Sunday , December 15 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Bekerjalah Sesuai Kemampuan

Bekerjalah Sesuai Kemampuan

Jangan bekerja melebihi kemampuan. Bahaya. Bekerja itu cukup sesuai kemampuan saja. Setuju? Iya dong. Masalahnya. Anda sudah tahu batas kemampuan itu apa belum? Simak bahasannya disini yuks…

Kita sepakat untuk ‘Bekerja sesuai kemampuan” kan ya. Tapi tahukah Anda, dimana batas kemampuan Anda? Saya belum pernah bertemu orang yang sudah tahu sampai dimana batas kemampuannya. Kalau yang merasa sudah bekerja maksimal, banyak. Yang bekerja sesuai kemampuan maksimalnya? A-a…

Kita ini tidak benar-benar tahu. Dimana sesungguhnya batas kemampuan kita. Meskipun sudah bekerja ‘habis-habisan’; belum tentu sudah sampai dibatas tertinggi kemampuan yang kita miliki. Boleh jadi, kemampuan Anda jauh melampaui apa yang sudah Anda lakukan selama ini.

Begitu banyak potensi diri yang belum kita daya gunakan. Buktinya. Kita masih sering membatasi kerja keras ini dengan jumlah rupiah yang kita terima. Sesuai aja dengan bayarannya kan ya. Rugi jika mesti bekerja ekstra. Kayaknya untung di perusahaan, rugi di kita. Tanpa disadari kapasitas diri yang kita miliki, telah disia-siakan.

Lain ceritanya kalau Anda bekerja untuk menantang diri hingga dibatas mana kemampuan kerja tertinggi – bukan untuk sekedar memenuhi kewajiban setara dengan bayaran. Maka Anda, bisa menjadi manusia yang ‘seutuhnya’.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Betapa banyak yang datang ke kantor untuk sekedar memenuhi kewajiban standarnya saja. Hanya sedikit pekerja yang menyadari bahwa kantor mereka adalah tempat terbaik untuk melakukan berbagai eksperimen dalam pendakian hingga ke puncak kapasitas dirinya sendiri. Karena jumlah mereka yang sedikit itu, maka mereka mudah terlihat. Dan mereka, bersinar seperti bintang yang berkerlap-kerlip. Semakin gelap gulita malam menyelimuti langit, semakin cemerlang sang kejora terlihat. Sehingga merekalah yang kemudian mendapatkan lebih banyak manfaat. Lebih beragam kesempatan. Dan lebih besar tanggungjawab dimasa depan.

Kita tidak akan pernah mengetahui sampai dimana batas kemampuan tertinggi kita; jika membatasi kerja keras dan dedikasi ini dengan waktu, uang, pujian, atau imbalan yang kita dapatkan. Bekerjalah untuk mengeksplorasi kemampuan Anda. Insya Allah Anda akan semakin dekat kepada batas kemampuan tertingginya.

Dan tahukah Anda, apa yang akan Allah lakukan kepada orang yang bekerja sesuai kemampuan itu? Perhatikan firman-Nya dalam surah Az-Zumar ayat 39 :”Katakanlah Muhammad” demikian Allah bertitah.: ”Wahai kaumku. Bekerjalah sesuai dengan keadaanmu. Sesungguhnya Allah pun bekerja pula. Maka kelak, engkau akan mengetahui.”

Pantaslah jika pengetahuan. Keterampilan. Dan kemahiran. Menjadi milik mereka yang terus menyibukkan dirinya sendiri. Melalui penugasan dan pekerjaan yang sulit, lagi menantang. Karena, ketika seseorang bekerja dengan sepenuh kesungguhan untuk mengkesplorasi kapasitas dirinya. Maka Allah, membukakan jalan baginya untuk mengetahui lebih banyak tentang batas kemampuannya.

Kita bisa membahas lebih lanjut soal ini dalam training Turning Potential Power Into Professionalism saya. Mau ngadain training ini di kantor Anda? Silakan hubungi 0812-1989-9737 atau email dkadarusman@yahoo.com.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.

S-TED Training

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:Insurzine

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.