Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Meluruskan Tujuan Dalam Bekerja

Meluruskan Tujuan Dalam Bekerja

Apa tujuan Anda bekerja? Tentu untuk mencari nafkah ya. Semua orang kan begitu. Normal. Dan wajar. Tapi saya melihat ada satu persoalan laten yang secara tidak kita sadari memberi pengaruh yang kurang bagus. Apakah itu?

Walau tidak identik, tapi nafkah dalam terminology kita bermakna uang kan ya. Bekerja dengan tujuan utama mencari uang itu, lumrah. Tapi, fakta menunjukkan bahwa kita sering kecewa ketika uang yang kita dapatkan dari pekerjaan itu tidak sesuai dengan harapan. Efeknya, kita sering tidak terdorong untuk melakukan yang terbaik untuk pekerjaan. Kenapa? Karena bayarannya cuman segini.

Maka kemudian kita diajari untuk menggeser niat atau tujuan dari bekerja itu. Bukan lagi semata-mata demi mencari uang. Melainkan untuk beribadah kepada Allah. Keren kan? Keren banget. Tapi. Prinsip ini hanya berdampak secara optimal kepada orang yang istiqomah. Sedangkan iman kita, ternyata naik dan turun.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kita ikhlas dalam bekerja, walau kadang uangnya tidak selalu sesuai harapan. Tapi. Ketika tingkat keimanan sedang menurun, ya kita kesel juga. Wajar. Karena level kita belum sampai dipuncak keimanan tertingginya. Kita masih berjuang untuk menjadi insan yang istiqomah.

Untuk menuju kepada istiqomah itu, saya melihat ada sebuah batu lompatan yang penting. Apa itu? Kemampuan atau kapasitas diri yang mumpuni. Sulit untuk istiqomah kalau kapasitas professional kita belum benar-benar mumpuni. Maka menjadikan diri kita pribadi yang mumpuni merupakan kunci. Untuk tiba pada tingkatan profesi yang asyik untuk dijalani, dan hasilnya; memuaskan. Pada saat seperti itulah kita benar-benar ikhlas menjalaninya. Demikian kan?

Lalu, bagaimana cara supaya kita bisa sampai kepada kapasitas yang mumpuni itu? Kita mesti mulai dari ‘membenahi’ tujuan kita bekerja. Jika pada umumnya manusia bekerja dengan tujuan untuk mendapatkan uang demi menafkahi keluarga. Kita mesti mengubahnya. Di level kita, bekerja mesti dengan tujuan untuk; mengeksplorasi kapasitas diri.

Sampai dimana sih kemampuan kapasitas diri seseorang? Tidak ada yang tahu. Sebelum benar-benar dieksplorasi. Maka kantor kita, adalah arena untuk melakukan proses eksplorasi itu. Laboratorium, untuk melakukan pengujian dan bereksperimen. Kita boleh melakukan kesalahan; kemudian belajar dari kesalahan itu.

Wujud dari eksplorasi kapasitas diri itu bermacam-macam. Bisa berupa kesediaan untuk mengerjakan hal-hal baru. Mencari cara yang lebih baik agar pekerjaan bisa dilakukan secara lebih cepat atau lebih efisiein. Aktif memikirkan gagasan dan ide-ide yang bisa diterapkan. Ringan hati ketika membantu pimpinan atau teman dalam menyelesaikan penugasan. Apa saja sih.

Intinya, terbebas dari belenggu job description dan rutinitas kerja harian. Karena rutinitas itu hanya akan menjadikan kita statis. Padahal kita tahu bahwa, kapasitas diri kita; belum ketahuan sampai dimana batasnya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lantas. Apa reward yang layak diberikan kepada setiap orang yang bersedia melakukan eksplorasi kapasitas diri itu? Dia bakal menemukan bahwa ternyata, begitu banyak hal yang bisa dilakukannya. Eh, ternyata gue bisa melakukukan ini dan itu ya. Dan ketika kita tiba pada kata ‘ternyata’ itu, kita mengenal kapasitas diri dengan lebih baik lagi.

Jika hal itu terus menerus terjadi. Maka kemudian kita menemukan bahwa begitu banyak, hal yang asalnya kita tidak tahu kalau kita bisa tapi ternyata bisa. Dan pada saat itu, kita menemukan bahwa diri kita ini; memiliki kompetensi yang banyak sekali.

Terus. Apa yang akan terjadi pada orang yang kompentensinya banyak? Dia akan bertemu dengan begitu banyak peluang dan kemungkinan. Benar demikian? Dan ketika itu, dunia berubah menjadi tempat yang luas dimana kita bisa bergerak lebih bebas. Lebih leluasa. Dan lebih gesit. Karena kita bisa begini, dan bisa begitu itu.

Pertanyaannya kemudian adalah; jika sebagai pekerja kita sudah berhasil mengeksplorasi kapasitas diri. Dan mengkonversikannya menjadi kompetensi. Apakah nafkah yang kita dapatkan bisa lebih banyak dari sebelumnya? Iya. Maka now. Tujuan awal kita dalam bekerja untuk menafkahi keluarga itu, bakal tercapai dengan lebih baik. Betul demikian? Iya.

Lalu ketika nafkah yang kita peroleh lebih banyak seiring dengan semakin meningkatnya kompetensi diri kita dari hasil eksplorasi itu. Apakah hati kita akan semakin lapang ketika menjalaninya? Iya. Kita makin ikhlas melakukannya kan ya? Iya dong. Kan hasilnya makin banyak. Maka pada saat itu kita makin rido kepada keputusan Allah. Dan. Ketika pekerjaan kita dilakukan dengan tulus ikhlas, maka ketika itulah pekerjaan ini menjadi bernilai ibadah. Benar? Iya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Maka bagi Anda yang masih berada dalam tahap tumbuh kembang dalam karir profesionalnya. Mari meluruskan kembali tujuan dalam bekerja. Jangan semata-mata demi uang untuk menafkahi keluarga. Melainkan demi mengeksplorasi kapasitas diri yang kita miliki hingga menjadi kompetensi yang bernilai tinggi.

Bangun kompetensi tinggi itu, Maka kelak dikemudian hari, kita akan tiba pada tingkatan dimana imbalan yang kita terima dari pekerjaan yang kita jalani; tidak akan mengecewakan lagi. Dan dititik itu, kita akan merasa puas dengan pekerjaan dan pencapaian yang kita raih. Sehingga, hati kita lebih mudah berucap; Al-hamdu. Lillaaah… Insya Allah ya.

N.B: Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM” saya cocok untuk karyawan potensial di kantor Anda. Hubungi 0812-1989-9737 email dkadarusman@yahoo.com. Berikan training ini sebagai reward, kepada talenta-telanta muda potensial di kantor Anda.

Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner

Turning Potential Power Into Professionalism

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. J Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari: CSUN

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.