Saturday , August 8 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Makin Sering Digunakan

Makin Sering Digunakan

Kalau diperhatikan, orang kerja itu tidak selalu sibuk ya. Kadang nyantai juga kok. Apalagi kalau bidang pekerjaan itu sudah dijalani bertahun-tahun. Sambil merem aja kelar, ibaratnya. Nggak usah susah-susah. Enak kerja kayak ginian mah. Tapi wait, apakah kondisi seperti itu baik buat Anda?

Kemarin STNK motor saya diperpanjang. Tidak terasa, sudah 5 tahun rupanya. Tapi, odometernya menunjukkan angka 7,890 kilo meter. Maklum, motor ini hanya dipakai kalau mau ke gym atau ke pasar. Teman saya yang motornya lebih muda 2 tahun sudah menempuh jarak berpuluh-puluh kilometer.

Pertanyaan; kondisi motor siapa yang lebih disukai user? Motor saya dong. Sudah banyak komponen motor teman saya yang aus. Punya saya, masih woke. Karena, jarang dipakai itu tadi.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Manusia pekerja. Manakah yang paling disukai oleh ‘user’? Yang jarang dipakai, ataukah yang sering banget dipakai? Anda tahulah jawabannya kan ya?

Beda dengan motor yang makin sering dipakai makin aus, manusia itu; semakin banyak dipakai justru semakin bagus. Maka, kerja nyantai itu justru merugikan diri sendiri.

Kenapa diri sendiri yang rugi? Justru untung dong. Sesuai dengan bayarannya aja dong yakan?

Iya. Kalau kita memakai prinsip ‘hitung-hitungan’. Perusahaan menggaji kita berapa, ya senilai itulah kontribusi yang kita berikan. Sepadan kan? Boleh? Boleh.

Tapi kalau menghitungnya dengan benar, kita bahkan bisa menemukan kekeliruan dalam hitungan itu. Anda, salah perhitungan kalau mengira kerja melampaui bayaran itu nggak ada manfaatnya.

Kan manusia itu beda dengan motor. Makin sering kita gunakan kemampuan kita, maka kita semakin bagus. Sebaliknya, kalau kemampuan itu nggak dipakai; maka akan hilang dengan sendirinya. Itu makna prinsip ‘use it, or loose it’.

Kita boleh memilih untuk ‘menyimpan’ kemampuan itu. Dengan resiko, bakal hilang karena nggak dipraktekkan. Atau kita gunakan saja sesering mungkin walaupun gaji kita nggak setinggi itu. Untungnya apa? Pertama, ya keterampilan kita bakal tetap terjaga. Bahkan semakin terasah.

Kedua, kinerja atau kontribusi kita bakal lebih tinggi dari ekspektasi perusahaan. Ada peluang dapat bonus lebih kan?

Ketiga, boleh jadi suatu saat nanti. Entah kapan. Ada posisi kosong yang levelnya lebih tinggi. Sedangkan kita, sudah terbiasa berkontribusi lebih tinggi buat perusahaan. Maka, peluang kita untuk mendapat kepercayaan jadi lebih besar kan?

Training “Connecting & Collaborating People for Performance” saya cocok untuk event di kantor Anda. Hubungi kami.

Training “Connecting & Collaborating People for Performance” saya cocok untuk event di kantor Anda. Hubungi kami.

Salam hormat!
Mari Berbagi Semangat.
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. J Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:uli88wp

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.