Wednesday , August 21 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Tahu Terima Kasih

Tahu Terima Kasih

Rasanya saya sudah berulang kali bertanya; Apa tujuan Anda bekerja? Mungkin Anda pernah membaca artikelnya. Jika belum. Anda boleh menjawab pertanyaan itu.

Tapi maaf. Kali ini, saya tidak akan membahas jawaban Anda. Ijinkan saya, untuk menceritakan jawaban dari sebuah keluarga. Ya, keluarga. Karena di keluarga itu, semua orang bekerja dengan tujuan yang sama. Yaitu….

Eh. Sebentar dulu. Kenapa saya menganggapnya layak kita bahas? Karena jawaban ini sungguh sangat istimewa. Berbeda dari jawaban-jawaban lainnya yang pernah saya dengar. Dan boleh jadi, jawaban itu yang perlu kita tiru. Untuk memungkinkan kita meraih prestasi yang paaaling tinggi. Sebagaimana pencapaian yang sudah diraih oleh keluarga itu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Mari kita ubah pertanyaan; “Apa tujuan Anda bekerja?” tadi menjadi; “Apa tujuan keluarga Anda bekerja?” Lalu kita tanyakan kepada keluarga itu. Tahukah Anda jawabannya apa?

Keluarga itu dengan mantap menjawab; “Kami bekerja untuk bersyukur….”. Kami. Bekerja. Untuk. Berterima. Kasih. Cakep banget kan.

Ah. Mungkin itu hanya jargon kosong saja barangkali ya. Kan sekarang mah lagi musim orang ngomong yang tidak sesuai dengan perbuatannya ya. Bertolak belakang bahkan ya kan. Tak malu pula dengan perangai yang tak bisa dipegang kata-katanya itu.

Tapi tidak dengan keluarga ini. Bekerja untuk bersyukur itu menjadi bagian dari tata nilai yang dianut dan diterapkan didalam keluarganya.

Iya. Tapi hasilnya bagaimana? Percuma juga kan kerja dengan tata nilai bagus tapi hasilnya pas-pasan. Mending kerja tanpa teori moral atau etika tapi hasilnya banyak kan?

Logis juga. Tapi keluarga ini telah menghasilkan imbalan berupa harta dan kemasyhuran yang saangat banyak. Bahkan kalau boleh saya bilang; pencapaian mereka, melampaui pencapaian siapapun juga.

Mana buktinya? Ups. Sebelum bicara bukti. Mari kita bicara realitas terlebih dahulu.

Seandainya Anda bekerja dengan penuh rasa syukur. Anda. Akan bekerja dengan kesungguhan yang paling tinggi nggak? Yes. Pasti. Anda bersyukur sekali dengan pekerjaan itu. Anda bakal amanah dalam menjalaninya kan? Iya.

Anda. Bakal berusaha untuk membalas kebaikan perusahaan kepada Anda melalui pekerjaan itu. Dan hasilnya? Pasti yang terbaik bagi kedua belah pihak. Kenapa? Karena Anda berbuat yang terbaik bagi perusahaan. Dan perusahaan memberi perlakuan terbaik kepada Anda. Make sense? Yes.

Kalau Anda menjalani pekerjaan itu dengan rasa terimakasih. Akankah Anda kecewa disana? Tidak. Akankah Anda mengeluhkan ini dan itu? Tidak. Akankah Anda menolak setiap kali diminta bekerja ekstra? Tidak. Nothing can make you down there kan? No.

Maka dengan attitude seperti itu. Anda akan menjadi seorang profesional yang tidak tertandingi. Dan itulah tanda bahwa Anda, pantas mendapatkan tempat dan manfaat yang melampaui siapapun dikantor itu. Make sense again, yes? Yo-i.

Itu semua, cocok dengan janji Allah. Bahwa seseorang yang pandai bersyukur, maka dia akan mendapatkan nikmat yang lebih banyak. Maka selain logis, semua konsekuensi itu; juga sejalan dengan nilai-nilai religius kan ya. Selaras lahir dan batin jadinya. Puasnya, lengkap luar dan dalam.

Jadi. Siapa keluaga yang bekerja untuk bersyukur dan hasil yang didapatkannya melampui penghasilan dan pendapatan manusia lainnya itu?

Untuk mendapatkan jawaban itu, saya kasih Anda referensi asli alias sumbernya langsung ya. Biar puasnya puol. Silakan baca dalam Surah Saba’ ayat ke-13. Anda akan temukan jawabannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi disana, Allah menjelaskan juga bahwa ternyata; sedikit sekali dari hamba-hambaNya yang berterimakasih. Padahal, menjadi manusia yang tahu terimakasih itu, merupakan sumber keberhasilan dalam karir, dan ikhtiar kita.

Jadi untuk meraih hasil dan pencapaian yang komplit itu; kita bisa memulainya dengan menjadi. Orang yang tahu terimakasih. Kemudian mengejawantahkan rasa terimkasih itu kedalam pekerjaan dan usaha kita. Yang kita lakukan, dengan rasa syukur yang mendalam. Insya Allah. Aamiin.

N.B: Untuk membekali talenta muda, saya punya Training “TURNING POTENTIAL POWER INTO PROFESSIONALISM“. Untuk membekali leadernya, saya punya training “HOW TO BECOME A PEOPLE BUILDER”. Hubungi 0812-1989-9737 atau email dkadarusman@yahoo.com

Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/2013/02/01/turning-potential-power-into-professionalism/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. J Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:strategy+business

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.