Monday , April 6 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Sudah Siapkah Anak Buah Anda?

Sudah Siapkah Anak Buah Anda?

Perusahaan baru saja membuka ’tahun buku’baru. Berisi misi baru, target baru, budget baru dan strategy-strategy baru. Mungkin tidak seluruhnya baru, karena ada beberapa hal yang sama dengan tahun sebelumnya. Namun, pasti ada banyak hal baru karena jika seluruhnya sama, maka perusahaan akan jalan ditempat. Pertanyaannya adalah; apakah anak buah Anda sudah siap untuk mengemban tanggungjawab yang baru itu?

”Sudah dong. Kan sudah diadakan Anual Business Meeting. Semua sudah dipresentasikan!”. Itu benar. Tapi mereka butuh lebih dari presentasi marathon yang melelahkan itu agar bisa maju ke ’medan tempur’ dengan kekuatan penuh.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Bayangkan Anda maju ke pertempuran bersama seluruh prajurit yang Anda pimpin. Ditengah sengitnya pertempuran itu, Anda baru menyadari bahwa ternyata banyak prajurit yang belum siap sehingga mereka keteteran; lalu kocar kacir nggak karuan. Mau mundur ke belakang untuk melakukan persiapan? Telat.

Maka mengevaluasi kesiapan anak buah diawal tahun ini sangat penting. Tidak berarti menunda pertempuran. Karena begitu memasuki hari pertama kerja ditahun baru, timer dan skorernya sudah otomatis berjalan kan. Namun, kita bisa membantu anak buah mengatasi hambatan dan tantangan yang menghadang selama 12 bulan kedepan. Tindakan apa yang mesti dilakukan bersama mereka? Mungkin coaching. Mungkin briefing lebih intensif. Mungkin terjun ke lapangan. Mungkin mengubah pola kerja. Memperbaiki lingkungan kerja. Atau…

Ada banyak kemungkinan lainnya. Termasuk kemungkinan diperlukannya pelatihan buat anak buah Anda. Lucu jika target-target perusahaan meningkat terus, tapi pembekalan buat prajurit terhenti. Justru karena semakin beratnya tantangan yang bakal mereka hadapi ditahun ini maka mereka mesti mendapat lebih banyak pembekalan. Jika tidak, maka semakin lama; mereka akan semakin lamban. Dan diakhir tahun, Anda dipaksa untuk menelan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan menejemen. Amit-amit, kan?

”Dang, diperusahaan ini HRD-nya pasif!” Cukup sering terdengar pernyataan serupa itu. ”Boro-boro mikirin pelatihan buat karyawan, mereka cuman sibuk urusan administrasi doang”. Bagaimana jika Anda bekerja diperusahaan yang begitu juga? Begini:

Anda. Adalah pimpinan bagi unit kerja Anda. Orang yang berkepentingan langsung dengan kualitas anak buah Anda. Maka, Anda tidak boleh lagi bergantung kepada departemen lain untuk mendidik dan mengembangkan anak buah Anda. Andalah penanggungjawabnya. Becuase, every manager is a human resources manager loh.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tentu pekerjaan Anda banyak. Dan waktu Anda terbatas. Maka disamping hal-hal yang bisa Anda lakukan sendiri, ada hal yang butuh bantuan dari pihak lain. Wajar. Yang perlu Anda lakukan adalah memperjuangkan kepada menejmen untuk mendapatkan bantuan yang Anda perlukan. Anda yang mesti mendorong HRD dan Pimpinan yang lebih tinggi supaya lebih aware dengan pentingnya program-program pengembangan SDM di team Anda.

Jangan takut dibilang bawel, jika Anda terus gigih memperjuangkannya. Karena itu hak Anda. Hak anak buah Anda. Dan hak perusahaan juga untuk mendapatkan kualitas SDM yang semakin membaik dari tahun ke tahun. Jika tidak, maka perusahaan akan kalah bersaing dengan perusahaan lain.

So my friend. Mumpung tahun buku yang baru ini baru saja dimulai. Sebelum Anda meniup peluit komando memerintahkan anak buat Anda untuk ”MAJUUUUUUU!” , sebaiknya periksa dulu. Sampai sejauh mana kesiapan mereka. Pengetahuan mereka. Keterampilan mereka. Sikap mereka. Sudah memadaikah? Jika sudah, tiuplah peluit itu agar unit kerja Anda maju dengan kekuatan penuh.

Tapi, jika ada hal-hal yang masih mesti diperbaiki; jangan menunda-nunda untuk melakukannya. Karena Anda, adalah pimpinannya. Dan Anda memiliki tanggungjawab sekaligus kewenangan, untuk memberi mereka bekal yang cukup agar bisa mewujudkan tugas yang diberikan oleh perusahaan.

NB: Training “FUNDAMENTAL LEADERSHIP IN PRACTICE” kami dirancang untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan Supervisor dan Manager. Hubungi kami.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner

Leadership In Practice

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:proofhubblog

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.