Monday , April 6 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Dua Hal Penting Penyokong Ego

Dua Hal Penting Penyokong Ego

Ketika melihat foto rame-rame bersama teman Anda; wajah siapa yang Anda cari pertama kali? Wajah Anda sendiri. Itu sudah pasti. Itu menunjukkan bahwa ego, mendominasi alam bawah sadar kita. Dan itu normal banget.

Berkah dari ego itu banyak. Dengan ego, kita terdorong untuk memperjuangkan sesuatu, terus bertumbuh kembang, dan tidak cepat berpuas diri. Sehingga, kita bisa tiba pada pencapaian tertinggi dalam hidup kita.

Namun, ego itu membutuhkan 2 penyeimbang. Penyeimbang pertama, adalah; AKHLAK yang baik. Ini tercermin dalam perangai dan tingkah laku yang baik. Dengan akhlak yang baik kita memanfaatkan kekuatan ego tanpa merugikan orang lain. Tanpa akhlak yang baik, kita menjadi egocentric. Yang hanya mementingkan diri sendiri. Tidak peduli sekalipun harus mengorbankan kepentingan orang lain, bahkan jika harus merampas hak orang lain.

Jika berperilaku seperti itu, lantas apa bedanya kita dengan binatang kan ya? Allah berfirman: “Sungguh Kami telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk. Kemudian Kami kembalikan dia, ketempat yang serendah-rendahnya.”

Kita ini diciptakan dengan derajat yang lebih tinggi dari binatang. Namun, perilaku buruk kita menyebabkan nilai diri kita lebih rendah dari binatang sekalipun. Begitulah jadinya, jika kita membiarkan ego menguasai diri kita tanpa penyeimbang berupa akhlak yang baik.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Penyeimbang kedua, adalah MENTAL yang kuat. Dengan mental yang lembek, kita akan menjadi orang yang cengeng. Mudah menyerah. Gampang mutung. Perhatikan betapa banyak orang yang dulunya sangat positif. Sangat rajin. Sangat kompetitif. Tiba-tiba melempem begitu mendapatkan kekecewaan dari lingkungan kerjanya.

Mungkin karena atasannya yang kurang baik. Mungkin karena kebijakan perusahaan yang tidak sesuai dengan harapannya. Mungkin karena belum juga dipromosikan meskipun hasil kerjanya selalu dipuji-puji. Atau, mungkin karena kekecewaan lainnya.

Maka tidak mengherankan jika banyak orang yang punya potensi diri tinggi namun tidak mau mengerahkan segenap kemampuannya secara optimal. Karena mereka merasa, ‘imbalannya tidak sepadan dengan usaha atau kerja keras yang dilakukannya’.

Maka sekarang kita tahu bahwa ego itu baik. Tapi tanpa AKHLAK yang baik, ego kita merugikan orang lain. Dan tanpa MENTAL yang baik, ego itu; merugikan diri sendiri.

Jadi pesan pembelajaran terpentingnya adalah; ego kita, bisa berdampak baik kepada orang lain dan diri kita sendiri jika. Dan hanya jika. Kita, menyokong ego itu. Dengan AKHLAK dan MENTAL yang baik. Would you like to do so? Hayu….

NB: “CONNECTING & COLLABORATING PEOPLE FOR PERFORMANCE” saya cocok untuk membangun sinergi antar individu maupun lintas departemen di kantor Anda. Hubungi kami.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
http://www.dadangkadarusman.com/training-deka/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar:rakyatku

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.