Saturday , April 20 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Keunikan Itu Milikmu

Keunikan Itu Milikmu

Perhatikan orang-orang disekitar Anda. Apakah ada yang sama persis satu sama lain? Yang mirip wajahnya aja jarang ya. Apalagi yang sama segala-galanya. Tapi. Kenapa ya, kita kok cenderung melakukan hal yang sama dengan cara yang sama?

Sebenarnya Allah sudah menunjukkan betapa Dia yang maha kuasa telah menciptakan kita dengan keunikan masing-masing. Sidik jari, adalah salah satu buktinya. Dan ada banyak ayat dalam Al-Quran yang memaparkan. Termasuk buah-buahan. Yang kita petik dari pohon yang sama saja buahnya bisa berbeda.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Maka dengan keunikan itu, kita tampil menjadi pribadi yang berbeda dari orang lain. Lalu, apa tujuan penciptaan yang berbeda-beda itu? Untuk saling melengkapi dan berkontribusi melalui kelebihan yang dimiliki. Sehingga kita tidak harus saling menyaingi. Dan kita, bisa saling berinteraksi dalam hubungan yang penuh harmoni.

Dengan cara pandang seperti itu, akan selalu ada ruang untuk perbedaan. Ada ruang untuk berkreasi. Dan ada ruang, untuk bertoleransi. Why? Because we are simply unique one to another.

Itu dari aspek hubungan antar manusia. Dalam konteks kreativitas? Keunikan adalah sebuah keunggulan kompetitif perusahaan. Apa yang menentukan keputusan ketika memilih produk atau layanan dari sekian banyak alternatifnya?

Saya sering banget bertemu dengan klien yang concern tentang daya kreasi para karyawannya. Why is it so hard to dorong mereka untuk melahirkan ide dan karya atau cara kerja yang kreatif? Why most of the workers hanya melakukan tindakan yang itu lagi dan itu lagi dan itu lagi selama hari2 kerjanya. Whaaaaaaaay?

Kesadaran bahwa dirinya adalah orang yang diciptakan Allah dengan keunikan. Itu akar pertamanya kalau menurut saya. Akar ke-2, mereka jarang diberi kesempatan untuk menghasilkan dan menerapkan ide kreatif. Gitu.

Sudah ada beberapa situasi dimana saya buktikan kepada para pemimpin perusahaan atau lembaga2, bahwa; anak buah mereka, punya kemampuan menghasilkan gagasan kreatif. Kuncinya ya cuma 2 itu. Pertama sadar akan keunikan dirinya, dan ke-2; diberi tempat untuk mengekspresikan keunikan dirinya secara produktif.

Dari aspek sosiologis? Keunikan merupakan kekayaan sosial yang jika berhasil disatukan, bakal menjadi kekuatan yang mencengangkan. Contoh. Apakah Anda mengikuti berita tentang peristiwa akbar yang baru saja terjadi di Ibu Kota? Mungkin tidak tahu ya. Soalnya tidak diliput oleh media mainstream. Tapi di sosmed dan media online berseliweran.

Jutaan orang berkumpul di stadion, untuk melakukan sebuah kegiatan yang ‘diluar kebiasaan’ alias luar biasa. Jarang ada panitia yang bisa mengumpulkan orang sebanyak itu kan? Apa lagi waktu kumpulnya jam 3 pagi. Jam 3 pagi loh. Jam 3 pagi.

Lalu apa memangnya yang dilakukan event organizernya sehingga publik pada berdatangan dari segala penjuru hingga hotel-hotel disekitar venue fullybooked oleh mereka? Keunikan.

Ya keunikan yang mereka lakukan. Walau pun, dimata sebagian orang yang berpikiran sempit itu dianggap sebagai ketidaklaziman mencurigakan. Dan dalam pandangan orang-orang yang hatinya dipenuhi dengki, disebut sebagai penyimpangan syariat. Tapi tetep saja, mengagumkan bagi orang-orang baik. Mengerikan bagi orang-orang dengki. Anda tahu event yang saya maksud? Ya. Event 7 April itu.

Dang. Kita kan tidak selalu bisa mempengaruhi keputusan pimpinan. Wajarlah kalau tidak bisa ngapa-ngapain dengan keunikan yang kita miliki ini.

Ada benarnya juga. Tapi. Tak usah pula menjadikan itu sebagai penghalang kita dalam mengeksplorasi keunikan yang kita miliki. Think creatively. You will see the way to menjadikan keunikan itu sebagai keunggulan pribadi.

Kenapa? Karena, ada sebuah fitrah manusia yang tidak bisa disangkal. Yaitu, manusia itu; seneng kepada orang yang memberi manfaat. Bener nggak? Kalau ada orang yang bisa memberi manfaat, maka dia akan diterima oleh orang lain. Betul begitu kan? Iya.

Maka. Sekarang kita tahu bahwa, kunci untuk mendayagunakan keunikan dan pasti akan diterima itu sederhana sebenarnya. Yaitu. Gunakan keunikan yang kita miliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Pasti selalu ada ruang bagi kita untuk menggunakan keunikan itu kan. Sudah tahu kan Anda sekarang? Sudah.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kok saya tahu soal itu sih? Tahu dong. Karena Rasulullah telah mengajarkan kepada kita melalui sabdanya bahwa;”Sebaik-baiknya manusia, adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Melakukan sesuatu yang bermanfaat yang sama dengan orang lain aja bagus. Apa lagi kalau manfaat yang kita berikan itu kita buat atau kita lakukan dengan keunikan yang kita miliki. Maka, selain baik. Juga unik. Bagaimana kira-kira respon orang lain? Mantaplah itu.

So. Sudahkah Anda mengenali keunikan diri Anda? Dan sudahkah Anda gunakan keunikan itu untuk memberi manfaat kepada orang lain? Mari bersama saya kita daya gunakan. Karena keunikanmu itu, milikmu.

Dan dengan keunikan masing-masing, kita bisa bersinergi melalui manfaat yang bisa kita kontribusikan. Sehingga kita, bisa menjadi manusia terbaik. Yaitu manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Sebagaimana Rasulullah telah ajarkan.

NB: Corporate Alignment atau SINERGI merupakan salah satu tantangan terbesar bagi semua perusahaan. Walaupun punya SDM yang bagus, tapi jika tidak “SINERGI” satu sama lain; maka kinerja perusahaan tidak akan optimal. Terkait hal itu, kami merancang “S-TED Simulation: Strengthening Corporate & Organizational Alignment”. Durasi 1 hari. Jumlah peserta 25-40 orang per batch. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner

S-TED Training

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Ease Technology

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.