Wednesday , August 21 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Memimpin Dengan Kata Kunci Ini

Memimpin Dengan Kata Kunci Ini

Biasanya, seseorang mempunyai anak buah paling sedikit 2 kan ya. Jarang sekali yang kurang dari itu. Bahkan kebanyakan leader memimpin banyak orang. Benar demikian? Iya.

Efektivitas kepemimpinan orang itu kemudian ditentukan oleh komitmen orang-orang yang dipimpinnya itu terhadap kinerja kolektif keseluruhan organisasi.

Lalu. Bagaimana caranya supaya komitmen itu terbangun secara utuh?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihat fakta bahwa; seseorang akan memiliki komitmen penuh jika dan hanya jika dia merasa puas terhadap perlakuan pemimpinnya. Benar kan ya?

Orang yang tidak puas terhadap perlakuan pemimpinnya tidak mungkin bersedia all out dalam berjuang bersamanya. Benar lagi? Iya.

Lantas. Perlakuan seperti apa yang bisa membangun loyalitas, komitmen dan dedikasi tinggi anak buah? Jawabannya, perlakuan yang adil. Udah. Gitu aja. Jadi. Kata kuncinya hanya itu. ADIL.

Anda deh misalnya. Bersama seorang teman Anda berada dalam sebuah team yang dipimpin oleh seseorang. Sang pimpinan memperlakukan Anda berdua secara tidak adil. Ketika Anda merasa diperlakukan tidak adil itu; apakah Anda menilai dia sebagai pemimpin yang baik? Tentu tidak. Apakah Anda mau bekerja all out bersama dia? Tidak.

Tapi dimata teman Anda yang diuntungkan atas ketidakadilan itu, dia adalah pemimpin terbaik kan ya? Normal. Karena teman Anda mendapat keuntungan. Toh seandainya dari ketidakadilan sang pemimpin itu Anda yang diuntungkan, mungkin Anda juga bakal memujanya kan?

Tapi kan Dang leading people itu bukan untuk menyenangkan semua orang. Bakal ada saja yang kecewa?!

Ada benarnya juga. Tapi itu berhubungan dengan sifat buruk hati anak buah. Sedangkan soal keadilan, adalah sifat dan sikap seorang pemimpin. Wajib hukumnya seorang pemimpin bersifat adil.

Dalam konteks team kerja Anda tadi misalnya. Sang pimpinan mungkin bakal mendapatkan komitmen tertinggi dari teman Anda yang diuntungkan dari ketidakadilannya. Apalagi jika orang itu punya sifat menjilat. Dia bakal mau disuruh ngapain sekalipun. Tapi dia akan kehilangan kontribusi optimal Anda kan ya?

Ini namanya belajar empati. Jadi jika kita mendapatkan amanah untuk memimpin sekelompok orang, maka berjuanglah untuk bersikap adil kepada mereka. Insya Allah, amanah kepemimpinan itu bakal jadi berkah. Jika tidak adil? Ya ditunggu saja. Cepat atau lambat juga bakal berasa dampak buruknya.

Dalam kondisi yang lebih ekstrim, perlakuan tidak adil dari seorang pemimpin; bisa menimbulkan konflik horizontal. Yaitu konflik yang terjadi antar orang-orang yang dipimpin itu.

Contohnya, Anda dengan teman yang dipimpin secara tidak adil tadi. Nggak akan akur satu sama lain. Karena ada pihak yang merasa kepentingannya ternodai, dan hak-haknya dicedrai.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Apakah konflik horisontal selalu ditimbulkan akibat ketidakadilan sang pemimpin? Well, jawaban finalnya mungkin belum ada sih. Tapi. Kasih tahu saya, jika ada konflik horisontal yang penyebabnya bukan soal ‘ketidakadilan’. Ada? Tell me. Selalu dari ketidakadilan kan awalnya?

Maka kita semakin bisa melihat bahwa amanah kepemimpinan yang kita emban ini, mutlak mesti ditunaikan dengan asas keadilan perlakuan terhadap semua orang yang kita pimpin. Begitu deh inti pelajarannya.

Pendeknya; jadilah pemimpin yang adil. Adilnya beneran. Bukan sekedar mulutnya saja yang bilang ‘saya adil’, tapi sikap, tindakan, dan kebijakannya berkebalikan.

Jadi. Menjadi pemimpin adil itu nggak cuma PR-nya para pejabat publik seperti bupati, gubernur, menteri atau presiden saja. Kita yang memimpin di sektor usaha juga sama. Jadilah pemimpin yang adil.

Lagian, sifat adil itu bukan semata-mata tuntutan orang-orang yang kita pimpin loh. Itu mah perintah Allah. Makanya, kepada para pemimpin yang tidak adil; Allah mengancam dengan murka dan siksa yang sangat keras!

Sebaliknya. Kepada pemimpin yang adil, Allah menjanjikan sebuah keistimewaan. Berupa kemudahan ketika kelak berhadapan dengan para malaikat yang menimbang amal baik dan buruk. Memangnya seberapa sulit sih menghadapi sidang malaikat itu?

Konon seorang ustadz yang difitnah menangis ketika diinterogasi polisi. “Kenapa Anda menangis? Takut ya? Jawab pertanyaannya!”

Ustadz itu menjawab. “Saya menangis bukan karena takut kepada polisi. Saya menangis karena membayangkan bagaimana sulit dan beratnya proses pemeriksaan dihadapan malaikat nanti. Sedangkan baru diperiksa urusan dunia saja sudah seperti ini…”

Berat banget deh kalau sudah masuk ke sidang akhirat mah. Tapi Rasulullah menjelaskan bahwa ada 7 gololongan yang bakal dimudahkan menjalaninya. Dan diantara mereka yang dimudahkan itu kata Nabi adalah; seorang pemimpin. Yang ketika menjalankan amanah kepemimpinannya, menggunakan kata kunci; ADIL.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kalau sang pemimpin ngeyel tidak adil? Well kalau didunia; dia kena sidang dari manusia. Seperti ditolak. Kehilangan wibawa. Bahkan kehilangan legitimasi atas jabatannya. Mungkin bisa duduk disingasananya sih. Tapi. Tidak berada dihati orang-orang yang dipimpinnya.

Dan diakhirat. Bakal terbelalak matanya, demikian tertera dalam AlQur’an. Karena dia tidak menyangka jika ketidakadilannya dalam memimpin didunia, ternyata dibalas Allah. Dengan siksa yang tiada terperikan dahsyatnya. ‘Khaalidiina fiihaa. Kekal dia didalamnya’, demikian frimanNya.

Semoga kita bisa mendidik diri untuk menjadi pemimpin yang adil, ya teman-teman. Dan semoga kita, dianugerahi Allah; pemimpin yang adil.

NB: Training “FUNDAMENTAL LEADERSHIP IN PRACTICE” saya dirancang untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan para Supervisor dan Manager. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/2013/02/01/leadership-in-practice/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Peterbarronstark

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.