Tuesday , November 12 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Mengapa Delegating Sering Gagal?

Mengapa Delegating Sering Gagal?

Apa sih tujuan mendelegasikan sebagian dari tugas kepada anak buah? Supaya sebagai atasan, Anda punya cukup waktu untuk mengerjakan tugas lainnya kan ya? Keliru. Nggak heran kalau Anda sering kecewa pada hasilnya jika demikian. Lalu, delegasi yang bener itu macam mana?. Mari simak uraiannya disini….

MENGAPA DELEGATING SERING GAGAL?
Delegating merupakan salah satu skill penting dalam kepemimpinan. Tapi, atasan sering kecewa terhadap hasilnya. Makanya banyak atasan yang kesal kepada anak buahnya. Anak buahnya juga kesal, karena sudah lelah-lelah bantuin atasan; eh, dia nggak puas juga.

Para atasan itu belum pada paham bahwa ada teknik delegasi yang tidak pernah gagal. Selalu berhasil. Anda sudah tahu? Mari kita bahas.

Ini kuncinya: Lakukan pendelegasian tugas itu, dengan niat yang bener.

Maksudnya bagaimana? Begini. Kebanyakan atasan mendelegasikan pekerjaan dengan maksud untuk mengelola waktunya secara efektif. Sebagai atasan dia punya banyak pekerjaan. Sedangkan waktunya sangat terbatas. Maka solusinya adalah; delegasikan sebagian dari pekerjaannya kepada anak buahnya. Kan gitu ya? Ini keliru banget.

Kenapa? Karena dengan cara seperti itu, Anda menganggap anak buah sekedar sebagai ‘alat’ untuk mencapai tujuan Anda. Faktanya, Anda juga nggak selalu seneng kalau dikasih tugas tambahan oleh atasan Anda kan. Dalam hati Anda bilang; yang digaji gede dia, yang kerja keras gue. Dengan sikap seperti itu; apakah Anda akan bekerja all out untuk menyelesaikan tugas yang didelegasikan oleh atasan? Tidak. Anak buah Anda, sama. Dia nggak mau mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menyelesaikan tugas yang Anda delegasikan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jadi gimana solusinya? Ubah niat Anda. Yang bener itu begini; Anda, mendelegasikan tugas kepada anak buah dengan niat; mempersiapkan mereka agar kelak bisa mengemban tanggungjawab dan jabatan yang lebih tinggi.

Anda mendelegasikan tugas bukan karena kepepet. Kerjaan banyak, waktu nggak cukup. Bukan begitu. Anda mendelegasikan tugas mesti untuk melatih mereka. Agar jadi mumpuni. Supaya kelak, dia memiliki kualifikasi yang memadai untuk menapaki jenjang karir yang lebih tinggi.

Jika Anda dibimbing oleh atasan untuk bisa menapaki jenjang karir, Anda mau all out nggak kerjanya? Mau. Anak buah Anda juga begitu. Maka itulah rahasia tehnik delegasi yang tidak pernah gagal. Rahasia loh ya. Nggak banyak leader yang tahu soal itu.

Eh nggak rahasia dhing. Soalnya, Rasulullah sudah sejak 1400 tahun lalu mengajarkan kepada kita bahwa “Innamal a’malu binniyaat…” sesungguhnya, nilai setiap amal perbuatan itu bergantung pada niatnya.

Anda. Kalau mendelegasikan tugas dengan niat untuk mengurangi beratnya pekerjaan Anda sebagai atasan, maka; kemungkinan besar akan membuat anak buah Anda enek sama Anda. Tapi kalau Anda delegating dengan niat mendidik, melatih, dan menyiapkan mereka untuk jenjang karir yang lebih tinggi. Maka Anda, akan mendapatkan komitmen paripurna dan dari mereka.

Ok. Sampai jumpa di kelas training saya ya. Insya Allah.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Change Matter Learning Partner
Cell: 0812-1989-9737 Email: dkadarusman@yahoo.com

Leadership In Practice

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989- 9737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-19899-737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:apiaviation

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.