Wednesday , August 21 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Boleh Pinjam Uang?

Boleh Pinjam Uang?

Tolong. Doakan saya agar jangan sampai mengucapkan judul kalimat itu ya teman-teman. Saya juga mendoakan Anda untuk tidak melakukannya. Dan semoga, itu pertanda bahwa hidup kita tercukupi. Aminkan ya….

Tapi. Di zaman ini. Orang tidak lagi harus mengatakan kalimat itu untuk meminjam uang. Kenapa? Karena mereka yang punya uang itu, tidak menunggu seseorang untuk memohon.

Dulu. Iya. Orang harus memohon. Sekarang, orang yang tidak membutuhkan pinjaman pun disodori dengan peluang untuk meminjam uang alias berhutang. Anda, mengalami hal demikian?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Hampir bisa dipastikan bahwa email Anda. Hand phone Anda. Socmed Anda. Dikerubuti oleh agen-agen yang siap menawarkan sejumlah uang untuk dipinjam. Jika Anda belum mengalaminya; tinggal tunggu waktu saja. Zaman itu, akan tiba pada akhirnya.

Kenapa saya seyakin itu? Ya, karena meminjamkan uang adalah buah dari lahirnya fenoma baru bernama Fintech.

Loh memangnya fintech dibuat untuk minjem-minjemin uang? Tidak untuk tujuan itu pada awalnya. Tapi. Fintech kemudian menjadi alat yang efektif untuk menggeser mekanisme perbankan. Yang didalamnya, antara lain ada ‘simpan’ dan ‘pinjam’.

Prinsip ‘simpan dan pinjam’-nya, sama. Tapi teknis dan prosesnya berubah dengan kehadiran sarana dan teknologi yang jauh lebih efisien. Dan oleh karenanya, daya hancurnya pun menjadi sangat dahsyat dengan dampak yang luar biasa besarnya.

Dulu. Anda harus ‘memohon’ untuk mendapat pinjaman. Dan kita, hanya memohon jika dan hanya jika benar-benar terpaksa. Sekarang. You don’t need that. But. Ada yang nawarin. Pas lagi kepengen barang yang ‘ntuh’. Wah kebetulan. Yaudah. Kenapa tidak.

And you. Know. What. Alam bawah sadar kita mengatakan. It is easy anyway to get a pinjaman. Dan perlahan tapi pasti, kita hidup dengan kebiasaan baru. Yaitu; minjem dowet dengan cara yang gampang itu.

Bahkan untuk membayar pinjaman uang yang dipinjam itu pun, bisa dengan cara minjem lagi kok. Dan sama. Nggak perlu pake memohon. Hape Email dan Sosmed sudah dibanjiri dengan berbagai penawaran menarik itu. Tanpa perlu memohon pula. Tanpa. Perlu. Memohon.

Jadi. Permintaan saya agar Anda mendoakan supaya saya tidak sampai mengatakan ‘Boleh Pinjam Uang’ itu tidak relevan dong?

Masih relevan. Kalimat itu, memang tidak cocok lagi untuk dikatakan kepada pihak ketiga yang diharapkan mau minjemin uang. Nggak usah ngomong gitu juga bisa dapat pinjaman kan?

Tapi. Kalimat itu, kalau diajukan kepada diri kita sendiri; ‘boleh pinjam uang…?’ Menandakan pertahanan yang mulai goyah. Maka pleeeease… doakan saya jangan sampai mengucapkan kalimat itu. Dan saya doakan, Anda juga tidak.

Bahkan Rasulullah sering berdoa; Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari perbuatan dosa dan berhutang…”

Sahabat bertanya; “Ya Rasulullah, mengapa engkau sedemikian sering memohon perlindungan Allah dari hutang?”

“Jika orang yang berhutang berkata,” demikian jawab Rasulullah. “Maka dia akan sering berdusta.”

“Dan jika dia berjanji,” lanjut Rasulullah. “Dia akan mengingkari….”

Coba perhatikan. Bukankah tipikal orang-orang yang seneng berhutang itu persis seperti peringatan sang Nabi? Pada umumnya, iya. Tapi kan ada juga yang nggak gitu. Ada. Tapi jumlahnya hanya sedikit sekali. Anda sudah melihat fakta ini kan?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dan kata Nabi. Hutang itu, dibawa mati. Bahkan orang yang mati syahid pun tetap dituntut atas hutangnya. Makanya, dalam setiap acara pemakaman; pihak keluarga selalu menanyakan urusan hutang piutang kan ya… Ngeri.

Maka Ya Allah… lindungilah saya, keluarga saya, dan teman-teman saya dari berhutang. Cukupilah kebutuhan kami dengan karuniamu. Bukakanlah pintu-pintu rezekimu untuk kami. Dan jadikanlah kami, orang yang merasa cukup dengan pemberianmu. Aamiin…

NB: Salah satu Games Management yang saya rancang adalah S-TED (“Serving The Emperor’s Dinner”). Sarat dengan pembelajaran tentang strategi, problem solving, decision making, corporate alignment maupun continuous improvement. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Selamat hari Jumat sahabat.
Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/s-ted-serving-the-emperors-dinner/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Allah; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari: Wikihow

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.