Tuesday , June 25 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Miliki Tiga Aspek Penting Ini

Miliki Tiga Aspek Penting Ini

Cukup banyak orang yang merasa bahwa dirinya tidak mendapatkan apresiasi yang memuaskan dalam karirnya. Apresiasi itu banyak bentuknya. Baik berupa finansial, perkembangan karir, maupun bentuk-bentuk lainnya.

Pertanyaannya adalah; Kenapa mereka terus bertahan dalam keadaan itu? Dipaksa oleh kebutuhan. Ya mau bagaimana lagi?

Iya. Tapi mengapa tidak melakukan sesuatu yang bisa membuat keadaan menjadi lebih baik?

Pertanyaan terakhir ini, terdengar seperti sebuah tuduhan. Seolah mereka tidak melakukan apa-apa untuk memperbaiki keadaan itu. Tapi kadang apa yang kita lakukan tidaklah tepat sasaran.

Makanya, walaupun sudah melakukan banyak hal. Tapi kita masih tersisihkan. Tersingkir dari arena persaingan karena orang lain, melakukan sesuatu yang lebih tepat sasaran.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Memangnya apa yang ‘orang lain’ itu lakukan? Dalam menjalani karirnya, orang-orang yang mendapatkan hasil memuaskan itu berusaha keras agar dirinya memiliki 3 aspek penting yang memungkinkan mereka menang dalam persaingan dengan para pekerja lainnya. Apa saja ketiga aspek penting itu?

Pertama. Reputasi. Apa itu reputasi? Citra tentang diri kita yang dibangun dari pemikiran, sikap dan perilaku kita secara konsisten dimasa lalu. Misalnya, dimasa lalu kita dikenal orang lain sebagai pribadi yang ulet. Maka keuletan menjadi reputasi kita. Tentu, itu reputasi baik.

Jika dimasa lalu Anda dikenal orang sebagai orang yang suka ingkar janji, misalnya. Hanya misalnya. Maka itu akan menjadi reputasi buruk yang sulit untuk diperbaiki. Walaupun Anda berjanji untuk tidak ingkar janji lagi. Apa yang terjadi dimasa lalu, lebih meyakinkan daripada apa yang kita janjikan lagi dimasa depan.

Maka untuk mendapat reputasi yang baik, pilihan kita hanya satu yaitu; menjaga pemikiran, sikap dan perilaku kita saat ini. Karena semua hal tentang kita hari ini, akan mewarnai reputasi kita dimasa depan.

Contoh lain. Kepada orang yang punya reputasi jujur, orang lain bersedia memberinya kepercayaan. Kepada orang yang punya reputasi sebagai pekerja yang bertanggungjawab, selalu saja ada orang yang bersedia memberinya tanggungjawab yang lebih besar.

Dengan reputasi itu, kita mendapatkan peluang. Lantas, reputasi apa yang sudah kita miliki? Jika belum, maka kita perlu membangunnya mulai sekarang.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kedua. Kompetensi yang mumpuni. Buat karyawan mah, kompetensi itu seperti bensin untuk sebuah kendaraan. Biar sebagus apapun spesifikasi kendaraan itu, kalau nggak punya bensinnya; nggak bakal bisa jalan itu kendaraan. Lalu bagaimana kalau mau memakainya? Didorong-dorong? Alamat dengkul kopong.

Ini aspek yang sepenuhnya disadari. Baik oleh sang pekerja. Maupun sang pemberi kerja. Tapi ini juga aspek yang sering diabaikan. Baik oleh sang pekerja. Maupun sang pemberi kerja.

Bukankah banyak perusahaan yang tidak begitu berkomitmen untuk mendidik dan melatih karyawannya? Mereka maunya menuntut hasil kerja yang bagus. Tapi enggak mengalolasikan sumber daya untuk pendidikan dan pengembangan karyawan.

Bukankah banyak pula karyawan yang tidak memiliki kemauan kuat untuk bertumbuh dan berkembang? Mereka maunya dibayar mahal. Tapi enggak mau berusaha untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas profesionalnya.

Anda bagaimana? Bangun kompetensi yang mumpuni. Maka Anda, bakal menjadi orang yang lebih dihargai. Dan lebih banyak mendapat manfaat dari karir atau pekerjaan yang Anda tekuni.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ketiga. Komunikasi. Ini masalah klasik yang sering kita temui. Faktanya, banyak orang bagus yang tidak mendapat manfaat dari keunggulan yang dimilikinya. Hanya karena buruk kemampuan komunikasinya.

Peluang sering didapat oleh orang-orang biasa yang mempunyai kemampuan komunikasi mumpuni. Kenapa? Karena dengan kemampuan komunikasi itu, dia bisa menyampaikan gagasan. Walaupun gagasan itu biasa-biasa saja. Apa gunanya gagasan hebat yang tidak bisa dikomunikasikan, iya kan?

Lebih dari itu, kemampuan komunikasi memungkinkan seseorang untuk membangun hubungan atau relationship dengan para pengambil keputusan. Sehingga ketika sang pengambil keputusan itu membutuhkan sesuatu, lumrah jika pilihannya jatuh kepada orang yang punya hubungan dengannya.

Anda? Sudah sebaik apa kemampuan komunikasinya? Jika masih harus ditingkatkan lagi kualitasnya, mungkin ini saat yang tepat untuk memulainya.

Itu sih ketiga aspek penting yang dimiliki oleh orang-orang yang saya lihat betah banget dengan pekerjaannya, daaaan… hepi sekali menjalani pekerjaan pilihannya. Semoga kita juga bisa demikian.

N.B: Untuk membekali talenta muda, saya punya Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM“. Untuk membekali leadernya, saya punya training “HOW TO BECOME A PEOPLE BUILDER“. Hubungi 0812-1989-9737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
http://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Yourstory

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.