Sunday , September 22 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Membuka Gembok Karir

Membuka Gembok Karir

Setiap pekerja pasti mengimpikan karir yang melejit. Betul ya? Minimal kepengenlah ngerasain naik level itu kayak apa. Kalau nggak punya keinginan itu, maka mungkin orang itu bekerja hanya untuk ngisi waktu aja niatnya. Anda bekerja untuk ngisi waktu doang? Jika tidak, pasti adalah keinginan itu.

Iya. Tapi kenapa setelah belasan bahkan puluhan tahun tidak juga berkembang karir kita? Itu artinya Anda tidak memiliki komptensi yang memadai, benar demikian? Tidak benar. Banyak orang kompeten yang tidak mendapatkan karir bagus. Dan banyak pula orang yang jenjang karirnya bagus, tapi sebenarnya… maaf ya; mereka kalah kompeten. Anda melihat fenomena itu? Iya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Maka orang-orang kompeten seperti Anda, perlu menyadari bahwa ada satu aspek penting dalam perkembangan karir seseorang. Dimana aspek itu, tingkat kepentingannya melampaui tingkat kepentingan kompetensi.

Harap dicatat bahwa saya tidak mengatakan jika kompetensi itu nggak penting. Tapi perlu kita pahami betul bahwa kompenensi Anda, nggak bakal bisa mengangkat karir Anda. Jika Anda tidak memiliki aspek yang tadi saya sebutkan itu.

Eh. Belum saya sebutkan ya? Anda sudah tahu kan apa itu? Yes. Benar sekali. Itu adalah “Kompatibilitas” Anda Dengan Pengambil Keputusan. Apa itu kompatibilitas?

Gampangnya begini. Anda punya kunci gembok? Punya. Pertanyaan; apakah semua anak kunci bisa digunakan untuk kunci gembok itu? Tidak. Walaupun bentuknya mirip banget. Tapi kunci-kunci itu nggak bakal bisa dipake untuk membuka atau menutup gembok itu. Jenenge, nggak kompatibel.

Tapi ada sebuah anak kunci yang, Anda bisa dengan mudah memasukkannya ke lubang gembok. Lalu memutarnya kekiri atau kekanan. Lantas gembok itu terbuka atau tertutup. Itu yang disebut kompatibel.

Nah. Pengambil keputusan dikantor Anda, paling seneng sama pekerja yang kompatibel sama mereka. Walaupun sebenarnya tidak memiliki keunggulan yang signifikan dibandingkan para pekerja lainnya. Ya plus minuslah. Kan setiap orang ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Memang. Idealnya ya kompatibel ya unggul. Tapi ketika kondisi ideal itu tidak didapatkannya, maka mereka akan memilih orang yang paling kompatibel untuk diberikan kepercayaan atau diamanahi posisi yang lebih dekat kepadanya.

Ini perkara simple. Tapi tidak banyak karyawan yang memahaminya. Makanya, mereka menghabiskan banyak energi dan sumber daya untuk mengejar impian dalam karirnya, tapi tidak berusaha membuat dirinya kompatibel dengan para calon pemimpinnya.

Sekarang. Anda sudah lebih paham soal ini kan? Ok. Terus gimana caranya untuk membangun kompatibilitas itu? Mulai yang simple-simple saja; jadilah mitra yang bisa diandalkan bagi atasan Anda. Yang kayak apa sih mitra handal itu? Bisa kerja, nggak usah disebut. Karena untuk hal-hal teknis mah wajib kita miliki.

Jadi apa yang layak disebut? Bikin urusan atasan Anda jadi gampang buat dia. Lihat dia lagi sibuk soal apa? Bantuin. Lihat, dia sedang kerepotan soal apa? Tolongin. Lihat, dia sedang pusing soal apa? Ringanin. Gitu aja. Simple banget kan?

Banget simplenya. Tapi anehnya, cuma sedikit banget pekerja yang mau melakukannya. Kebanyakan karyawan nggak benar-benar peduli kepada pimpinannya. Bahkan cenderung bikin nambah pusing mereka.

Banyak pula yang bikin urusannya jadi makin rumit. Bikin susah atasan? Banyak juga. Yang bikin mereka gerah dengan tugas dan tanggungjawabnya? Bejibun. Malahan, ada aja yang seneng kalau atasannya itu jadi susah karena ulahnya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Itu semua, adalah perilaku yang menimbulkan inkompatibilitas alias tidak kompatibel. Yang bakal menjadi penghalang antara impian karir Anda dengan realitas kerja yang Anda terima.

Lah, terus yang membangun kompatibilitasnya itu gimana? Coba baca lagi 4 atau 5 paragraf diatas. Sudah kita bahas fondasinya disitu. Pahami dan praktekkan. Insya Allah. Anda akan menjadi anak buah yang kompatibel dengan atasan Anda.

Dan dengan kompatibilitas itu, Anda akan bisa membuka gembok perkembangan karir yang dipegang oleh atasan Anda. Insya Allah. Selamat mencoba ya.

NB: Corporate Alignment merupakan salah satu tantangan terbesar bagi semua perusahaan. Walaupun punya SDM yang bagus, tapi jika tidak “Align” satu sama lain; maka kinerja perusahaan tidak akan optimal. Sebagai jawabannya, kami merancang “S-TED Training: Strengthening Corporate & Organizational Alignment”. Durasi 1 hari. Jumlah peserta 25-40 orang per batch. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
http://www.dadangkadarusman.com/s-ted-training/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. J Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:aliexpress

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.