Thursday , October 17 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Resep Awet Muda

Resep Awet Muda


Anda tahu nggak? Umur itu ada 2 macam. Pertama, Chronological Age (CA) atau Umur kalender. Itu loh, umur yang suka Anda ulang tahunin.

Yang kedua, Metabolic Age (MA). Umur sebenarnya dari fungsi organ-organ tubuh Anda. Angkanya diperoleh dari perbandingan antara Basal Metabolic Rate (BMR) Anda dengan BMR rata-rata pada orang yang seumuran Anda. BMR itu energi minimum harian yang dibutuhkan agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Ok.

Dalam keadaan normal, Metabolic Age sama dengan Chornological Age. Artinya, system tubuh Anda berfungsi sesuai usia Anda.

Jika Anda baru ulang tahun yang ke 40 misalnya. Maka Metabolic age Anda harusnya 40 juga. Yang keren itu kalau MA lebih rendah dari CA. Misal, di ultah ke 40, MA Anda setara dengan 25 tahun. Itu artinya Anda awet muda beneran. Bukan karena pake make up tebal. Tapi karena metabolismenya yang efisien.

Perlu diwaspadai kalau MA lebih tinggi dari CA. Misal di ultah ke 40, MA Anda 50 atau 60. Hitungan umur calendar Anda masih muda. Tapi organ tubuh Anda fungsinya kayak orang yang … yah begitulah…. Artinya, tubuh Anda lebih tua dari umur Anda.

Di salah satu klien training saya, perusahaan tambang batu bara di Kalimantan. Seorang managernya meninggal secara mendadak. Kemungkinan itu akibat gaya hidup mereka. Kalau pernah kerja di tambang, pasti Anda tahu bahwa; ditambang itu, makanan melimpah ruah. Kenyang terus. Tapi. Olah raganya, minim banget.

Lalu dikirimlah konsultan khusus dari Jakarta. Pas waktu itu ada acara training saya 3 hari. Jadi tahulah saya kronologisnya. Semua orang menjalani Body Composition Analysis. Hasilnya? Kebanyakan orang; MA-nya lebih tinggi daripada CA-nya.

Ada loh yang umur kalendernya baru 35 tahun, tapi umur metaboliknya 55. Bisa dibayangkan, bagaimana fungsi organ-organ tubuhnya kan? Macam mobil baru setahun keluar dari dealer tapi mesinnya udah kayak oplet jadul.

Tapi ini nggak ada hubungannya dengan jadwal antrian kematian loh ya. Nggak ada hubungannya. Kalau mati mah, orang sehat ketimpa meteor, ya mati juga kan ya.

Terus bagaimana caranya supaya MA kita lebih muda dari CA kita? Minimal, setara deh. Jangan sampai system tubuh kita fungsinya lebih tua dari umurnya.

Oke singkat saja. Ada 3 hal. Pertama, Nutrisi. Kalau udah jadi boss, makanan serba enak. Kambing. Seafood. Apapun semua disikat. Saran saya; banyakin makan sayuran. Di juice deh kalau bisa. Kalau makan di hotel, piring pertama; salad. Biasakan itu.

Kedua, Olah raga. Minimal 2 kali 1 jam dalam seminggu. Kalau bisa 3 atau 4 kali, bagus. Sisihkanlah sedikit dari gajimu itu untuk membership Gym. Kan tubuh yang susah payah cari duit itu juga berhak menikmatinya. Go to the gym. Olah raga sendiri boleh juga. Asal disiplin.

Ketiga. Cukup tidur. Kalau perut sudah kayak pria hamil 6 bulan kayak gitu, maka badan kita lebih butuh tidur daripada makan, boss. Bukan kelayapan malam cari warung tenda. Tidur yang cukup. Insya Allah metabolsime tubuhnya jadi makin bagus.

Jalankan 3 hal itu ya. Ohya, satu lagi. Berdoa yang banyak. Dah. Itu aja.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.