Wednesday , July 17 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Untuk Berhasil Meraih Suatu Pencapaian

Untuk Berhasil Meraih Suatu Pencapaian

Menurut pendapat Anda, apa yang membuat seseorang berhasil meraih sebuah pencapaian? Tentu Anda sudah punya jawabannya kan ya. Baik, apakah ada yang menjawab; kompetensi, kesempatan, fasilitas yang memadai, pelanggan, kemauan, diijinkan Allah; atau kombinasi semua itu ya.

Jadi kalau seseorang mempunyai semua prasyarat diatas, maka dia dijamin bakal meraih keberhasilan ya kan? Kurang apa lagi coba. Semua lengkap. Pasti bisa kan? Iya. Setidaknya itu yang saya kira selama ini.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi pagi ini, saya mendapat pelajaran berharga dari sumber yang tidak terduga. Saya ada tugas memfasilitasi sebuah event training hari ini. Untuk para manager di suatu BUMN, di sebuah hotel di sekitar cempaka putih. Untuk menuju ke lokasi, saya menggunakan jasa taksi online.

Setelah order, dapatlah driver dengan perkiraan waktu jemput 9 menit. Okelah. Saya pun menunggu, sambil sesekali memonitor posisinya sudah dimana. Wah, sudah dekat. Sekitar 2 menit lagi dia sampai. Saya pun bersiap berangkat. Tapi. Tiba2 orderan saya ngilang, dengan catatan ‘driver has canceled your order…’. Beueueuh…. kenapa nggak dari tadi yak?

Saya pun ganti aplikasi, lantas order lagi. Dapat. Dengan waktu tunggu 4 menit. Not badlah. Tapi sejenak kemudian muncul pesan ini: “Mohon maaf, nomor mobil saya ganjil nih hari ini tanggal genap. Mohon maklum.”

Anda sudah melihat perbedaan antara driver 1 dan driver 2? Mana yang Anda suka? Driver 1 atau 2? Yakin deh pandangan kita sama. Driver ke-2. Iya kan?

Iya sih. Tapi kan kedua driver itu sama2 tidak mendapatkan orderan ini? Betul… karena saya juga memutuskan untuk mengcancel dan membuat orderan baru lagi. Tapi tunggu dulu. Sebelum itu, ada pesan masuk lagi darinya. Saya baca, begini bunyinya; “Kalau mau, masuknya dari taman mini…”

Sekarang bagaimana kira2 kelanjutannya? Yup. Saya yang sudah siap mengcancel ini kemudian berpikir; andai saya nyetir sendiri. Dan plat nomor mobil saya tidak sesuai dengan aturan ganjil genap, tetep saja nggak bisa masuk lewat pintu toll cibubur kan? Now. Siapa yang dapat rezeki itu? Driver nomor 2 ini dong. So pasti…

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Mari hentikan pembicaraan tentang driver online itu sekarang. Lalu pelajaran apa yang kita dapatkan? Ternyata, yang membuat seseorang berhasil meraih suatu pencapaian itu tidak semata-mata ada kombinasi semua prasyarat yang sudah kita sebutkan pada paragraf pertama diatas.

Semua itu sudah kita miliki kok. Kita semua memiliki semuanya. Kemampuan? Siapa yang berani mengatakan Anda tidak mampu? Mampu. Kesempatan? Ada, bahkan bisa jadi berseliweran. Fasilitas? Kurang apa lagi coba. Sama kok fasilitas dengan kita fasilitas orang lain. Ijin Allah? Jangan tanya deh. Untuk semua hal baik, Allah suka. Jadi pasti kita dapat ijin dari Allah kan?

Faktanya, semua pra kondisi itu sudah ‘terlebih dahulu’ dimiliki oleh orang yang pertama tadi. Tapi, ada 1 hal yang kurang dari orang itu. Yaitu? Ketika menghadapi kendala, dia langsung berhenti begitu saja.
Bagaimana dengan orang yang ke 2? Dia tidak mendapatkan semua priviledge itu. Dia harus rela ‘dinomor 2-kan’. Iya kan?

Orang ke-2 ini tidak dikasih kesempatan pertama. Itu sudah mengurangi bobot ‘peluang’. Dan ketika akhirnya kesempatan itu dia dapatkan. Dia juga menghadapi kendala yang sama. Ini tanggal 22. Sama menjadi kendalanya seperti yang dihadapi orang pertama tadi. Tapi kita semua tahu, siapa yang berhasil dalam konteks ini kan?

Maka sekarang kita boleh mengambil kesimpulan bahwa untuk meraih sebuah keberhasilan. Ternyata selain adanya semua prasyarat diatas, ada 2 keutamaan lain yang mesti kita miliki. Yaitu pertama, keberanian untuk mencari solusi atas kendala-kendala yang kita hadapi. Betul ya? Iya.

Betapa banyak orang langkahnya terhenti sesaat setelah kesempatan itu didapatkan tapi diperjalanan ada sesuatu yang menghalanginya. Betapa banyak, yang tidak meneruskan perjuangannya karena terkendala oleh sesuatu. Benar itu kendala tidak selalu mudah untuk diselesaikan. Tapi. Orang lain juga menghadapi kendala yang sama kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ke-2, kita juga mesti memiliki keberanian untuk mengkomunikasikan alternatif solusi dalam mengatasi kendala itu. Kalau sudah ada solusinya, komunikasikan kepada stake holder. Entah itu atasan, pelanggan, mitra kerja. Siapapun yeng terkait dengan hal tersebut.

Betapa banyak orang yang punya gagasan bagus tapi tidak mendapat manfaat apa-apa hanya karena tidak memiliki keberanian; untuk mengkomunikasikannya. Faktanya demikian kan?

Sudahkah Anda memiliki ke-2 aspek penting untuk meraih sebuah pencapaian itu? Jika belum, sudah waktunya Anda miliki ke-2 aspek itu. Jika sudah, mari kita sama-sama optimalkannya. Agar bisa menjadi manfaat bagi kita semuanya.

N.B: Untuk membekali talenta muda, saya punya Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM”. Untuk membekali leadernya, saya punya training “HOW TO BECOME A PEOPLE BUILDER“. Hubungi 0812-1989-9737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:SamChand

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.