Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Agar Anak Buah Pada Betah

Agar Anak Buah Pada Betah

Pasti pusing kalau anak buah Anda pada pindah. Tapi ada caranya supaya Anda nggak pusing lagi dengan kepindahan anak buah Anda. How? Simak pembahasannya disini….

Paling enak kalau memimpin team yang terdiri dari orang-orang bagus, dan mereka semua betah di team itu. Nggak ada yang aneh-aneh kepengen pindah. Atasan jadi tenang. Gak bakal ada gejolak berarti yang membikin hati deg-degan.

Tapi, hal itu hanya akan bisa terjadi apabila semua anak buah Anda adalah orang-orang yang sama-sama menyukai kestabilan. Sama-sama ogah memasuki situasi baru, tempat baru, dan tantangan baru.

Tapi kalau anak buah Anda bagus. Dan dia butuh terus bertumbuh kembang, maka sebaiknya ijinkan dia untuk menempuh takdirnya. Ditahan di unit kerja Anda? Satu, percuma. Dua, dzolim. Percuma karena Anda gak bakal bisa menahannya selamanya. Dan dzolim karena Anda telah menghalangi pertumbuhan dan perkembangan orang lain. Sebagai atasan, Anda justru mesti menjadi promotor atau sponsor atas kepindahannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Wwwhatsss? Mana bisa begitu? Bisalah. Kalau Anda mau belajar untuk menjadi seorang people builder. Maksudnya, Anda mengembangkan anak buah Anda. Lalu Anda sengaja – sengaja loh ya, bukan iseng aja. Anda sengaja bantu mereka mewujudkan aspirasi karirnya. Harus sengaja. Supaya, Anda tidak menjadi ‘korban’ dalam kejadian itu. Anda, justru bisa mengatur kapan waktunya dan bagaimana cara perginya anak buah Anda itu. Dan Andalah yang merencanakan proses suksesinya. Dengan begitu, maka Anda memegang kendali atas terjadinya semua peristiwa itu.

Jika Anda bisa begitu. In sya Allah. Anda tidak akan setress lagi kalau anak buah andalan Anda pergi. Karena sejak jauh-jauh hari, Anda sudah mempersiapkan segala kemungkinannya. Jika Anda sudah terbiasa melakukan hal itu, justru Anda akan semakin senang ketika melihat anak buah Anda tumbuh dan berkembang. Anda ikut bahagia setiap kali ada anak buah yang mengepakkan sayapnya ke tempat yang semestinya. Lalu Anak buah Anda itu senang atau tidak? Bukan hanya senang. Dia sangat menghargai Anda.

Bagaimna dengan anak buah Anda yang lainnya? Mereka akan melihat bahwa berada dibawah kepemimpinan Anda merupakan kesempatan untuk mempersiapkan diri mengejar karir yang lebih tinggi. Makanya, mereka akan dengan senang hati mempersembahkan yang terbaik bersama Anda. Menunjukkan bahwa mereka layak untuk Anda gembleng pula. Dengan begitu, kinerja team Anda pasti lebih baik. Dan dedikasi anak buah Anda pada pekerjaan pun akan terus menanjak naik.

Kita bisa mendiskusikan soal ini lebih ddetail dalam training “FUNDAMENTAL LEADERSHIP IN PRACTICE” saya. Training ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan para Supervisor dan Manager. Mau ngadain training ini dikantor Anda? Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/2013/02/01/leadership-in-practice/

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:google

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.