Sunday , September 22 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Lelah Mendidik Anak Buah?

Lelah Mendidik Anak Buah?

Mendidik anak buah itu memang bikin kita Lelah. Namun manfaatnya, sangat besar untuk menunjang karir kepemimpinan kita. Simak deh penjelasannya disini:

Benar. Mendidik anak buah itu bikin kita lelah. Sudah mah lelah dengan urusan kita, lelah pula mengajari mereka. Apa lagi kalau anak buahnya agak-agak bolot. Nggak bisa diajari cuman sekali dua kali. Mesti diulang terus baru ngerti. Cape dweh.

Pertanyaannya adalah; setelah anak buah yang ‘bolot’ itu jadi lebih terdidik, dia bisa meringankan pekerjaan Anda nggak? Bisa. Karena Anda mendidiknya dengan baik, sekarang dia bisa membantu meringankan pekerjaan Anda. Besok kalau pergi ke luar kota, anak buah yang Anda didik itu bisa menyelesaikan pekerjaan itu meskipun hanya dipandu lewat telepon. Pulang dari luar kota, lembar kerja tidak lagi bertumpuk di meja Anda.

Lelahkah Anda kalau mendapati anak buah sudah pada terampil menangani pekerjaan mereka? Tentu tidak lagi. Kenapa? Karena lelahnya sudah Anda pindah ‘didepan’. Maksudnya, semua lelah Anda dimasa lalu untuk mendidik dan mengembangkan mereka; akan terbayar lunas ketika sekarang anak buah Anda sudah menjadi orang yang bisa diandalkan. Kayak gitu penjelasan saintifiknya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Sayangnya, kebanyakan leader kepengen anak buah yang sudah jadi. Yang sudah langsung bisa kerja tanpa perlu repot-repot mendidik mereka. Nggak salah sih. Tapi kan Anda tidak selalu bisa dapat anak buah yang sudah jadi. Seringnya, dapat yang mentah-mentah gitu deh. Yang masih perlu dilatih dan dididik lagi. Makanya Anda mesti sengaja menyediakan waktu untuk meminterkan mereka, walaupun pun kesibukan kerja Anda bejibun sampai keubun-ubun.

Niatkan untuk melatih mereka, meski lelah rasanya. Namun lelah Anda hari ini, minggu ini, bulan ini – mungkin semester ini – seperti ‘pembayaran dimuka’ atas kenikmatan yang Anda bakal dapatkan dimasa depan. Jadi, Anda mungkin lelah sekarang untuk mendidik anak buah. Tapi nanti, Anda tidak lelah lagi karena anak buah Anda udah menjadi orang yang bisa diandalkan.

Inilah sebetulnya yang menjadi kunci mengapa banyak leader hebat yang meskipun pekerjaannya makin banyak. Tanggungjawabnya makin banyak. Tugas-tugasnya makin banyak. Anak buahnya makin banyak. Tapi mereka bisa menangani dan menyelesaikannya dengan baik.

Mengapa? Karena dalam leadership. Pencapaian seorang leader itu dihasilkan bukan atas hasil jerih payah diri mereka sendiri. Melainkan diraih bersama anak buahnya.

Teknisnya gimana sih? Kita bisa membahasnya dalam training Fundamental Leadership In Practice saya. Mau ngadain training ini dikantor Anda? Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:internet

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.