Monday , February 24 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Pilih Uang Atau Ilmu?

Pilih Uang Atau Ilmu?

Jika Anda boleh memilih salah satu: Ilmu Yang Bermanfaat. Atau uang sejumlah 10Triliun. Anda pilih mana?

Jika Anda memilih uang 10T, maka pilihan kita; sama. Saya akan pilih uang juga. Karena dengan uang sebanyak itu, saya bisa mempelajari banyak ilmu yang bermanfaat. Atau setidaknya, bisa menggaji orang-orang berilmu agar bisa mendapat berbagai manfaat.

Sekarang, let’s get back to reality. Berapa besar sih kemungkinan Anda dikasih pilihan uang 10T? Hampir 0%-lah. Anda bukan tokoh politik kan? Bukan pejabat publik, bukan pula pemegang otoritas kebijakan lembaga negara yang bisa Anda obok-obok mumpung sedang berkuasa.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dengan kata lain, Anda nggak punya potongan untuk menjadi buronan gara-gara tega merusak negara ini. Jangan baper, saya juga kok. Maka oleh sebab itu, yang tersisa buat kita hanya ada 1 pilihan, yaitu; mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Yes. Mendapatkan Ilmu yang bermanfaat itulah yang paling realistis buat kita. Dengan ilmu yang bermanfaat itu, insya Allah; kita dapat menjalani hidup dengan layak. Bahkan dengan ilmu yang bermanfaat itu, kita bisa beramal hingga pahalanya mengalir terus walaupun kitanya sudah wafat.

Memangnya semudah apa mendapat ilmu yang bermanfaat itu? Semudah memunguti daun-daun yang berserakan diatas tanah. Ini bukan asal omong. Malainkan atas dasar firman Allah; Inna fii kholqi as-samaawaati wal-ardi. Wakhtilaafi al-laili wannahaari la-aayaati li uli al-albaab.

Engkau bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dimana saja dalam bentangan hikmah yang Allah hamparkan dan tebarkan di langit dan bumi ini.

Penerapan paling realistis dalam konteks dunia kerja jadinya begini; kantor kita itu, adalah gudangnya ilmu. Tempat dimana kita bisa mereguk sebanyak-banyaknya ilmu yang bermanfaat.

Bermanfaat buat siapa? Buat karir dan kehidupan kita tentu saja. Dengan ‘ilmu kerja’ yang tinggi, maka nilai kita juga menjadi tinggi kan ya? Iya.

Sayangnya, banyak karyawan yang keliru soal ilmu itu. Mereka mengira ilmunya sudah cukup. Jadi, masuk ke perusahaan itu dengan tekad ‘memanfaatkan ilmu’ yang sudah dimilikinya. Jadi, kurang dorongan to learn and unlearn dalam dirinya.

Makanya, kerja bertahun-tahun cuman dapat gaji doang. Gak nambah ilmu. Padahal. Gaji itu pasti habis. Sedangkan ilmu, menetap didalam dirinya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Ngomongnya jangan teori doang dong Dang! Capek dicekoki dengan bualan orang kayak kamuh!

Baik. Kalau begitu, ijinkan saya menceritakan real case-nya. Saya, misalnya. Waktu kerja dulu, sampai sekarang; memaksa diri sendiri to learn something. Maka dapatlah tambahan ilmu yang bermanfaat. Walaupun hanya sedikit-sedikit. Sampai hari ini, alhamdulillah; dengan ilmu itu saya menjemput jatah nafkah Allah untuk keluarga saya. Cukup.

Teman saya. Dulu bekerja di perusahaan berbasis teknologi komunikasi. Hari ini, punya bisnis di bidang telco. Kok bisa begitu? Karena ketika masih bekerja dulu, dia menyerap dan mengumpulkan ilmu yang bermanfaat.

Tetangga saya di komplek lama, mantan karyawan di perusahaan pembuatan komponen otomotif. Hari ini, memiliki pabrik asesoris mobil. Orangnya masih sering ketemu di fitness center dengan saya kalau akhir pekan.

Maka buat Anda yang sampai saat ini ngantor untuk sekedar menjalani rutinitas kerja. Setoplah cara bekerja seperti itu. Dan mulailah bekerja untuk memperkaya diri Anda, dengan ilmu yang bermanfaat. Deal?! Ouwke deh…

Training “Connecting & Collaborating People for Performance” saya cocok untuk event di kantor Anda. Hubungi kami.

Salam hormat!
Mari Berbagi Semangat.
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. J Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:cio.com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.