Wednesday , July 8 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Dipromosi dan Dihormati

Dipromosi dan Dihormati

Seorang sahabat muda mendapatkan promosi untuk menduduki jabatan tertentu. Tiba-tiba, teman-temannya berubah sikap kepadanya. Kenapa? Mereka menilainya tidak layak dipromosikan. Walhasil, eksistensinya sebagai atasan pun dipertanyakan.

Kata-katanya dianggap sebagai angin lalu. Instruksinya hanya dijalankan secara asal-asalan. Kinerja team pun tidak sesuai dengan harapan. Ketika mendapatkan surat keputusan promosi itu dia bahagia sekali. Namun sekarang, dia merasakan dadanya sesak seperti terkena asma secara mendadak.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Pada saat yang sama, ada sahabat saya lainnya yang juga mendapatkan promosi untuk pertama kalinya dalam karirnya. Sama senangnya dengan teman saya yang pertama tadi. Dan sama groginya juga. Tapi, teman kedua ini tidak mendapatkan respon negatif dari anak buahnya. Mereka bersedia menerima kepemimpinannya tanpa hambatan apapun. Kenapa?

Karena mereka berpendapat bahwa teman saya itu memang sudah layak untuk menduduki jabatan itu. Dengan begitu, kata-katanya didengar. Instruksinya dijalankan secara sungguh-sungguh. Kinerja teamnya bagus, sehingga boss besar pun merasa senang.

Pertanyaannya adalah; mengapa respon orang terhadap seseorang yang dipromosi kok berbeda ya? Ada perbedaan menonjol diantara kedua sahabat itu. Sahabat pertama, tidak memiliki keunggulan apapun dari teman-temannya. Sehingga ketika dipromosi, teman-temannya mempertanyakan; kenapa orang seperti dia yang dipromosi? Mengapa bukan gue. Atau teman gue yang lainnya?

Sahabat kedua, adalah orang yang sejak masih staff sudah menunjukkan kualitas pribadi yang jauh melampaui teman-teman yang lainnya. Cara dia mendisiplinkan dirinya. Cara dia menunaikan tanggungjawabnya. Cara dia memegang kata-katanya. Cara dia bekerjasama dengan karyawan lainnya. Semuanya, menunjukkan kematangan diatas rata-rata.

Sebelum mendapatkan promosi jabatan itu pun orang-orang disekelilingnya menilai bahwa dia sudah sepatutnya mendapatkan tugas dan tanggungjawab yang lebih tinggi. Maka ketika promosi itu didapatkannya, tidak seorang pun mempunyai alasan mempertanyakannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jadi, jika sebelum dipromosi itu kita sudah menunjukkan kualitas pribadi yang tinggi, maka orang lain pun tidak akan mempertanyakan pengangkatan kita. Inilah learning poin yang perlu kita camkan: Dalam posisi apapun Anda saat ini, pastikanlah Anda selalu menunjukkan kapasitas, kualitas dan kapabilitas satu tingkat DIATAS posisi Anda.

Kalau sekarang Anda seorang staff dan level diatas Anda adalah supervisor, misalnya. Maka, mulai sekarang berperilakulah, berkemampuanlah, berkualitaslah; selevel dengan supervisor. Asahlah terus kemampuan diri Anda sampai memiliki kualitas sekelas supervisor di perusahaan Anda.

Insya Allah, kelak jika di perusahaan itu ada posisi kosong supervisor; Anda akan mendapatkan kesempatan itu. Dan ketika Anda mendapatkan posisi itu, orang-orang disekitar Anda tidak akan ada yang mempertanyakannya. Karena mereka tahu, bahwa selama ini pun Anda sudah menunjukkan kualitas yang memadai untuk posisi itu.

NB: Training “CONNECTING & COLLABORATING PEOPLE FOR PERFORMANCE” saya cocok untuk membangun sinergi antar individu maupun lintas departemen di kantor Anda. Hubungi kami.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:pngimage.net

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.