Sunday , September 22 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Cara Dipromosi Menjadi Manager

Cara Dipromosi Menjadi Manager

Cara agar dipromosikan menjadi manager itu sebenarnya gampang. Orang yang pernah mengalaminya tahu soal itu. Anda sudah tahu? Simak yuk…

Dalam salah satu video saya pernah dibahas tentang OB – Office Boy – yang ujug-ujug dipromosi menjadi manager. Anda sudah tahu bagaimana cara sang OB mendapatkan promosi keren itu?

Yayaya, saya mengerti. Anda bukan OB. Status pekerjaan Anda lebih keren dari OB. Jadi kisah itu tidak relevan. Tapi bentar dulu. Ini bukan soal OBnya loh. Ini tentang; kalau seorang OB saja bisa dipromosi menjadi Manager. Lah terus, masa Anda nggak?

Boleh dilanjutkan? Saya meminta pak boss untuk menceritakan tentang sang OB. Kok bisa dia dinilai layak untuk menduduki posisi bergengsi dan memikul tanggungjawab yang tinggi?

Sebagai boss, beliau sering bekerja sampai malam. Dan hanya OB itu yang menemaninya. Mestinya sih, pegawai kecil seperti dia sudah pulang sejak sore tadi. Bukankah kebanyakan karyawan pada begitu? Istilahnya, teng-go kan?

Sang OB itu, beda. Dia terus saja bertahan. Setelah jam kantor usai. Dia mengetuk pintu ruang kerja pak boss. Lalu bertanya;”Pak, bolehkah saya bantu-bantu Bapak?”

Pada awalnya, pertanyaan itu menghasilkan respon berupa pertanyaan juga. “Emangnya kamu bisa bantu apa?” Wajar dong, jika pak boss bertanya demikian.

“Apa saja Pak,” jawabnya. “Yang penting saya bisa belajar dari Bapak…..”

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Maka jawaban itulah yang kemudian membawa OB itu kepada petualangan after office hour yang melampaui jabatan dan kedudukannya sebagai pegawai kecil. Dia, memiliki mental dan kegigihan yang besar untuk memperjuangkan karirnya.

Pak Boss bercerita bahwa hampir selama setahun, proses itu berlangsung. Dan selama setahun itu, sang OB menunjukkan kemampuan belajar yang luar biasa sehingga setiap hari, dia menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dan sekarang, dia mampu menyelesaikan tugas yang penting.

Asyiknya lagi. Tak sekali pun dia bertanya;”Bayaran saya nambah nggak dengan mengerjakan tugas-tugas tambahan ini?” Padahal, itu adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh kaum professional yang mendapatkan tugas tambahan kan ya.

OB itu. Fokus saja terus kepada proses belajarnya. Tanpa mengharapkan imbalan apapun. Dia sadar, bahwa jabatannya terlampau rendah jika dibandingkan dengan mayoritas karyawan di perusahaan besar ini. Bahkan sering dianggap remeh. Disepelekan. Atau dipandang sebelah mata. Dan dia sadar. Bahwa perbaikan dalam karirnya hanya bisa dia sendiri yang memperjuangkannya.

Dalam posisinya yang tidak semua orang mau menerima pekerjaan itu, dia telah benar-benar menjalankan firman Allah dalam surah Ar-Ra’du ayat 11; “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri…..”

Ngomong-ngomong, kita ini lagi ngomongin apaan sih? Tentang bagaimana seorang OB dipromosi menjadi manager? Bukan. Ini tentang seberapa mau kita menyerap ilmu dari atasn yang hebat. Anda, sudah seberapa banyak ilmu yang Anda serap dari atasan Anda?

Kita bisa membicarakan hal ini lebih detail dalam training Turning Potential Power Into Professionalism saya. Mau ngadain training ini di kantor Anda? Gampang. Tinggal hubungi kami saja. Ok.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Internet

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.