Tuesday , November 12 2019
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Temukan Sisi Samarnya

Temukan Sisi Samarnya

Menurut pendapat Anda, apa sih kehebatan uang koin? Walaupun nilainya kalah dibanding uang kertas, koin itu punya 2 sisi yang saling membelakangi.

Anda hanya bisa melihat 1 sisi saja dari kedua sisi itu. Ketika satu sisi kita tatap, sisi lainnya sembunyi. Ada, tapi tidak kelihatan. Jika sisi yang kelihatan menjadi dominan, maka sisi lainnya menjadi samar.

Demikian pula dengan kehidupan. Bukankah dalam setiap peristiwa selalu ada 2 sisi yang berbeda? Makanya kita punya istilah dua sisi mata uang. Dalam peristiwa buruk pun selalu ada hal baiknya. Dalam peristiwa baik, ada sisi buruknya.

Mari sebut saja sebuah peristiwa penting dalam hidup Anda. Bukankah dari peristiwa itu ada sisi positif dan negatifnya? Iya.

Dibalik kejadian yang asyik, ada sisi negatifnya. Punya banyak uang misalnya. Nggak melulu positif ternyata. Sisi negatifnya juga banyak. Coba perhatikan, betapa banyak orang yang dikasih kelapangan harta. Tapi kemudian hartanya digunakan untuk berbuat buruk.

Sisi dominan memiliki uang itu, baik. Tapi manusia sering lengah terhadap sisi samarnya berupa perilaku buruk yang tidak disukai Allah. Padahal, jika tidak punya banyak uang; kita tidak akan berperilaku begitu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ini penting kita pahami. Agar kelak, jika Allah kasih kita kelapangan harta; kita nggak cuma bisa melihat sisi dominannya, melainkan juga waspada sisi samarnyanya. Sehingga kita bisa menjaga diri agar tidak tergelincir kepada ‘efek samping’ dari memiliki harta itu.

Bagaimana dengan peristiwa yang nggak asyik? Kehilangan pekerjaan misalnya. Atau, mungkin kehilangan pasangan. Atau, peristiwa apapun yang tidak kita inginkan. Sisi dominan yang paling kelihatan kan yang nggak enaknya. Sedih. Merana. Menderita.

Lalu apa sisi samarnya? Ini yang perlu kita temukan. Karena didalam sisi samar itu, tersimpan hikmah dibalik peristiwa tidak menyenangkan yang kita alami.

Sisi samar itu bisa membuat seseorang yang tertimpa ujian berupa badai kehidupan yang sangat berat, tetep bisa tegar dan bersabar. Sehingga senyum tulus masih terlukis diwajahnya. Dan perasaan tenteram masih bersemayam didalam hatinya.

Adil banget kan Allah kalau memberi sesuatu pada manusia. Entah yang diberikannya berupa hal-hal yang kita sukai. Ataupun hal-hal yang pengennya sih dihindari. Jika Allah kehendaki, pasti terjadi. Tapi, Allah melengkapi setiap peristiwa dengan kedua sisi yang sudah kita bahas tadi.

Lalu bagaimana cara kita menyikapi? Tentu sisi dominannya secara otomatis bakal kita sadari. Yang perlu kita latih lagi adalah; menyadari sisi samarnya. Sehingga kita tidak lupa diri saat sedang dikasih karunia yang menyenangkan. Dan kita, tidak patah hati jika sekali-kali Allah beri ujian yang berat dalam kehidupan.

NB: “CONNECTING & COLLABORATING PEOPLE FOR PERFORMANCE” adalah program baru saya yang cocok untuk membangun sinergi antar individu maupun lintas departemen di kantor Anda. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Salam hormat!
Mari Berbagi Semangat.
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. J Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:uangindonesia

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.