Thursday , October 17 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Syarat Diterimanya Kebaikan

Syarat Diterimanya Kebaikan

Kita percaya bahwa setiap perbuatan baik, akan berbuah kebaikan bagi pelakunya. Lalu, jika melakukan kebaikan; apakah kita akan dinilai sebagai orang yang baik? Dihadapan sesama manusia, iya.

Setiap orang baik, pasti disukai manusia lainnya kan ya? Hidupnya ditaburi berbagai pujian. Bahkan ada yang sampai dibela mati-matian. Tapi, apakah dia juga akan mendapatkan pahala kebaikan disisi Tuhannya?

Ternyata ada syaratnya, loh. Jika ingin kebaikan itu dinilai kebaikan pula dihadapan Allah.

Kita ambil contoh actual. Misalnya, ketika seseorang berkurban. Tidak akan sampai kepada Tuhanmu bahkan hanya sehelai bulunya sekalipun. Padahal, dengan berkurban itu engkau memberi manfaat kepada orang lain. Tapi tidak sampai kepada Allah bahkan walau hanya selembar bulunya sekalipun pun.

Lantas, apa yang sampai kepada Allah jika demikian? “Ketakwaanmu.” Demikian Rasulullah menegaskan. Hanya ketakwaan yang bisa menembus sekat penghalang antara amal kebaikan kita dengan penerimaan Allah ta’ala. Lainnya. Tidak.

Maka ketika berbuat baik, tidak ada jaminan akan mendapatkan balasan berupa kebaikan dalam pandangan Allah. Jika didalam melaksanakan kebaikan itu tidak mengikutsertakan ketakwaan.

Namun ketika setiap kebaikan itu dilakukan atas dasar ketakwaan, maka semua menjadi kebaikan. Bahkan, setiap helai bulunya pun dinilai sebagai kebaikan. Ini Bahasa simbolis. Untuk menegaskan bahwa bahkan sehelai bulu yang tak dapat diambil manfaatnya pun; tetap dinilai sebagai kebaikan. Jika dilandasi dengan ketakwaan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jadi jelas bahwa ketakwaan itu yang membedakan. Apakah tindakan baik yang kita lakukan benar-benar bernilai kebaikan. Atau tak bernilai apapun selain pujian dari manusia namun dianggap debu tak bernilai dihadapan Allah. Bergantung kepada ada atau tidaknya ketakwaan saat melakukan kebaikan itu.

Lalu apa sih ketakwaan itu? Mungkin akan banyak versi jika dideskripsikan. Tapi orang yang bertakwa, memiliki ciri yang sama. Yaitu;”Dia tidak mengharapkan imbalan dari siapapun, selain dari Allah ta’ala saja”.

Orang yang berbuat baik hanya demi mengharap penerimaan dari Allah saja, bisa dipastikan sebagai orang yang bertakwa. Maka dari takwa itu, sifat ikhlas mengikutinya. Sehingga dia, tidak kecewa jika tak seorang pun menyanjungnya.

Hal itu berlaku tidak hanya dalam urusan ibadah ritual saja. Melainkan juga dalam segala aspek kehidupan. Termasuk urusan pekerjaan. Karena pada hakikatnya, semua tindakan kita disaksikan Allah. Dan semuanya bernilai ibadah. Jika ketika melakukannya, kita menyertakan ketakwaan.

Selamat hari Jum’at Sahabat.
Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner

Training – DeKa

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Allah; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Mungkin perusahaan Anda akan cocok juga dengan materi dan metode pelatihan saya. Hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “S (=Spiritualism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.