Sunday , September 22 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Mengatasi Grogi Saat Melakukan Hal Baru

Mengatasi Grogi Saat Melakukan Hal Baru

Suka atau tidak, dalam hidup; selalu ada hal baru yang harus kita lakukan. Betul ya. Misalnya, berbicara dihadapan camer. Memperjuangkan sesuatu yang sangat penting buat masa depan, atau presentasi didepan boss besar. Persis dimenit-menit terakhir menjelang pelaksanaannya; dada kita berdebar-debar. Terasa panas dingin, lalu keringat pun membanjir.

Setahu saya, hanya sedikit orang yang ketika melakukan suatu hal baru; bisa langsung ‘ON’. Kebanyakan orang, butuh masa penyesuaian terlebih dahulu. Anda termasuk jenis yang mana? Ah, gak usah dijawab. Ganti aja pertanyaannya; apa yang harus dilakukan jika kita khawatir, ragu atau grogi ketika hendak melakukan suatu hal yang baru?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Giliran anak perempuan berusia 14 tahun yang naik ke panggung America GT. Dari cara berjalannya. Wajahnya. Seluruh penampilannya. Menunjukkan bahwa dia grogi banget. Terlebih ketika para juri mengajukan beberapa pertanyaan. She was just a chlid.

Ketika dipersilakan untuk menunjukkan talentanya, para penonton was-was. Antara berharap yang terbaik, dengan rasa kasihan. Dan ketika musik mulai berbunyi, anak itu menunjukkan gaya yang benar-benar aneh.

Bukan aneh karena tidak pernah melihat gaya dan penampilan seperti anak gadis itu. Tapi aneh karena ya memang aneh banget. Semacam freak gitu deh. Tapi well, ini kan kontes. Kalau memang dia tidak bagus; kan nanti juri tinggal pencet tombol tetot aja.

Wajah penonton yang kesorot kamera berubah jadi cemas. Bahkan ada yang agak ‘ngenyek’ gitu deh. Tapi ketika suara pertama keluar dari mulut gadis itu. Tiba-tiba semua seolah terperanjat. Rupanya. Mereka tengah menatap kearah seorang bintang yang baru lahir.

Ketika lagu yang dibawakannya berakhir, dia mendapatkan standing ovation. Kemudian disusul dengan Golden Buzzers dari juri. Catatan: golden buzzers yang dimaksud disini adalah penghargaan tertinggi yang bisa diberikan oleh juri kepada kontestan istimewa. Bukan buzzer yang merujuk kepada orang-orang bayaran yang disuruh menyebarkan berita-berita dusta kandidat pemilu yang menghalalkan segala cara loh ya.

Melalui golden buzzers itulah sang gadis cilik yang grogi itu mencontohkan kepada kita bahwa; ketakutan kita sebelum memulai suatu hal baru tidak mewakili kemampuan kita yang sesungguhnya. Kita ini mampu. Tapi karena ragu. Takut. Atau grogi itu tadi. Maka kita hanya diam saja jadinya.

Itulah sebabnya. Mengapa banyak orang hebat yang tak mampu meraih pencapaian tinggi. Walaupun sebenarnya dia bisa. Tapi karena ragu, ya tidak bisa mengaktualisasikan kehebatannya secara produktif.

Jadi. Sebenarnya normal jika kita merasa ragu. Khawatir atau bahkan takut melakukan suatu hal baru yang penting bagi hidup kita. Tapi kekhawatiran itu mesti ditempatkan dalam posisi dan porsi yang tepat.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Posisi dan porsi yang tepat itu seperti apa? Posisi. Kita memposisikan kekhawatiran tersebut sebagai sebuah alert system untuk mengingatkan kita bahwa hal baru itu beresiko menakutkan, bahkan membahayakan. Apa gunanya? Untuk mendorong kita agar waspada. Hati-hati dan teliti. Supaya resiko itu tidak terjadi. Atau bisa diminimalkan dampak buruknya hingga serendah mungkin. Atau jadi nol.

Porsi. Mirip maknanya dengan dosis obat. Kalau terlalu sedikit tidak efektif. Kalau terlalu banyak bersifat racun. Jadi. Harus diatur porsinya sedemikian rupa sehingga efeknya pada tubuh kita optimal.

Kalau porsi kekhawatiran dalam diri kita rendah sekali atau sama sekali tidak ada, misalnya. Maka kita bisa menjadi orang yang cuek bebek. Tidak terdorong untuk melakukan hal-hal bermakna dalam hidup. Sebaliknya, jika terlalu banyak porsi kekhawatira itu; maka kita bisa menjadi orang yang takut untuk memulai hal baru. Kepikiran sih idenya mah, tapi saat hendak mengimplementasikan; nggak jadi. Karena, sudah sangat takut duluan.

Terus gimana dong mengatasinya. Ada banyak. Tapi kita pilih 2 hal aja ya untuk dibahas. Pertama, persiapkan diri sebaik-baiknya sebelum hal baru itu kita lakulan. Semakin baik persiapannya, latihannya, prakteknya; biasanya kita makin confidence. Maka rasa khawatir pun perlahan akan menyingkir.

Ke-2. Tawaqqal kepada Allah yang maha kuasa. Kenapa? Karena. Tidak ada peristiwa apapun dimuka bumi ini yang bisa terjadi tanpa ijin dari Dia. Minta saja Allah untuk menghindarkan kita dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi kepada kita. Gara-gara hal baru yang mau kita kerjakan itu. Supaya ketika melakukannya; kita dilimpahinya dengan jiwa yang merasa tenang.

Jika sudah memiliki ke-2 hal itu. Selanjutnya, ya tinggal dilakukan sajalah. Insya Allah. Segala sesuatunya. Akan. Baik-baik saja. Bismillaah. Walaa haula. Walaa quwwata illaa billaaah.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ohya. Satu lagi ya. Tips yang kita bahas ini hanya berlaku untuk hal-hal yang baik saja ya. Tidak berlaku untuk perbuatan buruk. Jika hal baru yang membuat kita grogi itu bukan hal baik, atau dosa, nista, atau melanggar aturan Allah; ya sudah hindari saja.

NB: Untuk membangun Team yang berkinerja tinggi itu membutuhkan seni kepemimpinan yang mumpuni. Saya punya Training “BUILDING HIGH PERFORMING TEAM” terkait subyek itu. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Oprah

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.