Monday , May 25 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Menjadi Yang Terbaik

Menjadi Yang Terbaik

Apakah Anda sudah menjadi yang terbaik? Terbaik dalam hal apa? Dalam profesi Anda dong. Sudah? Coba renungkan jawabannya.

“Sebelum nanya orang lain, apakah kamu sudah menjadi yang terbaik Dang?” Jika Anda bertanya balik seperti itu, maka beginilah respon saya.

Pertama. Terbaik atau tidaknya kita, bukanlah keadaan yang dihasilkan melalui perbandingan diri kita dengan orang lain.

Saya misalnya, tidak layak membandingkan diri saya dengan orang lain yang seprofesi dengan saya. Selain, tidak ada pijakan ilmiahnya. Juga tidak cukup etis kalau menilai diri lebih baik dari orang lain.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kalau pun penilaian itu obyektif, mungkin selama ini kita ‘mainnya’ hanya di ‘kolam kecil’. Coba masuk ke danau, laut atau samudera. Maka kita akan ketemu dengan yang lebih baik lagi dari diri kita.

Kedua. Manusia itu dikasih Allah dengan anugerah berupa potensi diri yang tinggi. Tapi. Ditakdirkan untuk tumbuh dari lemah, menjadi kuat, menjadi lemah lagi. Ketika masih bayi, misalnya. Kita nyaris tak berdaya. Seiring berjalannya waktu, daya diri kita bertambah. Lalu, nanti; kembali lemah.

Dari mana pertambahannya? Dari hasil eksplorasi ‘kapasitas terpasang’ kita. Kalau kapasitas diri itu tidak dieksplorasi maka dia bakal seperti production capacity sebuah pabrik yang nggak pernah dipakai. Bisa memproduksi 1000 unit perhari, misalnya. Tapi kegiatan produksinya hanya 10 unit/hari. Under utilized jadinya.

Maka ukuran terbaik atau tidaknya kita adalah; ketika kapasitas diri kita terdayagunakan seoptimal mungkin. Semakin produktif diri kita, semakin menjadi yang terbaik kita. Dan karena kapasitas diri kita berbeda dengan orang lain, maka sekali lagi; kita tidak dituntut untuk membanding-bandingkannya dengan orang lain.

Ketiga. Kita, diciptakan sebagai mahluk sosial. Maka ciri apakah seseorang sudah menjadi yang terbaik atau belum, ditentukan oleh seberapa baiknya dia menjalankan peran sosial yang diembannya.

Orang yang sukses mencapai karir dan kekayaan, misalnya. Tidak termasuk terbaik, jika kontribusi sosialnya rendah. Kontribusi sosial itu, tidak selalu bermakna uang, sumbangan atau kedermawanan. Melainkan seluruh aspek yang mencakup cara kita berinteraksi dengan orang-orang disekitar kita.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kabar baiknya adalah; semua daya diri yang Allah anugerahkan itu, ternyata disiapkan untuk menjadikan kita manpu memberikan kontribusi terbaik kepada lingkungan kita. Makanya, kita menyaksikan bahwa; orang yang hidupnya bermanfaat buat lingkungannya selalu dihormati dan dihargai kan ya.

Demikianlah Rasulullah mengajarkan. Beliau bersabda; sebaik-baik manusia, adalah yang paling banyak manfaatnya buat orang lain.

Dengan demikian. Setiap insan bisa menjadi orang yang terbaik tanpa harus menyaingi atau mengalahkan orang lain. Sudah jelas kan ya? So. Mari kita terus berupaya untuk menjadi orang yang terbaik.

NB: “S-TED Training: Strengthening Corporate & Organizational Alignment” In-House Training Untuk Meningkatkan Corporate Alignment Dalam Format Simulasi Bisnis Interaktif. Hubungi kami.

Salam hormat!
Mari Berbagi Semangat.
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner.
www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. J Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan Nama Lengkap dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:2empowerthyself,com

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.