Tuesday , September 29 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Leadership / Mewariskan Kebanggaan

Mewariskan Kebanggaan

Salah satu hal yang membuat para pensiunan hidupnya bahagia adalah; mereka memiliki kebanggaan terhadap karirnya. Walaupun sudah tidak digaji lagi, tapi kebanggan itu melekat dalam dirinya. Dan secara psikis berdampak positif bagi dirinya.

Kalau saya perhatikan, sumber kebanggan itu berkaitan dengan ’sesuatu yang mereka wariskan’ di perusahaan. Jika Anda ’mewariskan sesuatu yang keren; maka Anda akan bangga sebagai seorang pensiunan.

Ada 2 jenis warisan yang membanggakan. Pertama, suatu produk atau mahakarya yang Anda bikin. Seorang kakek berkata kepada cucunya; ”Tahukah kamu Nak, waktu bikin jembatan itu; kakek loh yang jadi mandornya…” Itu contohnya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kedua, mantan anak buah Anda yang berhasil ’jadi orang’. Pernahkah Anda mendengar seorang pensiunan dengan bangganya mengatakan; ”Sekarang yang menjadi pimpinan-pimpinan disana itu semua mantan anak buah saya loh…

Kebanggan pertama, agak terbatas. Karena produk yang menjadi mahakarya relatif tidak banyak. Tapi Anda, selalu punya kesempatan untuk membangun kebanggaan di kategori kedua. Caranya sederhana, bantu anak buah Anda untuk menjadi orang sukses dalam karirnya. Maka kelak, Allah akan membalas kebaikan itu bukan dalam bentuk materi. Melainkan perasaan bangga didalam hati Anda.

Atasan yang meninggalkan anak buah pada beragam posisi strategis biasanya adalah orang yang pensiun dengan bangga. Puas mereka karena dibelakangnya mewariskan generasi penerus yang maknyus. Meskipun pencapaian itu ditentukan juga oleh usaha keras masing-masing orang, namun peran atasannya tidak bisa dinihilkan. Dan itu, akan menjadi kenangan indah yang menimbulkan kebahagiaan dimasa pensiun.

Imbalan yang Allah berikan bukan hanya ’nanti’ kalau pensiun. ’Sekarang’ pun sudah kerasa manfaatnya. Karena anak buah yang dididik dengan baik, pasti memperlihatkan attitude yang baik dan menghasilkan kinerja yang memuaskan.

Bagimana kalau Anda bukan atasan? Gampang. Lihatlah karyawan junior dikantor Anda. Pilih yang paling potensial. Lalu, bimbinglah dia, untuk menapaki keberhasilan jenjang karirnya. Ini malah lebih keren lagi. Karena Anda melakukannya dengan tulus 100%, tanpa mengharapkan imbalan apapun dari dia.

Lalu buat Anda sendiri apa? Hey. Untuk setiap ilmu yang Anda ajarkan kepadanya. Anda, mendapatkan pahala terus menerus. Selama orang itu mengambil manfaat dari ilmu yang Anda ajarkan itu. Oke banget kan? So start now.

NB: ”PROMO IN-HOUSE TRAINING RAMADHAN” Selama Bulan Ramadhan 1441H Kami memberikan VERY SPECIAL RATE untuk In-house Training di JABOTABEK + BANDUNG. Hubungi kami. First Confirmed, First Served.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-19899-737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “L (=Leadership)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:pinterest

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.