Wednesday , August 21 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Pribadi Baik – Pemimpin Baik

Pribadi Baik – Pemimpin Baik

Kualitas kepemimpinan itu berhubungan erat dengan kualitas pribadi seseorang. Maka sumber dari segala prestasi seseorang dalam memimpin unit kerjanya, ber-akar dari kualitas pribadinya. Kita boleh mencermati orang lain. Bukan untuk mencari-cari kekurangan atau kelemahan dirinya loh ya. Tapi untuk meningkatkan pemahaman dalam ilmu kepemimpinan. Demi meningkatkan kualitas kita dalam memimpin.

Kenapa perlu mencermati orang lain? Karena orang lain bisa menjadi guru. Belajar dari guru yang baik. Belajar juga dari guru yang buruk. Itu perlu. Kita bisa melihat beragam guru itu dalam setiap level jabatan. Mulai dari koordinator atau supervisor hingga CEO di kantor. Mulai dari Pak RT hingga Presiden dalam kepemimpinan publik.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dari pemimpin yang baik, kita belajar kebaikan. Dari pemimpin yang buruk, kita belajar untuk menjauhi keburukan seperti itu. Kan gitu. Dan guru-guru kepemimpinan factual itu, ada dihadapan kita semuanya. Tinggal kitanya saja, mau belajar dari mereka atau tidak? Dan yang tak kalah pentingnya adalah; “Mau meniru yang baik. Atau yang buruk?”

Simaklah. Pemimpin yang pribadinya buruk, mengakibatkan kualitas kepemimpinan yang buruk. Efeknya adalah; unit kerja atau perusahaan atau kondisi negara yang dipimpinnya amburadul. Pemimpin yang baik, sebaliknya. Pola kepemimpinannya baik. Dampak kepemimpinannya juga tentu baik. Dan kedua ekstrem itu, bersumber dari karakter pribadinya yang baik.

Kita, ada di mana? Di kelompok calon pemimpin yang memiliki karakter buruk atau baik? Itu akan menentukan kualitas kepemimpinan yang kita jalankan kelak, jika mendapatkan giliran memimpin. Jika sekarang sudah memegang amanah kepemimpinan, maka coba renungkan; akar pribadimu, buruk atau baik? Lalu benahi lagi.

Tapi. Ada satu etika penting yang harus kita pegang teguh ketika mencermati pola kepemimpinan orang lain saat belajar kepemimpinan. “Hindari sikap fanatik,” Pegang teguh itu. Kalau fanatik, maka Anda tidak bisa jernih lagi dalam menilai. Bakal gagal berguru kepemimpinan lewat cara ini.

Kenapa? Karena sifat fanatik membutakan mata lahir dan batin kita. Pemimpin yang baik dinilai buruk, sebaliknya; pemimpin yang sudah jelas dan gamblang buruknya malah dipuja puji. Ada indikasi semacam ini kan di sekitar kita?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Makanya, dalam mempelajari ilmu kepemimpinan dengan cara mencermati pola kepemimpinan orang lain ini; senantiasalah berpegang kepada niat untuk mempelajari aspek yang baik-baiknya. Dan membebaskan diri dari fanatisme buta semata.

Dan hendaklah selalu ingat, untuk memohon kepada Allah; agar Dia yang maha bijaksana membimbing kita. Berharap Dia menjadikan kita pribadi yang baik. Agar ketika mendapatkan amanah kepemimpinan, kita menjadi pemimpin yang baik pula. Insya Allah.

NB: Training “FUNDAMENTAL LEADERSHIP IN PRACTICE” saya dirancang untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan para Supervisor dan Manager. Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/2013/02/01/leadership-in-practice/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:youtube

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.