Monday , September 21 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Sense Of Crisis Karyawan

Sense Of Crisis Karyawan

Perusahaan Anda sedang panen keuntungan? Semoga ya. Tapi, kemungkinan itu kecil karena situasi ekonomi dunia tidak sedang baik-baik saja. Orang optimis sih bilangnya; dalam situasi apapun, pasti ada peluang. Well… Dalam kondisi yang ‘normal’, pernyataan itu benar. Tapi dalam kondisi yang ‘tidak normal’, tidak.

Kondisi tidak normal itu keadaan dimana umat manusia tengah dilanda musibah yang sangat massif. Wabah corona, contohnya. Itu bukan kondisi normal. Bahkan jika sudah memasuki skala ‘pandemi’, maka itu merupakan bencana global dimana tidak satu negara pun yang tidak terdampak. Kantor Anda, mungkin tidak bisa menghindari efeknya. Cepat atau lambat.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Apakah saya sedang menakut-nakuti? Sama sekali tidak. Saya sedang mengajak orang lain untuk menumbuhkan sense of crisis didalam diri. Bahwa hey, our company is facing a challenging situation. Sehinga butuh komitmen karyawannya untuk berjuang dan berkorban.

Soal berjuang mah nggak usah diragukan. Toh selama ini kita juga berjuang ya. Tapi, soal pengorbanan itu, mungkin agak berat. Ya, benar. Perusahaan Anda membutuhkan pengorbanan. Sebesar apa pengorbanan itu? Mungkin sebesar yang diperlukan. Sampai kapan? Sampai saat dimana pakar strategic bisnis tidak bisa rencanakan, dan system computer tidak bisa perkirakan. Selain Allah, mungkin tidak ada yang tahu persis kapan situasi ini akan pulih kembali.

So pointnya apa? Pertama, kooperatif. Kita mesti bekerja sama dengan kebijakan menejemen dalam mengantisipasi dampak situasi ini. Mungkin, kebijakan itu tidak selalu menggembirakan. Ada bagian-bagian tertentu yang nggak enaknya.

Kedua, sikap dan perilaku kerja. Kita mesti mengevaluasi sikap dan perilaku kerja yang ‘wasting’ asset perusahaan. Sekecil apapun itu, baik berupa material maupun non material. Contoh sederhananya adalah ‘working time’ dan energy. Contoh lainnya? Anda lebih tahu.

Ketiga, kontribusi spiritual. Sehebat apapun kita, pada akhirnya akan mengakui bahwa kemampuan dan kedigdayaan kita terbatas. Pada akhirnya kita akan bertekuk lutut kepada kekuatan mutlak. Maka berdo’anya ditambahin ya. Bukan hanya untuk diri sendiri dan keluarga saja. Tapi juga buat perusahaan. Dan mohonkan pada Allah agar segera mengakhiri wabah ini.

NB: Promo In-House Traning ”INTERNAL CONSOLIDATION” Untuk membantu mengkonsolidasi kekuatan moral internal perusahaan menyikapi situasi ekonomi. Kami memberikan SPECIAL RATE untuk In-house Training di JABOTABEK + BANDUNG. Hubungi kami.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:https://www.nbcnews.com/think/opinion/coronavirus-fears-show-how-model-minority-asian-americans-become-yellow-ncna1151671

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.