Monday , May 25 2020
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Lelaki Yang Menangis

Lelaki Yang Menangis

Apakah Anda pernah menangis? Oya, pertanyaan ini khusus untuk para lelaki. Saya serius. Pernahkah Anda menangis?

Beberapa hari lalu, seseorang memposting sebuah video-voice diakun sosmednya. Vid-vo itu berisi pembicaraan seorang sopir taksi di radio komunikasi internalnya. Isinya, sangat menyayat hati. Mungkin mampir di sosmed Anda juga.

Seorang driver menceritakan tentang kondisi dirinya dan teman-temannya yang… sudah berhari-hari tidak mendapatkan pelanggan. Sehinga selama berhari-hari pula tak bisa menafkahi keluarganya.

Saya yakin, Anda pun akan merasa teriris hati mendengarnya. Terlebih ketika saat curhat itu, sang sopir tiba-tiba meledak suara tangisnya. Tangis seorang lelaki.

Bagi seorang lelaki. Pantang sekali menangis. Jangankan hingga tangisnya diketahui oleh orang lain. Nangis sendirian pun sekuat tenaga dihindarinya. Para lelaki memang diciptakan untuk menelan derita hidupnya lengkap dengan seluruh rasa pahitnya. Lalu mengkonversinya menjadi gurat-gurat keras diwajahnya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

“Hidup ini memang berat bung. Tak perlulah sampai menangis macam perempuan begitu!” Seseorang bisa saja menghardiknya begitu. Jika orang itu belum pernah berada pada situasi ‘tidak punya bahkan sekedar sebutir beras pun untuk menafkahi istri dan anak tercintanya’. Kecuali jika orang itu, rendah kadar tanggungjawabnya.

Bagi seorang lelaki yang mencurahkan jiwa dan raganya untuk para kekasih hatinya di rumah, menyaksikan istri dan anak-anaknya menahan lapar itu bisa meruntuhkan dinding terkokoh di kelopak matanya. Merontokkan tembok terkokoh didalam jiwanya.

Dan itulah yang tengah dialami oleh sang sopir taksi dan teman-temannya. Bayangkan ratusan bahkan mungkin ribuan sopir taksi sedang mengusap airmata hangat dipipinya sekarang.

Dan bayangkan. Anda, sedang berada di rumah. Dengan kasur empuk, sofa cozy, serta AC dingin dan meja makan yang penuh dengan menu makanan. Sedangkan rekening bank Anda, tetap menerima kiriman setiap tanggal dua puluh lima.

Lalu. Apa poinnya kita bicarakan soal ini? Minimal ada tiga. Pertama, kita nggak punya argumen yang pantas dijadikan alasan untuk mengeluhkan apapun dalam hidup. Nggak sempurna. Tapi penuh dengan anugerah dari Allah yang maha pemurah. Dan anugerah itu, jauuuuh lebih banyak dan lebih bagi dari yang diterima orang lain.

Kedua. Kita tidak memiliki kepantasan sedikitpun untuk berbagi foto-foto makanan, hangatnya berjemur badan dihalaman, serunya bersenda gurau bersama keluarga, asrinya rumah yang kita tinggali dan sebangsa itu lainnya. Setidaknya, hindari itu sampai wabah ini berakhir. Please…. Bagaimana pun juga, sikap pamer dan berbangga-bangga itu menyakiti hati banyak orang yang perutnya melilit sekarang.

Ketiga. Ini adalah masa yang sangat tepat untuk mengekspresikan sifat manusia kita yang sebenarnya. Yang peduli. Yang penyayang. Yang gemar berbagi. Gimana caranya?

Ah, tulisan ini bukan untuk menggurui. Sehingga soal caranya, masing-masing orang punya strategi dan teknik tersendiri. Jadi tidak usah dibahas disini. Cukup kita sepakat saja dengan ketiga hal diatas. Lalu masing-masing bertindak dan bergerak. Walau pun dalam lingkup dan kekuatan yang terbatas.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman.
Change Matter Learning Partner

http://www.dadangkadarusman.com

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Catatan kaki:
Kebanyakan klien pelatihan saya adalah pelanggan lama yang sebelumnya pernah mengundang saya. Atau pelanggan baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya. Ada juga yang PIC-nya pindah ke perusahaan lain, lalu mereka ‘membawa’ saya ke kantor barunya…. ? Thank you all!

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor: 0812-1989-9737. Sebutkan Nama dan tulis “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Kesibukan sering tidak memungkinkan saya untuk posting artikel di berbagai milist. Jadi saya prioritaskan di milist pribadi yang bisa diupdate melalui gadget. Jika Anda ingin mendapatkan kiriman artikel “P (=Personalism)” secara rutin sebaiknya bergabung disini: http://finance.groups.yahoo.com/group/NatIn/

Silakan teruskan kepada orang lain jika Anda nilai artikel ini bermanfaat. Dan tetaplah mengingat bahwa; Anda tidak perlu mengklaim sesuatu yang bukan karya tulis Anda sendiri. Meskipun Anda sudah berbuat baik, namun Tuhan; belum tentu suka tindakan itu (Natin & The Cubicle).

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training terkait topik ini, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:Wendy De Rosa

About Dadang Kadarusman

Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.