Tuesday , November 12 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Inilah Yang Kita Tunggu-Tunggu

Inilah Yang Kita Tunggu-Tunggu

Apa kabar Anda hari ini? Sehat, kuat, muda, bugar, dan bertenaga. Alhamdulillah. Oh ya. Seberapa sering alhamdulillah-nya Anda ucapkan? Saya, agak jarang. Saya, baru ingat berucap alhamdulillah untuk sehat kuat segar bugar ini jika berada dalam 3 kondisi.

Pertama, ketika sedang sakit. Inget dech betapa nikmatnya sehat. Ketika badan berasa nyeri disana sini, baru nyadar jika selama ini dikasih kehidupan yang serba nyaman. Saat raga lemah tak berdaya, baru deh inget bahwa selaaamaaaa ini selalu diberi kekuatan untuk bergerak dan bertindak. Barulah lidah ini berucap alhamdulillah. Hati ini berbisik ‘terimakasih ya Allah’. Selagi sakit makasihnya.

Jika kantor Anda ingin melakukan in-house training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Namun ketika kesadaran itu datang disaat sakit, agak percuma juga. Karena, dengan kesadaran itu saya tidak bisa berbuat banyak. Sebab, tubuh sudah terlanjur tiada berdaya. Paling jauh, hanya menanamkan tekad. Bahwa nanti kalau dikasih sehat; saya akan menjadi pribadi yang lebih baik…

Lalu diberikanlah sehat itu melalui kasih dan sayang Allah. Dan ‘kling’ tekad bulat itu tiba-tiba menghilang mengikuti perginya rasa sakit memasuki pintu kesembuhan. Itu saya. Anda, apakah tidak demikian juga? Betapa lengahnya kita…. astagfirullah.

Tapi ada saat sehat pun, kadang rasa syukur ini kembali hadir. Itulah kondisi kedua, yaitu; ketika melayat orang yang sedang sakit. Atau sekedar mendengar atau membaca berita tentang seseorang yang terbaring lemah tanpa daya.

Diantara mereka ada yang masih sangat muda. Bahkan bayi atau remaja yang alamiahnya ceria dan penuh energi. Melihat mereka terbaring, adalah pengingat. Bahwa hidup kita bertabur nikmat. Dan sudah semestinya kita lebih sibuk dengan ibadah. Minimal, jiwa kita selalu dipenuhi dengan spirit hamdalah.

Diantara orang yang sedang sakit. Ada yang badannya kekar penuh dengan otot. Sedangkan badan saya, kerempeng. Tipis tak meyakinkan. Tapi. Allah cabut kekuatan dari yang kekar. Dan Allah langgengkan kekuatan pada yang kerempeng. Kemana perginya sang ‘alhamdulillah’ itu?

Bahkan ada yang dimasa mudanya, adalah para Jenderal Lapangan yang gagah perkasa di medan perang. Tak diragukan ketangguhannya. Namun perlahan tapi pasti, usia mempereteli keperkasaannya tanpa terhalang oleh bintang-bintang yang bertaburan di pundaknya.

Ketiga. Ketika melayat atau mendengar berita seseorang meninggal dunia. Tak jarang orang berkata “padahal tadi pagi masih ke kantor seperti biasa loh”. Atau, “Nggak nyangka ya, mendadak sekali meninggalnya…”

Lantas. Apa yang bisa kita bangga-banggakan? Semua bakal kita tinggalkan tepat ketika dijemput oleh kematian. Bahkan sekalipun dalam hidup kita nggak ada hal yang bisa dibanggakan. Tapi kita punya banyak rencana, yang selama ini sering ditunda-tunda. Hey. Kalau ditunda melulu, keburu mati nanti. Ayuk, lakukan selagi masih hidup.

Jika para jenderal alhi startegi perang saja pada akhirnya akan tiba pada fitrahnya; yaitu lahir lemah, dewasa kuat, sepuh kembali menjadi rapuh lagi. Kemudian, meninggal. Maka, apalagi saya. Dan Anda. Hanya tinggal menunggu waktu saja. Inilah yang kita tunggu-tunggu.

Maka pertanyaannya adalah; apa yang kita lakukan selagi menunggu itu? Adakah seorang guru yang bisa memberitahukan jawabannya?

Ada. Rasulullah telah menasihatkannya 1400 tahun yang lalu. Melalui hadits shahih Al-Hakim. Sabdanya; “Manfaatkanlah 5 PERKARA sebelum datangnya 5 PERKARA”.

‘Apakah gerangan 5 Perkara itu wahai kekasih Allah?’ Demikian sahabat bertanya.

Tentang SEHAT dan MUDA dan HIDUP yang kita bahas diatas itu, termasuk 3 PERKARA yang Nabi nasihatkan. Kita semua, sedang berada dalam masa menunggu sebelum semua perkara itu berubah. Sehat berubah jadi sakit. Muda berubah menjadi tua. Hidup, diakhiri oleh mati. Lantas, apa yang mesti dikakukan dalam masa tunggu itu?

Jika kantor Anda ingin melakukan in-house training, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Perhatikan pesan Nabi itu sekali lagi. “MANFAATKANLAH 5 perkara sebelum datangnya 5 perkara”. Kata kuncinya ada pada “Manfaatkanlah”. Maka itu bermakna, manfaat apa yang bisa kita buat dan kita kontribusikan dalam masa tunggu itu.

Dan Nabi menegaskan bahwa “Khairunnaas. Anfa’uhum Linnaas…” Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada manusia lainnya…

Nasihat itu, ada dalam hadist hasan Ahmad. Sudah dinasihatkan Nabi satu setengah milenium silam. Semoga, sekarang kita bisa mengamalkannya. Dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Insya Allah. Aamiin… Selamat hari Jumat, sahabat.

NB: Salah satu Games Management yang saya rancang adalah S-TED (“Corporate Alignement Simulation”). Sarat dengan pembelajaran tentang strategi, problem solving, decision making, corporate alignment maupun continuous improvement. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Selamat hari Jumat sahabat.
Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/s-ted-serving-the-emperors-dinner/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Allah; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari: Freepik

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.