Tuesday , March 26 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Past Present And Future Karir

Past Present And Future Karir

Selama sepekan kemarin saya full berada di area pertambangan di pedalaman Kalimantan. Itu merupakan perjalanan ‘terdalam’ saya. Hingga tiba dititik dimana kita bisa ketemu pohon yang besar banget dan tinggiiii menjulang. Pohon alami aseli. Bukan hasil reboisasi.

Saya bawakan oleh-oleh untuk Anda. Sebuah cerita. Yang buat para profesional muda, bakal sarat makna dan pelajaran. Di hari terakhir dalam perjalanan kembali ke ‘peradaban’. Kami bercerita. Saya, kena giliran untuk lebih banyak mendengarkan. Setelah selama seminggu, kini giliran mereka bicara kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Didalam mobil, ada – boleh dibilang – pemegang otoritas tertinggi di tambang itu. Wakil manajemen dari Jakarta. Dan midle management (MM) operasional tambang. Plus saya. Dan drivernya tentu saja.

Paling cocok untuk saya bagikan diforum ini adalah cerita sang MM. Masuk kategori boss. Di level menengah. Ini orang pintar. Pekerja keras. Dan pembelajar yang selalu lapar. Apa pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari beliau? Yaitu, bagaimana beliau bisa sedemikian menguasai tugas dan tanggungjawab yang diembannya.

Gampangnya begini; bagaimana seseorang bisa mencapai kualifikasi yang sedemikian tingginya dalam penguasaan dan pelaksanaan tugas yang diembannya.

Saya yakin Anda juga mengagumi kualitas seseorang di kantor Anda kan? Atau mungkin orangnya beda kantor. Anda mengakui kehandalannya. Respek kepadanya. Dan Anda bilang; begini seharusnya seorang leader….

Bagi orang-orang muda, khususnya mereka yang ingin meraih pencapaian karir yang tinggi; tentu ingin tahu. Bagaimana dia bisa tiba pada pencapaian setinggi itu? Bukan tinggi jabatannya semata loh ya. Melainkan tinggi kualifikasi profesionalnya. Kan ada orang pegang jabatan tinggi tapi, yaaah begitulah.

Ini tinggi pencapaian karirnya. Dan tinggi pula kualifikasi profesionalitasnya. Bagaimana cara mereka membangunnya?

Ada 2 poin paling penting yang menurut pandangan saya layak untuk kita jadikan catatan pokok. Pertama. Tempaan dimasa lalu. Dan ke-2, menjadikan tempaan itu; sebagai sarana untuk membangun keunggulan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kita bahas yang pertama dulu ya. Tempaan dimasa lalu. Mari perhatikan bahwa ‘saat ini’ kita, akan menjadi ‘masa lalu’ kita dimasa depan. Betul demikian? Iya. The past. The present. The future. Nyambung semua tuch.

Oleh karenanya. Ketangguhan, pencapaian dan kualifikasi profesional yang akan kita dapatkan dalam karir kita dimasa depan, berkorelasi dengan tempaan yang kita alami disaat ini. Betul demikian? Iya. Setuju ya.

Jika demikian maka. Hari ini. Saat ini. Ditempat Anda bekerja sekarang ini. Seharusnya Anda mendapatkan tempaan yang luar biasa berbobotnya. Supaya dimasa depan, kualifikasi profesional Anda; mumpuni. Betul kan? Iya.

Yang menjadi persoalan adalah; kita sering kurang sadar soal itu. Makanya. Kalau saat ini kita ditempa dengan tantangan berat, kita merasa keberatan. Ogah. Menghindar. Bahkan memberontak.

Padahal, kita paham bahwa; Ketangguhan, pencapaian dan kualifikasi profesional yang akan kita dapatkan dalam karir kita dimasa depan, berkorelasi dengan tempaan yang kita alami disaat ini.

Pak MM yang kita bicarakan itu. Hari ini merupakan sosok yang tangguh, dan mumpuni. Prosesnya, ya persis seperti itu. Bahwa dimasa lalu. Ketika dia menjadi operator, ditempa sedemikian beratnya. Boleh dibilang, tempaan lahir dan batin deh. Kisahnya, bisa dikonfirmasi karena didalam mobil ini ada orang-orang yang paham benar tentang industri pertambangan, termasuk para pemain utamanya. Ya kawan jugalah istilahnya. Big industry. But small world.

Dan ini, bukan obrolan pilpres. Jadi nggak cocok kalau ngibul melulu. Percuma juga kan. Orang yang denger juga tahu kok kalau omongannya itu bo’ong. Meminjam istilah pak RG, orang ungud aja yang masih mau percaya kata-katanya.

Kita perdalam ceritanya dengan bertanya mengenai beberapa case menarik dan krusial yang berhasil ditangani oleh pak MM. Oya, sebelum diteruskan. Bagi teman-teman yang pekerja kantoran diatas kursi empuk dalam ruangan ber-AC, fyi; situasi kerja di tambang itu beda banget dengan suasana kerja di kawasan segitiga emas busines district-nya Sudirman alias SCBD loh. Kerja di tambang mah… berat. Biar aku aja… hahaha.

Ada banyak kejadian krusial yang bisa dihandlenya dengan sangat smooooth. Gimana ceritanya? Nah ini lebih menarik lagi. Rupanya. Dulu. Di masa-masa awal karirnya, pak MM pernah mengalami situasi itu. Atau pernah melakukannya. Atau pernah menjadi korbannya. Atau pernah terkaitlah dengan kondisi serupa itu. Maka ketika hal sejenis terjadi sekarang. Itu, jadi barang enteng. Anda paham kan ya?

Kesimpulan pertama; Anda, butuh tempaan yang berbobot. Agar bisa menjadi profesional handal dan mumpuni dimasa depan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kita bahas poin ke-2 sekarang, yaitu; menjadikan tempaan yang Anda alami itu sebagai sarana untuk membangun keunggulan.

Saya mau tanya; apakah situasi kurang asyik dikantor Anda itu hanya berlaku pada diri Anda sendiri? Ataukah orang lain juga mengalami hal yang sama? I can tell you. Bahwa. Nggak cuma eloh yang mengalami tempaan berat itu. Betul ya? Iya.

Sama seperti tempaan berat yang dialami oleh pak MM kita itu. Tentu, bukan hanya dia yang mengalaminya. Karena situasi kerja yang ketat dan keras di tambang itu; memang begitulah kerja di tambang. Semua orang tambang mengalaminya.

Sama seperti tuntutan kerja yang kita hadapi di kantor masing-masing. Kalau kerjaan kita bener-bener sesuai dengan karakter industri, pasti situasinya tidak selalu gampang kan? Dan itu, berlaku untuk semua orang.

Pertanyaannya adalah; kenapa dari semua orang itu, hanya ada segelintir orang mendapat manfaat dari tempaan berat itu dalam kehidupan karirnya dimasa depan?

Kenapa? Karena, yang semestinya kita lakukan ketika menjalani tempaan yang berat itu adalah; menjadikan tempaan itu sebagai sarana untuk membangun keunggulan. Dan yang mau begitu, cuman sedikit.

Seperti pak MM itu. Ditempanya sama seperti orang lain. Kita juga. Ditempa dengan tantangan, tuntutan, dan kesulitan serta situasi kerja yang sama seperti orang lain. Tapi hasil akhir. Dan dampak dari tempaan itu. Bakal beda.

Jika kebanyakan orang kelak hanya akan mengenang tempaan yang dialaminya saat ini sebagai kenangan buruk, kesedihan atau ketidaknyamanan. Maka orang yang mau dan sanggup menjadikannya sebagai sarana membangun keunggulan, akan bilang; Ah, dulu pun saya pernah mengalami permasalahan itu. Pahamlah saya cara mengatasinya… begitu.

Jadi kesimpulan ke-2; Anda mungkin mengalami situasi kerja yang sama dengan orang lain. Tapi apakah situasi yang Anda alami itu akan berguna atau tidak, sangat ditentukan oleh kemauan Anda. Untuk menjadikannya sebagai sarana membangun keunggulan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

So. Apa yang harus dilakukan jika saat ini Anda berada pada situasi kerja yang berat? Bersyukurlah. Karena Allah, sedang memberi kesempatan kepada Anda; untuk menjadi profesional handal yang mumpuni dimasa depan. Insya Allah. Aamiin…

N.B: Untuk membekali talenta muda, saya punya Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM“. Untuk membekali leadernya, saya punya training “LEADING & DEVELOPING PEOPLE“. Hubungi 0812-1989-9737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
http://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:youtube

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.