Monday , May 25 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Memperkuat Internal Defense System

Memperkuat Internal Defense System

Kemarin sudah kita bahas ikhtiar pertahanan terhadap resiko infeksi covid19 melalui prinsip microba lawan microba. Metode ini mengandalkan external resources. Kita membutuhkan ‘bantuan’ eksternal. Dalam konteks ini microba-microba baik itu.

Sekarang kita ulas tentang pertahanan internal tubuh kita sendiri. Biasanya kita sebut sistem imun. Intinya adalah, micropatogen baik berupa bakteri, virus, atau amuba dan teman-temannya tidak bisa menyakiti kita kalau sistem imun kita lebih kuat daripada micropatogen itu kan begitu ya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Jadi, pada kondisi apa kita bisa jatuh sakit? Pertama, ketika jumlah micropatogennya sangat banyak. Sekuat apapun sistem imun kita, kalau virusnya banyak banget mah ya bakal sakit juga. Nggak kuat kalau dikeroyok mah kan.

Ini menjelaskan, kenapa dokter dan tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit rentan jadi sakit juga. Bukan berarti mereka yang pada pinter itu tak pandai menjaga sistem imun sendiri. Tapi karena ‘musuhnya’ terlalu banyak.

Ini juga alasan, mengapa kita mesti usahakan seminimal mungkin berinteraksi secara fisik dengan orang lain. Stay at home gitulah ya. Jadi, sistem imum kita tidak harus menghadapi musuh yang melampaui kekuatan maksimalnya.

Lalu bagaimana caranya supaya sistem intenal difence itu tetap prima? Ada beberapa cara. Kita bahas beberapa diantaranya.

Pertama, keseimbangan antara aktivitas badan dan istirahatnya. Kebanyakan tidur malah menurunkan internal defense system kita. Tidur itu bukan mesti banyak, seperti ‘default mode’ kita selama WFH ini. Yang cukup aja. Diseimbangkan dengan ‘aktivititas fisiknya’.

Olah raga juga maksudnya? Iya. Tapi ngepel lantai dan nyuci mobil juga termasuk. Intinya semua kegiatan fisik yang memungkinkan setiap sendi di badan bergerak dan setiap bagian otot berkontraksi serta berelaksasi secara ‘disengaja’.

Kenapa mesti disengaja? Karena memang kita melakukannya dengan tujuan untuk melatihnya dan menjaga kebugarannya. Contoh, kalau bisanya nyuci mobil untuk bersihin mobil, sekarang sengaja menggerakkan otot dan sendi sambil memanfaatkan efek gerakannya berupa mobil jadi bersih.

Nggak apa-apa nyuci mobilnya agak memakai ‘gaya’ sedikit untuk meregang dan merelaksasi otot dan sendi. Ngepel lantai sambil gaya regangan kan oke juga. Intinya, seimbangkan antara istirahat dan aktivitas badan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kedua, ketenangan pikiran dan ketenteraman hati. Orang yang jiwanya damai, cenderung lebih kuat internal defense systemnya. Maka mengurangi stress dan kehawatiran adalah kuncinya.

Anda masih digaji tiap bulan kan? Yaudah, takut apa lagi? Sudah aman kok nafkah Anda. Jadi, tenang aja. Enjoy. Your internal defense system bakal boosting.

Aku nggak digaji dang. Gak dapet penghasilan dalam keadaan begini mah. Gimana mau tenang hidup?

Nah kalau yang begini, pasti nggak mudah. Namun, minimal belajar hidup dengan apa yang ada saja. Hemat pengeluaran. Kencang ikat pinggang. Daaaan, dzikirnya dikuatin. Insya Allah bakal lebih tenteram. Ada jalan keluar insya Allah.

Gak gampang? Tentu. Tapi jika bisa kita tetap tenang, virus itu lebih sulit menembus tubuh kita. Kita berpeluang menang diakhir pertempuran ini.

Ketiga. Nutrisi dan makanan. Kita semua sudah paham soal ini ya. Intinya, nutrisi yang baik membantu kita untuk membangun internal defense system yang juga baik.

Tambahannya adalah begini; kalau nutrisi fisik Anda sudah terpenuhi, dan Anda tetep dapat gaji full bulan ini. Maka Anda perlu membelanjakan sebagian dari ‘gaji buta’ itu untuk membeli nutrisi batin.

Gimana caranya? Anda hitung berapa biasanya uang yang harus keluar ketika masuk kantor. Misal, untuk makan 30 rebu plus bensin 20 rebu. Kan 50rebu tuh.

Lalu doku 50 rebu yang biasanya dipakai ‘biaya’ ngantor itu dibelikan 2kilo beras plus 1iter minyak goreng plus 10 ons ikan asin. Kasih deh belanjaan itu kepada seseorang disekitar tempat tinggal Anda yang gak gajian gara-gara kondisi tak menentu ini. Dikasih ke saudara juga boleh banget. Maka itu sudah menjadi nutrisi batin Anda. Oke nggak?

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner
http://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:ZME Science

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.