Tuesday , November 12 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Pemimpin Itu Apa Sih?

Pemimpin Itu Apa Sih?

Semua orang ingin menjadi pemimpin. Anda juga kan ya? Tapi apakah Anda sudah paham; apa sih pemimpin itu? Lalu… apakah pemahaman Anda sudah tepat? Kita simak pembahasannya disini yuk….

Kita sudah cukup banyak membahas tentang kepemimpinan. Tapi ngomong-ngomong, pemimpin itu apa sih? Pertanyaan ini memang cetek. Tapi, sungguh; “Pemimpin itu apa sih?” Tidak selalu mudah loh untuk menjawab pertanyaan cetek. Khususnya, jika yang dibutuhkan adalah jawaban orisinil yang datang dari pemahaman kita. Bukan semata-mata merujuk kepada buku-buku referensi kepemimpinan yang sudah ada. Jadi, apa jawaban Anda?

Faktanya, pertanyaan yang paling mendasar itu biasanya paling sulit untuk dijawab. Padahal, sesuatu yang mendasar itu berfungsi seperti fondasi atau tiang bagi subyek utamanya. Bayangkan gedung pencakar langit yang fondasinya lemah. Berbahaya kan? Kita, belajar ilmu kepemimpinan tingkat tinggi. Tetapi pemahamahan kita tentang ‘apa sih pemimpin itu’ lemah. Repot.

Mari kita kembali kepada sifat dari pemimpin. Secara kodrati, dia diikuti oleh orang lain. Dimasa lalu, relatif sederhana untuk menjadi pemimpin. Kalau lahir dari keluarga raja, maka secara otomatis diikuti. Sekarang, tidak begitu lagi. Biar anak presiden juga, kalau nggak memenuhi syarat mah; ngapain diikutin.

Kalau diangkat menjadi pejabat, otomatis dipatuhi rakyat. Itu juga dulu. Sekarang? Hanya yang sekubu, yang … bersekongkol. Jadi, apa sih pemimpin itu?

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Silsilah keluarga, dan jabatan tidak serta merta membuat orang lain mengikuti Anda. Mengapa demikian? Karena, kepemimpinan tidak berkaitan langsung dengan keturunan dan hirarki jabatan.

Kepemimpinan, berkaitan dengan kualitas pribadi kita. Meskipun tidak memegang jabatan, kita tetap respek kepada orang-orang tertentu kan ya? Dan kita bersedia mengikutinya meskipun dia bukan keturunan orang terpandang.

Jadi apa sih pemimpin itu sebenarnya? Mari kesampingkan dulu definisi dari buku-buku teks tentang kepemimpinan. Saatnya merujuk kepada fakta bahwa pada akhirnya manusia hanya bersedia mengikuti orang-orang yang dinilainya lebih baik dari dirinya. Hati nurani manusia, memiliki standar yang murni untuk menentukan seseorang layak diikuti atau tidak. Benar demikian kan faktanya? Iya.

Dengan berpijak dari fakta itu, maka pertanyaan tadi bisa dijawab dengan sederhana bahwa; pemimpin, adalah orang yang berkomitmen dan mampu menjadikan dirinya lebih baik dari lingkungannya. Makanya, orang lain bersedia untuk secara sukarela mengikutinya.

Jadi jika Anda bisa menjadikan diri Anda pribadi lebih baik dari lingkungan Anda, maka Anda adalah seorang pemimpin. Meskipun secara hirarki, posisi Anda setara bahkan lebih rendah mereka.

Dikantor, misalnya. Jika sikap Anda. Perilaku Anda. Kualitas pribadi Anda secara keseluruhan lebih baik daripada semua orang yang ada dikantor itu; maka Andalah pemimpinnya. Bukan seseorang yang menduduki jabatan lebih tinggi dari Anda. Dan Anda, akan lebih diikuti oleh orang lain.

Pejabat di kantor Anda, mungkin akan tetap diikuti. Tapi itu karena kedudukan dan kekuasaannya. Sedangkan Anda, diikuti karena memang secara pribadi; Anda layak diikuti secara suka rela. Beda kan ya?

So my friend. Jika Anda ingin menjadi pemimpin, sederhana caranya. Mampukanlah diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik daripada lingkungan sekitar Anda. Insya Allah, Anda akan menjadi pemimpin bagi mereka.

Kita bisa membahas lebih lanjut soal ini dalam training Fundamental Leadership In Practice saya. Mau ngadain training ini dikantor Anda? Hubungi 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:medium

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.