usah menjelaskannya lagi kan.

Sekarang, mari kita pindah ke pertanyaan penting berikutnya. Bagaimana caranya, supaya kita bisa memiliki kualifikasi dan kompetensi setara atasan kita?

Anda, mungkin sudah tahu juga caranya. Tapi mari kita susun check list-nya. Pertama. Perhatikan jabatan 1 level diatas Anda. Cukup 1 level diatas Anda. Tidak boleh lebih tinggi dari itu.

Kedua. Analisis, apa saja requirement atau persyaratan orang yang tepat untuk menduduki jabatan itu.

Ketiga. Evaluasi, kualifikasi dan kompetensi apa saja yang sudah Anda miliki yang sesuai dengan requirement itu.

Keempat. Cermati kualifikasi dan kompetensi apa yang belum Anda miliki dari requirement itu.

Kelima. Mulai sekarang, gunakan sumber daya yang Anda miliki – waktu, tenaga, pertemanan, peralatan, media dll – untuk membangun kualifikasi dan kompetensi di level ke-4 tadi.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Keenam. Mulai sekarang. Bersikaplah. Bertindaklah. Bekerjalah. Dengan standar requirement jabatan itu. Show that you memiliki kemampuan dan kelas yang lebih tinggi dari jabatanmu sekarang.

Ketujuh. Bangunlah kemampuan lain yang bisa menjadi nilai tambahmu. Yang unik. Yang menarik. Yang bisa memberikan manfaat lebih besar kepada perusahaan.

Kedelapan. Bersihkan hati dari pamrih. Sehingga standar kerja tinggimu itu, akan terus konsisten dalam situasi apapun. Dan dedikasimu akan tetap terjaga. Walaupun keunggulanmu, ada kalanya masih dipandang sebelah mata.

Sabar. Karena kalau saatnya sudah tiba, maka engkau akan memetik buahnya juga. Kenapa? Karena ketika perusahaan membutuhkan seseorang untuk memegang jabatan itu, pasti orang yang paling tepatlah yang mendapatkannya.

Bagaimana kalau ternyata yang terpilih malah orang lain yang kualifikasi dan kompetensinya ‘dibawah’ kita? Ohoho…, bisa jadi itu perasaanmu saja. Coba cek langkah ke-tujuh-mu. Mungkin engkau kalah disitu.

Bagaimana kalau memang engkau sudah benar-benar lebih baik dari orang itu tapi karena ada faktor XYZ yang off the record sehingga orang itu yang dipilih?

Jika faktor XYZ itu hal yang positif dan tidak melanggar norma dan etika, maka itu menjadi langkah ke-7 buat dia. Maka langkah ke-7 orang lain itu, harus engkau tempatkan di langkah ke-4 dan ke-5 bagimu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Bagaimana jika faktor XYZ itu buruk dan tidak pantas untuk diikuti? Bangun langkah ke-7-mu hingga bisa mengimbangi atau melebihi manfaatnya dibanding XYZ itu.

Kalau dengan semua usaha dan tindakanmu itu, ‘kesempatan’ belum juga berpihak kepadamu. Maka belajarlah. Untuk. Memperluas wilayah pergaulanmu. Insya Allah. Selalu ada tempat paling tepat. Untuk setiap orang. And you. May belong to certain places that you may need to explore further.

Tapi sebelum memulai explorasi itu, sekarang mulailah dengan kedelapan langkah yang sudah kita bahas diatas itu. Selamat mencoba.

N.B: Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM” saya cocok untuk karyawan potensial di kantor Anda. Hubungi 0812-1989-9737 email dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

Turning Potential Power Into Professionalism

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:i4cp

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.