Tuesday , June 25 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Bersahabat Untuk Selama-lamanya.

Bersahabat Untuk Selama-lamanya.

BFF kita menyebutnya. Best Friend Forever. Anda punya? Masa nggak sih? Punya dong. Baiklah. Kalau begitu, BFF itu apa?

Saya menanyakan itu kepada remaja yang ketika sholat subuh tadi pagi berdiri persis disamping saya. Menurut kamu, BFF itu apa?

Dia terdiam sejenak. Lalu, “Teman yang ngerti sama kita. Jadinya kita nggak marahan sama dia, dan nggak bakalan terlupakan selamanya….” Kira-kira begitulah jawabannya. BFF itu kan ada kata ‘Forever’-nya ya. Atinya selamanya. Jadi, jawaban itu oke juga.

Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Lalu saya bertanya, misalnya kamu melakukan sebuah tindakan buruk. Terus teman kamu itu kan ngerti kamu. Dia biarin aja kamu melakukan perbuatan buruk itu. Apakah dia termasuk BFF?

Dia tersenyum. Kemudian, “nggak…” katanya.
Anda sepakat dengan jawaban itu? Ya. Jika teman Anda, membiarkan diri Anda melakukan keburukan. Apalagi kalau dia pun menjadi mitra Anda dalam keburukan itu, maka he. Or she. Is not a best friend for you.

“Jadi, BFF itu apa Bang?” begitu saya bertanya kepadanya.
“Emmh,,,” katanya. “Teman yang bisa membantu kita untuk menjadi orang baik….”

Yes. Tepat sekali. Itulah yang Rasulullah nasihatkan kepada kita. Perhatikanlah dengan siapa engkau berteman. Karena, kualitas pribadi; bahkan iman seseorang, ditentukan oleh temannya.

“Jadi aku nggak boleh berteman sama XYZ gitu?” Saya mendengar nada protes dalam pertanyaannya.

“Oh, ini bukan soal kamu boleh atau tidak boleh berteman dengan seseorang,” jawab saya. “Tapi, ada orang-orang yang layak kita jadikan sebagai BFF, dan ada juga yang cukup dijadikan just friend…. Kamu tahu bedanya BFF dengan F?” Dia menggangguk.

Jadi. Orang seperti apa yang layak kita jadikan sebagai BFF? Mungkin kriterianya banyak. Tapi, orang yang berani mengatakan ‘jangan kamu lakukan itu!’ ketika kita hendak melakukan keburukan; punya syarat terpentingnya.

Kenapa itu menjadi syarat terpentingnya? Karena, Allah memerintahkan kita untuk amar ma’ruf nahi munkar. Saling mengajak kepada kebaikan, dan saling mencegah dari keburukan. Itu namanya bersahabat dalam ketakwaan.

Tapi. Betapa banyak persahabatan yang putus justru ketika sahabatnya melarangnya dari pebuatan buruk. Padahal, justru rugi banget kalau kita bersahat dengan orang yang membiarkan kita melakukan keburukan. Apalagi dia menjadi mitra dalam keburukan itu.

Kita bohong, dia sokong. Kita dusta, dia puja-puja. Kita curang? Dia dukung habis-habisan. Rugi banget. Persahabatan seperti itu, justru bisa menjadikan kita manusia yang sangat buruk. Rugi. Karena persahabatan seperti itu tidak akan forever. Gak bakal kekal.

Daaang, Dang. Jaman sekarang ini, justru banyak orang yang kompak bersahabat dalam melakukan keburukan, keculasan, dan kejahatan. Contohnya – sensor ya – nggak usah dibahas detailnya. Sekarang ini, lagi ngetrend keperpihakan orang pada ke-sensor-an.

Hey, persahabatan mereka hanya sementara. Sekedar terdorong oleh urusan musiman. Setelah musim – sensor – ini berakhir, mereka pun akan kembali saling cakar.

Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Yakin begitu? Oh, iya. Karena, persahabatan yang Forever itu hanya bisa dibangun melalui ketakwaan. Bukan dengan keculasan, ketidakjujuran dan keserakahan.

Ketakwaanlah yang akan mengekalkan persahatan kita. Karena, ketika orang-orang yang takwa sepakat untuk saling bersahabat; mereka tidak menyembunyikan tipu muslihat. Mereka bersahabat untuk saling memberi manfaat, dalam hal-hal yang maslahat.

Dan ketika kemaslahatan itu mereka bangun bersama, maka bersahabatan mereka menjadi semaaakin erat. Jadilah persahabatan itu kekal. Seberapa kekal? Nggak hanya di dunia loh. Persahabatan dalam ketakwaan, bakal dibawa kekal hingga ke akhirat.

Coba perhatikan surah Azzukhruf ayat 67 ini; “Pada hari itu, para sahabat akan saling bermusuhan….” demikian Allah berfirman. “Kecuali orang-orang yang bertakwa….”

Lewat ayat itu, Allah memberikan isyarat tentang 2 Golongan Persahabatan. Bahwa orang-orang yang bersahabat dalam kecurangan, keculasan, kebusukan; kelak akan saling tuding dan bakal saling menyangkal. Sedangkan mereka yang besahabat dalam ketakwaan, akan saling mempersaksikan atas ketakwaan sahabatnya.

Maka dengan begitu, kelompok persahabatan ke-1. Yang bersahabat dalam keburukan. Kelak akan saling bermusuhan di akhirat. Mereka sibuk membela diri sendiri dihadapan Allah. Saling tuduh bahwa sahabatnyalah yang menjerumuskan dirinya pada keburukan. Maka Allah pun akan mengadzab mereka bersama-sama. Dan ditempat itu, mereka terus menerus saling menghujat disela-sela adzab yang diterimanya.

Sedangkan kelompok ke-2. Yang bersahabat dalam ketakwaan. Kelak akan saling bersaksi bahwa sahabatnyalah yang telah menariknya kepada ketakwaan itu. Sahabatnyalah yang telah mengcegahnya dari keburukan. Sehingga, Allah. Memberikan kepada mereka balasan berupa pahala terbaiknya. Dan Mengumpulkan mereka disebuah tempat yang mulia. Dimana mereka dapat meneruskan persahabatan, dan berkasih sayang selama-lamanya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jadi, benarkah Anda ingin punya BFF? Saya sih, kepengen banget. Caranya? Bersahabatlah dalam ketakwaan. Maukah Anda membangun persahabatan itu bersama saya? Yuk, mari kita mulai dengan niat dan hati yang bersih. Bismillah.

NB: Salah satu Games Management yang saya rancang adalah S-TED (“Serving The Emperor’s Dinner”). Sarat dengan pembelajaran tentang strategi, problem solving, decision making, corporate alignment maupun continuous improvement. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Selamat hari Jumat sahabat.
Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/s-ted-serving-the-emperors-dinner/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Allah; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:steemkr

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.