Tuesday , June 25 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Antara Percaya Diri Dan Takabur

Antara Percaya Diri Dan Takabur

Sifat percaya diri itu positif kan ya? Iya. Kalau takabur? Nah, itu nggak bagus. Terus bagaimana cara mengetahui apakah kita ini pribadi yang percaya diri atau orang yang takabur?

Tapi penting banget nggak sih memahami itu? Menurut saya, iya. Karena selain berdampak pada kegairahan orang yang bersangkutan, hal itu juga berdampak secara sosial maupun spiritual.

Ini bukan hanya soal jadi semangat dan antusias. Melainkan juga soal bagaimana orang lain meresponnya secara sosial. Dan. Soal bagaimana Allah memandangnya secara spiritual.

Hloh, kok membawa-bawa Allah segala. Jangan bawa-bawa agama dalam urusan pekerjan dong… katanya. Sudahlah, jangan Anda ikuti orang yang nggak percaya sama akhirat. Kita mah, yakin aja bahwa segala tindak tanduk kita didunia ada kaitannya dengan akhirat kita. Maka Allah, tidak bisa dipisahkan dari aspek apapun dalam kehidupan kita.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Bentar dulu. Takabur itu apa sih sebenarnya? Ya. Takabur itu, padanan kata sehari-harinya adalah; shombong! alias menyombongkan diri. Atau membanga-banggakan diri. Atau. Orang yang menganggap dirinya lebih baik dari orang lain. Itu takabbur.

Didalam kitab suci, orang-orang yang takabur itu disebut sebagai ‘al-mutakabbiriiin’. Dan Allah, sangat tidak menyukainya. Sangat. Banget. Kenapa? Karena, hanya Allah satu-satunya yang layak untuk menyombongkan diri kan? Maka Dia punya nama AL-MUTAKABBIR, dalam asma’ul husna. Maknanya, yang tidak ada tandingannya.

Maka hati-hatilah ketika hendak membangkitan rasa percaya diri. Jangan sampai terperosok kepada ketakaburan.

Masalahnya. Kita kadang tidak sadar kalau tindakan kita itu termasuk takabur. Makanya, tidak semua orang takabur menyadari ketakaburannya. Dia mengira itu percaya diri. Padahal takabur. Jadi, takaburnya ‘nggak sengaja’. Itulah sebabnya, kita perlu memahami apa bedanya percaya diri dengan takabur.

Jadi gimana dong? Baik. Kita mulai ya. Ada 2 hal yang membedakan apakah kita ini percaya diri atau takabur.

Pertama. Percaya diri itu sifat yang mengedepankan kemampuan diri sendiri. Bukan membandingkannya dengan orang lain.

Contoh. Kalau Anda bilang ‘AKU ORANG BAIK’ itu percaya diri. Positif. Bagus. Betul begitu kan? Berul. Ini tentang diri kita sendiri kan? Bukan membandingkan diri dengan orang lain.

Tapi kalau Anda bilang ‘AKU ORANG YANG PALING BAIK’. Maka disitu Anda sudah keluar dari konteks percaya diri, lalu masuk ke dalam kategori takabur.

Kenapa? Karena Anda sudah membandingkan diri dengan orang lain kemudian mengklaim bahwa diri Andalah yang paling baik. Atas dasar apa? Cuma klaim pribadi aja. Tipis kan bedanya ya?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kalau bilang “Blablabla #1?” Kan lagi ‘nge-trend’ tuch sekarang para pesohor yang suka begitu? Sama saja. Lebih condong takabur dari pada percaya diri. Atas dasar apa kita mengklaim hal itu kan? Nggak ada dasarnya.

Kalau menyebut diri sebagai THE BEST atau yang terbaik? Apakah takabur juga? Jika predikat ‘the best’ itu memang Anda dapatkan dari kompetisi atau melalui proses adu kompetensi, maka itu sah-sah saja. Anda boleh memajangnya dalam CV. Figura-in tuch sertifikatnya. Atau dimejengin pialanya di ruang tamu. Boleh.

Tapi kalau nggak ngikut kontes apapun tiba-tiba jebret aja nyebut dirinya sebagai ‘the best dalam bidangnya’, lah itu jelas takabur. Maksudnya sih biar semangat. Tapi karena tanpa dasar, jadinya takabur juga.

Ke-2. Untuk menunjukkan sikap percaya diri, kita tidak perlu ‘mengumumkannya’ kepada orang lain. Kalau kita gembar-gemborkan, itu namanya proklamasi. Cukup menjadi keyakinan diri saja bahwa kita memang sebaik itu. Atau kita, kapabel dalam melakukan sesuatu. Katakan itu pada diri sendiri. And, DO IT!

Contoh: Jika untuk membangun rasa percaya diri Anda perlu menyatakan “AKU ORANG BAIK” tadi, cukup ikrarkan saja didalam hati. Atau dikamar. Atau di tempat dimana Anda sedang menyendiri. Lalu ikuti dengan polah dan tingkah yang baik. Itu percaya diri.

Tidak usahlah Anda memproklamirkannya kehadapan orang lain sampai kartu nama Anda juga bertuliskan “Nama Anda plus embel-embel AKU ORANG BAIK”, misalnya. Apalagi pake “AKU ORANG BAIK #1”. Nomor 2-nya siapa? Lah, kibul yang kayak gitu mah. Takabur banget. Padahal, nggak ada dasar faktual apapun untuk mengklaim itu.

Emang kan ya, yang #1 mah kebanyakan ngeklaim. Sampai hasil kerja orang lain aja diklaim sebagai prestasinya sendiri kan. Begitu fakta sebenarnya dibuka publik, preeet deh. Ketahuan tukang klaim kosong melompong. Takabur dikombinasi dengan bo’ong. Tinggalin aja yang begitu mah. Tuman!

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Sudah bisa membedakan antara percaya diri dengan takabur kan ya? Coba deh perhatikan ke-2 hal diatas. Supaya niat kita untuk meningkatkan rasa percaya diri itu tidak malah menjerumuskan kita kepada sifat takabur. Walaupun nggak bermaksud begitu, tapi tetep aja nggak asyik kan.

Dan perlu diingat. Bahwa takabur itu, adalah penyebab kenapa iblis dimurkai Allah. Dia merasa dirinya lebih baik dari Adam kan? Nah kita. Boleh banget punya rasa percaya diri yang tinggi. Tapi. Tidak perlu merasa diri lebih baik dari orang lain.

Kalau kita emang beneran lebih baik dari orang, gimana? Yaudah. Tunjukkin aja dengan tingkah laku. Kinerja. Prestasi. Dan pencapaian-pencapaian yang istimewa. Maka orang lain pun akan mengakui keungulan diri kita tanpa harus kita sendiri yang menggembar gemborkannya kan? Ooke deeh….

N.B: Untuk membekali talenta muda, saya punya Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM“. Untuk membekali leadernya, saya punya training “HOW TO BECOME A PEOPLE BUILDER“. Hubungi 0812-1989-9737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
http://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:weheartit

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.