Monday , February 24 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Mengejar Jabatan Itu Baik

Mengejar Jabatan Itu Baik

Jika kata ‘ambisi’ itu berkonotasi negatif. Maka kita tidak selayaknya menyebut orang yang berjuang mengejar suatu jabatan sebagai orang yang ambisius. Kenapa demikian?

Karena, dengan menduduki posisi yang lebih tinggi; kita memiliki kesempatan untuk berkontribusi lebih banyak lagi.

Kata kuncinya ini; ‘berkontribusi lebih banyak lagi’. Bukan ‘berpenghasilan lebih besar lagi’? Bukan.

Mari perhatikan kedua frase itu. (1).Bekontribusi lebih banyak lagi. (2).Berpenghasilan lebih besar lagi.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Masalah kepemimpinan sering ditimbulkan oleh yang nomor (2) itu. Kalau mengejar jabatan dengan itikad mendapatkan penghasilan lebih banyak, maka prioritas kita ya dapat dowet sebanyak-banyaknya.

Tidak peduli jika harus mengesampingkan moralitas, etika atau tuntunan agama. Menyusahkan orang lain juga hayu saja. Kalau perlu berkhianat, why not? Bisa dibayangkan betap besar kerusakan yang bisa ditimbulkannya kan?

Makanya, Rasulullah mewanti-wanti kita. Jangan menjadi atasan yang jahat a.k.a pemimpin dzalim. Jangan. Walaupun dengan cara memimpin seperti itu kita jadi kaya raya dan berkuasa.

Hati-hati loh. Rasulullah pernah berdoa. Kira-kira begini doanya; “Ya Allah, barangsiapa memegang jabatan lalu mempersulit rakyatnya, maka persulitlah dia. Dan barangsiapa memegang jabatan lalu menggunakan jabatannya untuk menolong rakyatnya, maka tolonglah dia.”

Doa ini tidak hanya berlaku dalam konteks kepemimpinan negara. Dalam perusahaan juga sama. Maka ketika Anda memperjuangkan peluang untuk di promosi, misalnya. Teguh hatilah dengan itikad no (2) tadi. Untuk berkontribusi lebih banyak lagi.

Perhatikan diri Anda pada posisi sekarang. Sudah bisa berkontribusi bagi kebaikan orang lain? Sudah. Tapi kontribusi yang Anda berikan bisa lebih banyak lagi kalau Anda berada pada posisi yang lebih tinggi dari itu kan? Tentu.

So, go for it!
Perjuangkan posisi lebih tinggimu wahai orang baik. Karena posisi tinggi dan otoritas besar itu, akan memberi berkah kepada rakyat atau orang banyak; jika dipegang oleh orang yang berkomitmen untuk berkontribusi lebih banyak kepada orang lain. Bukan oleh orang yang hendak mengeruk keuntungan pribadi lewat kedudukan yang disalahgunakannya.

Ketahuilah my friend. Bahwa, perjuangan sejati dalam jabatan itu BUKANLAH ketika berusaha untuk meraihnya. Melainkan ketika kita menggunakannya.

Sanggupkah Anda memegang amanah itu untuk kebaikan orang-orang yang Anda pimpin? Insya Allah. Itulah perjuangan yang sesungguhnya.

Training “Connecting & Collaborating People for Performance” saya cocok untuk event di kantor Anda. Hubungi kami.

Salam hormat!
Mari Berbagi Semangat.
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. J Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:voxproductblog

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.